Saturday, March 14, 2015

Tentang Etika Menonton Konser Musik Pop/Rock

Akhir-akhir ini banyak sekali pertunjukan musik digelar dan mendatangkan artis-artis besar ke Indonesia. Yang masih fresh kemarin adalah Hammersonic 2015 yang mendatangkan Lamb of God, Mayhem dan kawan-kawannya. Kebetulan, saya nggak nonton, karena kurang begitu familiar sama band-bandnya. Paling cuma Lamb of God sama Roxx doang hehehe ..

Tetapi, kemarin saya sempat menonton konser Air Supply 40th Anniversarry yang diadakan di Graha Cakrawala, Malang. Jika biasanya nonton-nonton acara musik saya berada di tribun media untuk keperluan nge-live tweet, atau minimal ngewes bareng teman-teman media, yang kemarin berbeda. Setelah berpisah dengan teman-teman dari portalmusikmalang.com karena pisah gate, saya nonton dengan kesendirian. Akhirnya teman saya, Rizal Bagus Ramadhan, datang dan duduk bareng (iya, nontonnya sambil duduk :D).

Saat datang ke acara seperti ini, selalu saja ada hal-hal unik yang ditemukan. Fenomena yang paling sering terlihat adalah orang-orang yang salah kostum dan yang sibuk dengan gadgetnya. Jika kamu datang menonton pertunjukan musik (yang diadakan di lapangan terbuka atau ruangan tertutup dengan venue berbentuk festival), saya mau membagikan beberapa tips agar kamu bisa menonton konser dengan nyaman:

PAKAILAH BAJU DAN SEPATU YANG NYAMAN

Jika menonton konser di lapangan terbuka atau venue-nya mengharuskanmu untuk menonton sambil berdiri, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang nyaman. Sneakers or flat shoes are the best options! Jangan nekat pakai sepatu dengan heels atau sandal terbuka, karena kamu nggak mau 'kan harus meringis sepanjang konser karena kakimu terinjak-injak? Pakailah baju yang nyaman, tidak berlebihan dan menyerap keringat sekalipun acaranya di malam hari. T-shirt, celana jeans or rok flare yang sederhana dengan flat shoes adalah kostum andalan saya. Buat cewek-cewek, tidak perlu pakai baju yang minim. Sederhana saja, kamu nggak bakal bisa bebas jingkrak-jingkrak di crowd kalau rokmu minim ... Nggak bisa menikmati konser dong ;)

BAWA BARANG SEPERLUNYA

Bawa uang, tiket dan kartu identitas di sebuah dompet kecil. Masukkan dalam tas kecil beserta handphonemu. Hindari model tas yang dicangklong di punggung, lebih aman pakai tas selempang/messenger bag. Jangan bawa dompet dan handphone di kantong ya. Rawan jatuh dan mudah diambil sama pencopet.

JANGAN SIBUK DENGAN GADGETMU

Saya sempat berbisik ke Rizal, "Zal, iki jeneng e jurnalisme gadget yo?" (Zal, ini namanya jurnalisme gadget ya?). Hampir semua orang sibuk mengangkat gadgetnya sepanjang konser untuk merekam penampilan sang artis. Masih mending kalau gadgetnya berukuran kecil, apa kabar itu yang pakai tab, lebih-lebih iPad? Sebagai manusia kategori petite, ya gimana mau nonton konser kalau sepanjang yang saya lihat adalah lengan orang dan gadget yang diangkat-angkat :( Boleh lah sesekali mengabadikan, tetapi nggak sepanjang acara juga 'kan? :) Just enjoy the show, kayak kata Lenka.

Just enjoy the show, Pak, Mas ..

NO ALCOHOL!

Sampai sekarang masih nggumun, nonton konser sambil mabuk itu apa enaknya ya? Musik itu enak didengarkan sambil sadar dna konsentrasi penuh. Sambil mabuk, biar moshing-nya lebih menghayati? Yang ada malah nggliyeng, Bung. Senggol-senggolan, lalu berantem deh. Yah, nggak jadi nonton konser malah dibackstage digebukin sama security karena bikin rusuh.

PELUK-PELUKAN

Memangnya ada yang seperti ini? Adaaa~ Beberapa kali saya bersebelahan dengan orang-orang yang sibuk berpelukan sepanjang konser, sambil cium-cium telinga. Aduh, maaf bukan cemburu, tapi bikin sekitar jadi rikuh. Sekalipun lagunya memang romantis, bukan berarti Anda bebas mengekspresikan rasa cinta pada pasangan di tempat konser. 'Kan masih ada tempat lain yang lebih private :)

MAKAN/MINUM, BUANG AIR BESAR/KECIL

Ini hal remeh yang sering bikin repot. Usahakan makan dan minum sebelum masuk ke area konser. Jangan lupa juga buang air besar/kecil sebelum acara mulai. Meskipun remeh, dijamin hal-hal ini kalau terjadi tiba-tiba akan bikin kamu nggak bisa menikmati konser dengan nyaman karena gelisah nahan pipis :D

Nah ini tips dari saya buat kamu yang akan menonton konser musik pop/rock. Untuk konser paduan suara dan musik klasik, beda lagi. Nanti kita sambung di part selanjutnya. Punya pengalaman nonton konser yang awkward? Boleh dong bagi komennya di bawah ini ;)

5 comments:

  1. seru juga ya nonton konser, aku belum pernah nonton konser

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu Mak Lidyaa, ayuk nonton konser ^^

      Delete
  2. aku trauma nonton konser :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho eh kenapa mbaik? Konser OM Soneta jangan2 :))

      Delete
  3. 1-1 nya konser yg prnh aku liat, baru aja kemarin..mini konser DEWA19 yg diadain utk staff party kantorku :D...seneng bgt DEWA19 jaman ari lasso bisa dikumpulin lg td mlm di ritz carlton..tapi ya itu mba, mostly semua staff yg dtg lgs heboh ama gadget ;p ngalang2in yg bdnnya kecil kyk aku -__-. Bukannya enak nonton, dgrin sambil nyanyi bareng yaa... aku aja ikutan nyanyi 15 lagu ampe serak gini ;p

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)