Saturday, December 7, 2013

Tentang Sarjana Muda dan 'Top-Tier University Graduate from UI'

Kalau ada yang bilang kehidupan benar-benar dimulai saat lulus kuliah itu .. benar !

Sekarang status saya adalah .. sarjana muda .. masih pengangguran .. banyak acara. Sedang mencari-cari pekerjaan dan menunggu dipanggil oleh perusahaan. Sementara ini jadi anak rumahan (walaupun sering ga kerasan di rumah), masih nunggu yudisium, belum wisuda, belum ada pekerjaan.

Nyari pekerjaan itu susah, memang. Dulu, waktu masih kuliah saya pernah bekerja dan menganggap bahwa “Apa sih susahnya nyari kerjaan?”. Sekarang, ketika pekerjaan itu memang jadi kebutuhan, bukan Cuma sekedar jadi freelancer, rasanya mencari pekerjaan dan MEMILIH mau kerja apa itu jadi susah sekali. Biasa, sarjana muda Ilmu Komunikasi, masih idealis. Pengennya kerjanya yang linier sama keilmuannya. Saya pengen kerja yang nggak jauh-jauh dari dunia Ilmu Komunikasi, apapun itu lah, mau jadi praktisi atau akademisi, bisa jadi.
Sebetulnya bukan terletak pada keidealismean saya pengen kerja yang bidangnya tidak jauh-jauh dari dunia Ilmu Komunikasi, tapi passion saya memang ada di bidang ini. Iya sih, memang kemampuan bicara saya tidak sebaik kemampuan tulis saya. Tapi pekerjaan menjadi penulis, editor, analyst, researcher dan hal yang berhubungan dunia digital media itu bikin saya bergairah banget. Kalau ada tipikal pekerjaan dimana bangun pagi saya bersemangat banget mengerjakannya, ya itu pekerjaan-pekerjaan di atas yang saya sebutkan tadi.
Saya pengen sih bisa punya usaha sendiri. Dengan apa yang saya sukai, saya pengen punya perusahaan branding and communication media consulting. Kenapa? Dari hasil obrolan dan penelitian sahabat saya, Tutik, karena banyak perusahaan membutuhkan ini: riset pasar dan riset media komunikasi sebelum memutuskan melakukan sebuah tindakan. Tapi karena hal ini memang spending money, spending time and (of course) spending a loooooot of energy, maka banyak perusahaan yang enggan melakukan. Nah ini bisa jadi ladang pekerjaan buat kita, bukan begitu, @tutyhidayati? :p

Jauh, masih jauh kalau mau ke arah sana.. Jadi, hal yang bisa dilakukan sekarang ada menabung pengalaman dan tentunya modal buat bikin usaha sendiri (kok bukan buat menikah ya | lha ndak punya calon kok -_-), lewat ‘rumah orang lain’ lebih dahulu hehehe

Jadi, marilah kita buka salah satu tab career pada web perusahaan impian saya







  
Are Top-tier university graduate from UI”

Baiklah.
*hela nafas
*nangis


No comments:

Post a Comment

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)