Wednesday, December 17, 2014

Tentang #VisitMalang dan Kopdar Admin Twitter se-Malang Raya: Karena Kita Bisa Kalau Bersama


1 lidi kira-kira bisa dipakai buat apa ya? Menurut saya sih, kurang fungsional. Tapi kalau puluhan lidi diikat jadi satu, bisa menjadi sapu ijuk. Bisa dipakai bersih-bersih halaman, benar?

Nah itulah yang terjadi hari Senin, 15 Desember 2014 kemarin. Untuk pertama kalinya, penggiat social media di Malang berkumpul dan launching their first pilot project. Yup, kalau kemarin teman-teman notice, di samping kiri halaman Twitter kalian akan menemukan hashtag #VisitMalang. Keriuhan ini disebabkan oleh lebih dari 15 admin Twitter di Malang yang getol-getolnya meramaikan linimasa dengan hashtag yang mengajak orang-orang untuk berkunjung ke Malang.

#Dec15th7pm -- kode
Awalnya dimulai dari pertemuan bulan lalu antara Doyoke, Mas Swedho, Mas Yoga, Mas Hilla, Mbak Nengbiker dan saya di Madam Wang Cafe. Kami adalah orang-orang yang suka ngetwit, tapi bukan di akun kami sendiri hahahaha .. Sebagai mimin-mimin yang haus kumpul-kumpul, kala itu Mas Doyoke dan Mas Swedho berinisiatif untuk "bikin-bikinlah kumpul barang sebulan sekali gitu ..."

Ternyata obrolan itu berbuah beneran. Mas Doyoke, Mas Swedho dan Mas Yoga mencetuskan ide bagaimana jika kita bikin nama Malang mencuat di jagat linimasa Twitter. Selain karena pengen mempopulerkan kota kami sendiri dan bentuk social responsibility sebagai akun-akun yang memakai nama embel-embel 'Malang', pengennya agar orang-orang kembali Twitteran dan mengurangi nge-Path (hahahaha .. modus bisnis yak).

Kurangi nge-Path, perbanyak Twitter

Setelah menyebarkan brief, akhirnya beberapa mimin-mimin kece berkumpul di La'Dw Coffee Jl. Kalpataru hari Jumat, 5 Desember 2014 untuk kenalan dan menyatukan visi-misi. Saya pribadi excited banget karena "ternyata ini toh wajah-wajah dibalik kecerewetan akun-akun anonim itu" *harah kono rek, konangan harah*. Pertemuan pertama ini menghasilkan kesimpulan ... kita akan bertemu lagi untuk mengatur strategi!


Nggak jempol, nggak mulut sama-sama cerewet 

Meet up berikutnya diadakan di DW Coffee Jl. Bogor. Meet up kedua ini para mimin Forum Admin Se-Malang Raya. Sempet ketar-ketir karena di saat yang bersamaan disinyalir ada hashtag lain yang bakal jadi penghambat, apalagi di jam yang sama ada salah satu kuis televisi yang cukup heboh di linimasa dan ada UCLDraw. Woh! Strategi matang pun diatur oleh Doyoke sebagai yang maha panutan bagi mimin-mimin se-Malang Raya ini :))

Duh sibuk sendiri sama gejetnya kak .. Namanya juga Mimin

The Day! 15 Desember 2014


Jam 18.30, Komandan Doyoke memberikan instruksi untuk berkumpul dalam rangka briefing. Sayangnya malam itu hujan lumayan deras sehingga kehadiran para mimin ini pun nyicil. Saya berangkat ke sana bareng Kakak Jimmy yang bersemangat :D

Jam 19.00 teng, aba-aba diteriakkan. "#VisitMalang dimulai, ker!" jadi penanda dimulainya online campaign ini. 10, 15, 30 menit awal masih melambat. Saya (yang mewakili akun korporasi dan cukup terbatasi ke'gila'an ngetwitnya) memakai akun saya sendiri buat jawab-jawabin pertanyaan akun-akun yang lain :))
*kemudian saya lupa bawa charger tapi bawa laptop. Akhirnya senam jempol deh di tab*

Setelah 3 jam berjibaku dengan hashtag lain, 3 jam saling melempar interaksi, perlahan hashtag #VisitMalang mulai merangkak, dari peringkat 4 menuju ke peringkat 
Masih peringkat 4. Pasukan mulai menyusun berbagai strategi

Finally, merangsek di peringkat 1

Perjalanan menuju puncak
Saat akhirnya hashtag #VisitMalang meroket ke nomor 1, para pasukan memutuskan untuk ... iya, foto! :))

Usaha ini nggak sia-sia. Banyak orang yang akhirnya bernostalgia, ataupun jadi pengen ke Malang. Zarry Hendrik, selebtweet yang terkenal karena kegantengannya itu pun sempat ngetweet: "Aku belum pernah #VisitMalang, aku lemah" (kemudian dia ngetweet foto-foto cewek cantiknya Malang .___. Ahelah bro)

Beberapa media meliput keriuhan ini. Thanks anyway!
Well, overall our first pilot project ini sukses. Seneng banget karena akhirnya bisa ketemu dengan orang-orang dibalik akun-akun yang bikin nama Malang semakin membahana ini. Lebih daripada itu, senang rasanya bisa jadi bagian membuat Malang menjadi kota yang dikenang dan dikenal karena keindahan dan kekhasannya.

Bayangkan jika cuma 1 akun yang mengusahakan ini. Bisa sih, tapi bakal lebih meriah dan terasa gregetnya jika kita bersama-sama, berkolaborasi untuk mencapai sesuatu bukan? :D

Masih ada project lainnya yang bakal dibuat oleh orang-orang ternyata aktif jempol dan mulutnya ini. Hihihi. Will updated soon ;)

Yang mau baca tentang kehebohan ini, selengkapnya:

http://surabaya.tribunnews.com/2014/12/15/artis-twitter-malang-jadikan-hastag-visitmalang-tt
http://surabaya.tribunnews.com/2014/12/15/ini-penyebab-hastag-visitmalang
http://surabaya.tribunnews.com/2014/12/15/dunia-maya-malang-heboh-visitmalang
http://wartamalang.com/2014/12/visitmalang-akhirnya-trending-topic-indonesia/

No comments:

Post a Comment

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)