Saturday, June 14, 2014

Tentang Percaya Diri Dan Mempercayai Diri Sendiri

Barangkali jika orang ketemu saya, mereka akan bilang saya orang yang cukup percaya diri. CUKUP. Karena saya akui, akhir-akhir ini public speaking saya hancur lebur tak bersisa hahahaha .. tidak seperti jaman kuliah dulu karena sering terlatih presentasi dan sebagainya.

Padahal sesungguhnya, saya seringkali menutupi perasaan gugup dan minder saya. Percayalah, saya seringkali tidak percaya diri, apalagi selepas kejadian yang ini. Sekalipun saya menganggap kejadian tersebut "yaudahlah", tapi tentunya hal ini punya efek sama diri saya. Saya pikir hal-hal serupa pernah terjadi di kehidupan saya di masa lalu sih, hanya saja dampaknya menjadi-jadi semenjak itu.

Paling parah, adalah jika saya mulai tidak mempercayai diri saya sendiri. Perasaan ini sering saya buang jauh-jauh, karena saya membutuhkan kepercayaan diri tinggi untuk melakukan hal-hal yang saya sukai.
"Bener gak sih aku bisa dipercaya melakukan tugas ini?"
"Aduh, kayanya aku gak layak deh."
"Aduh, aku malu seriusan dikenal-kenalin, lha aku lho begini-begini aja."
"Hmm, si A keren ya, aku kaya begini aja udah sok pamer-pamerin karya ..."

Entah kenapa kadang perasaan seperti ini membuat saya jadi bersalah sama Tuhan yang sudah kasih semua dan merancang semua dalam diri saya baik adanya. Cemas. Pernah nggak mengalami seperti yang saya rasakan ini? Apa yang kamu lakukan?

Pengen paragliding, hilang ditelan awan

4 comments:

  1. Bukan hal mudah untuk memberikan kepercayaan pada diri sendiri. Keyakinan diri atau self confident ini karena menyangkut perasaan seseorang saat itu. Perlu memang dipupuk kepercayaan diri sendiri. Sebelum memberi kepercayaan kepada orang lain baiknya memberi kepercayaan terlebih darhulu pada diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. I love this : "Sebelum memberi kepercayaan kepada orang lain baiknya memberi kepercayaan terlebih darhulu pada diri sendiri". Makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. emang mesti sering2 meyakinkan diri sendiri ya untuk meningkatkan kepercayaan diri. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sepertinya seberapapun kita percaya sama kemampuan diri pasti ada saatnya merasa ga mampu ya :)

      Delete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)