Tentang Perempuan, Internet Dan Ahli Ketik-Magic

1:11:00 PM

Iseng-iseng, malam ini saya menemukan sebuah infografis menarik. Sebuah penelitian mengatakan perempuan menggunakan internet lebih banyak daripada laki-laki. 


Klik gambar untuk memperbesar | Foto: (c) internetserviceproviders.org
Bener nggak ya? Hmm, coba saya analisis berdasarkan pengalaman pribadi.
Bicara tentang perempuan dan internet, seperti membicarakan tentang diri saya sendiri. Intenet punya peranan penting bagi kehidupan saya, notabene seorang perempuan yang punya banyak minat dan keinginan untuk pergi berkelana mencari pengalaman baru. Apa daya, sampai saat ini saya belum lancar naik kendaraan bermotor apapun, lebih-lebih kesibukan saya susah untuk ditinggalkan barang sehari saja. Internet mengubah hidup saya, lho, karena ..
  • Membantu berkenalan dengan banyak orang
Saya suka sekali menjalin pertemanan dengan orang-orang baru. Sejak adanya internet, hal ini jadi sangat membantu saya. Dengan Facebook, saya kenal teman dari teman saya. Eh, ada Twitter, bisa kenal dengan orang-orang yang tidak saya duga. Apalagi setelah saya ikutan beberapa komunitas. Salah satu yang bikin saya bisa bertemu dan berkenalan dengan banyak orang adalah Kumpulan Emak Blogger. Walaupun belum menikah, membaca blog emak-emak yang lain bikin saya banyak pengetahuan dan banyak kenalan. Blog saya jadi ramai komentar juga. KEB menurut saya adalah komunitas yang sangat welcome terhadap siapa saja. Ga malu-malu dan minder deh walaupun masih jadi anak baru. Hihihi .. Keren!
  • Membantu memperkenalkan karya kepada khalayak
Selain menulis, saya juga menjadi bedroom musician. Bedroom musician memang punya dunia ‘Cuma’ sebatas kamar tidur sekian x sekian meter, alat musik & software recording sederhana. Tapi internet benar-benar sangat membantu saya memperkenalkan musik saya kepada masyarakat luas. Maklum, saya tinggal di jauh dari ibukota dan sentra industri musik Indonesia. Sejak saya memperkenalkan musik saya melalui internet, saya jadi kenal banyak musisi lokal hingga nasional. Bahkan, kami bisa terlibat menggarap project bareng di dunia nyata. Asyik!


Waktu manggung di Kampung Cempluk. 
  • Memberi lapangan pekerjaan
Pekerjaan pertama saya adalah menjadi social media manager sebuah e-commerce. Saya dipercaya mengemban pekerjaan itu karena keaktifan saya dalam ber-social media, tulisan di blog, jumlah followers, dan konten postingan saya. Sekarang, berkat aktif ngeblog saya juga mendapat pekerjaan sebagai editor salah satu situs lifestyle Indonesia. Amazing!
  • Lebih peka terhadap hal-hal di luar lingkungan sosial sehari-hari
Sejak aktif menggunakan internet, saya jadi tahu, ternyata ada orang yang berperilaku ‘miring’ bahkan di social media. Akhirnya saya mulai tertarik meneliti tentang perilaku manusia di internet. Puji Tuhan, selain skripsi saya yang mengambil tema ini dapat apresiasi, kini saya juga bisa berbagi informasi tentang penggunaan internet sehat kepada masyarakat, baik secara tatap muka maupun melalui tulisan di blog.

Dengan adanya internet, perempuan pun bisa melakukan banyak hal. Tak perlu takut menempuh perjalanan jauh, waktu yang panjang serta lingkungan yang tak aman. Kemudahan berkat internet membantu para perempuan untuk menjangkau dunia, lho. Kembali lagi pada keterbatasan yang menciptakan sebuah kebutuhan. Saya rasa penelitian di atas ada benarnya bahwa perempuan menggunakan internet lebih sering daripada laki-laki. Hehehe. So, siapa bilang dunia perempuan sempit? Sekarang dunia pun bisa kita genggam dengan tarian jemari di atas keyboard kita, Ladies!

Omong-omong, sejak aktif blogging dan ber-socmed saya jadi ahli ngetik cepat tanpa lihat keyboard nih. Magic! Hihihi.

*postingan ini ditulis bukan hanya sebagai syarat 50 Finalis Srikandi Blogger 2014, tapi juga sebagai rasa bangga saya menjadi bagian dari wanita-wanita tangguh ini:
Senangnya grup ini rame banget!

Bangga jadi bagian dari KEB

You Might Also Like

51 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia