Monday, January 13, 2014

Tentang Kebiasaan Minum Air Putih

Kira-kira sudah hampir 2 tahun ini saya sudah berhenti minum soda. Segala macam soda sebisa mungkin saya menghindarinya, termasuk bir *kecuali kalau terpaksa* Terpaksa tergoda*. Sebetulnya memang ada alasan kenapa saya menghindari minum soda karena masalah tulang saya yang dari lahir kualitasnya kurang bagus, mudah keropos. Nah, salah satu pencegahannya adalah dengan menghindari minum soda (pernah lihat video tentang gigi yang dimasukkan dalam gelas berisi Coke lalu beberapa hari kemudian hilang tak berbekas? Hiii!)

image taken from tularecountry.ca.gov

Saya mengganti ‘kenikmatan’ minum soda dengan rajin minum air putih. Minimal sehari minum 1,5 L – 2 L air putih. Awalnya eneg, berasa kembung sekali. Lama-kelamaan jadi terbiasa. Saya biasanya menakar kebutuhan minum air putih dengan botol air mineral 1,5 L dan tetap membawa botol minum kemana-mana. Ini belum termasuk kalau minum setelah makan.

Kenapa sih kok harus minum banyak air putih? Menurut www.mindbodygreen.com, ini keuntungan banyak minum air putih:
1. Increases Energy & Relieves Fatigue – Since your brain is mostly water, drinking it helps you think, focus and concentrate better and be more alert. As an added bonus, your energy levels are also boosted! 2. Promotes Weight Loss – Removes by-products of fat, reduces eating intake (by filling up your tummy if consumed prior to meals), reduces hunger (hello natural appetite suppressant!), raises your metabolism and has zero calories! 3. Flushes Out Toxins – Gets rid of waste through sweat and urination which reduces the risk of kidney stones and UTI’s (urinary tract infections). 4. Improves Skin Complexion – Moisturizes your skin, keeps it fresh, soft, glowing and smooth. Gets rid of wrinkles. It’s the best anti-aging treatment around! 5. Maintains Regularity – Aids in digestion as water is essential to digest your food and prevents constipation. 6. Boosts Immune System – A water guzzler is less likely to get sick. And who wouldn’t rather feel healthy the majority of the time? Drinking plenty of water helps fight against flu, cancer and other ailments like heart attacks. 7. Natural Headache Remedy – Helps relieve and prevent headaches (migraines & back pains too!) which are commonly caused by dehydration. 8. Prevents Cramps & Sprains - Proper hydration helps keep joints lubricated and muscles more elastic so joint pain is less likely. 9. Puts You in a Good Mood – When the body is functioning at its best, you will feel great and be happy! 10. Save Money! - Water is FREE! Even if you choose bottled/filtered water, it’s STILL cheaper than that high sugar and fat-filled latte!

Lucunya, menurut banyak info, rasa lapar kita itu bisa jadi sebuah sinyal tipuan dari tubuh kita lho. Sebetulnya kita tidak sedang butuh makan, tapi kita butuh MINUM. Nah, setiap merasa lapar, mungkin ada baiknya kita minum dulu segelas air. Kalau masih lapar, ya berarti memang benar itu sinyal kita butuh makan.

Menurut pengalaman saya, setelah rajin minum air putih, badan saya jadi berubah. Lebih sehat, pastinya. Dulu saya punya amandel yang mengganggu sampai berencana akan dioperasi. Setahun terakhir ini amandel saya jarang bermasalah. Plusnya, saya yang dulunya serak banget karena pengaruh amandel yang nyerang ke pita suara dan lain-lain, sekarang suara saya jadi jauh lebih membaik.

Biar dikata orang-orang pelit atau nggak asik kalau makan di resto pesannya air putih, yang penting tubuh sehat hehehe jadi, sudah minum berapa gelas air putih hari ini?


*selain minum air putih, saya juga rajin minum greentea tiap hari :)*

17 comments:

  1. heheheee...betul sekali itu. murah, sehat, membantu merampingkan body dan kulit jadi kinclong gak cepet keriput.nice posting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! "Dokter" yang hebat pokoknya nih :D

      Delete
  2. Replies
    1. Jarang mbak, kadang-kadang aja kalau ada perayaan khusus,selebihnya minum2an sehat :D

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. bener mbak ^^ tx ya udah diingetin

    ReplyDelete
  5. saya pecinta air putih mak...soalnya khasiatnya memang sakti mandraguna :D..pokoknya sehaaat deeeh...di rumah juga sudah stop nyetok minuman ringan..supaya anak2 ngg minum jugaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, murah meriah dan sakti ya Mak. Wah keren tuh, orangtuanya kasih contoh langsung nggak cuma sekedar melarang ;)

      Delete
  6. saya termasuk sedikit minum air putih. mdh2an ke depan lebih banyak.

    ReplyDelete
  7. toss mak, saya juga peminum green tea ^^
    tapi berhubung agak beser jadi kalau cuaca lagi dingin banget, males minum air putih banyak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak, maaf baru bales

      Nah ya itu Mak, susahnya jd peminum greentea. apalagi kalau mau pergi jauh. Ditahan dulu terpaksa deh. Makasih sudah mampir :)

      Delete
  8. Tapi aku kalo kebanyakan minum air putih entah kenapa langsung pilek. Sehari paling cuma minum 3-4 gelas aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa gitu ya Mak? Mungkin harus dibiasakan saja ya Mak.
      Makasih mak sudah mampir :)

      Delete
  9. aku kalau sakit kepala biasanya coba dulu minum air putih. Biasanya badan (eh kepala) menuntut air, dan dalam banyak kasus sakit kepalanya bisa hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama Mbak. Itu mungkin tanda-tanda dehidrasi ya. Saya dulu suka salah, kalau pusing bawaannya pengen minum kopi. Padahal cuma tanda2 dehidrasi aja :(

      Delete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)