Saturday, April 4, 2015

Meet My Poppy, Si Tangguh Yang Pintar Dari Honda

Namanya Poppy. Dia berkulit hitam manis, tapi tangguh dan juga gagah. Nggak kalah sama Betty, saudaranya yang putih. Pssst, saya bukan lagi mau ngomongin orang di blog. Tapi lagi mau bercerita tentang kesayangan saya, motor tangguh si Poppy.

Puji Tuhan, tahun ini akhirnya rejeki terkumpul dari menabung sekian lama, berkat jadi kuli tinta dan kuli socmed sejak 2012. Kebetulan keberanian saya juga terkumpul lagi untuk kembali menjelajah jalanan kota semenjak kejadian terakhir diserempet motor di tahun 2012 itu. Di rumah motor hanya ada 1 yang digunakan Papa kemana-mana (mobil ada, tapi jalanan yang ramai lebih praktis kemana-mana naik motor bukan?). Kalau saya pakai kerja atau bepergian, kasihan Papa di rumah kesulitan pergi-perginya. Akhirnya setelah berdiskusi, diputuskanlah saya beli pesawat tempur. Hihihi. Engga, diputuskanlah untuk menyediakan satu lagi armada motor untuk mempermudah mobilisasi.

Pastinya hal pertama adalah “Mau beli motor apa?”. Sebelumnya di rumah sudah ada motor Beat warna putih yang diberi nama Betty. Berhubung saya nggak bisa naik motor bergigi, pilihannya jatuh pada motor matic. Pilihan merknya, kalau menurut orang-orang, Honda lebih sip karena service centernya ada di mana-mana, layanannya bagus dan harga jualnya lebih bagus. Secara pribadi sih di rumah dari dulu selalu pilih merk Honda, karena mesinnya lebih baik dan awet.

Menimbang-nimbang, akhirnya jatuh hati sama All New Beat Pop ESP yang warnanya hitam (dan kemudian dikasih nama Poppy) ini. Banyak alasan kenapa kok saya cinta sama si hitam-tangguh yang pintar ini.

Meet My Poppy -- foto : dokumentasi pribadi
Si Poppy Lebih Cerdas, Irit, Tangguh Dan Ramah Lingkungan

Si Poppy ini jauh lebih irit daripada kakaknya yang lawas, Betty, karena dia sudah menggunakan mesin ESP alias Enchaned Smart Power. ESP inilah yang bikin gaji nggak rontok karena teknologi minim gesekannya mengurangi risiko energi bakal terbuang percuma. So, jadi lebih hemat BBM. Penting banget ‘kan hal yang satu ini. Selain itu, pembakaran yang lebih baik dan efisien bakal memelihara mesin jadi nggak bakal bikin duit abis karena sering didokterin ke bengkel. Psst, selain pinter, mesin ESP ini juga nggak bikin motor berisik waktu dinyalain. Aluuus banget starter ACGnya, nggak sungkan deh kalau pulang malam-malam abis buka pagar mau masukin motor karena suaranya nggak bakal bangunin bayi tidur.

Nggak bakal loncat kalau direm

Karena mesinnya yang tangguh dan powerful, otomatis kalau naik Poppy bawaannya pengen ngetes melulu. Wah, tapi tenang, kalau pas harus ngerem mendadak abis ngebut, Poppy nggak bakal loncat. Kok bisa? Iya, dong, kan berkat Combi Brake System namanya. Sistem pengereman ini bikin seimbang rem depan dan rem belakang saat di rem. Meski direm pakai rem kiri saja, motor bisa berhenti dengan baik. Eits, meskipun begitu, jangan kebiasaan ngerem pakai satu rem saja ya. Kalau ngerem harus depan sama belakang bebarengan biar si Poppy nggak cepet ‘sakit’. Nah yang kayak begini, cuma Honda aja yang punya.

Poppy Lebih Aman

Sistem penguncian yang aman jaya sentosa ! -- Foto : dokumentasi pribadi
Dibandingkan motor lain di kelasnya, Poppy jauh lebih aman. Coba deh cek, cuma Poppy dan kerabatnya produksi Honda yang punya sistem penguncian bermagnet. Jadi kalau motor sudah dikunci setir kemudian pengaman kunci kontaknya di-lock, udah deh aman ditinggal belanja seharian. Sistem ini akan susah dibobol sama maling.

Lebih Nyaman dan Lega

Masih bisa muat se-Indonesia Raya -- foto : dokumentasi pribadi

Bagasi luas jadi salah satu pertimbangan saya kenapa memilih motor ini. Maklum, lebih banyak beraktivitas di luar rumah otomatis bawaan segambreng. Bagasi 11 liter ini bisa muat jaket, jas hujan, sandal cadangan, sunblock … Belum lagi rak ganda di depan juga lebar, bisa muat botol minum. Wih mau minggat kayaknya nih :)) Karena jarak rumah-kantor lumayan, duduk di atas joknya pun ngga bikin pantat semriwing. Empuk banget busanya dan tempat duduknya lebih rendah. Iyah, maklum nih, tinggi badan di bawah rata-rata :’)

Lampunya Keren Dan Fungsional

LED Headlightnya keren -- foto:dokumentasi pribadi
Satu hal yang perlu banget diperhatikan, yaitu lampu! Jalanan kota Malang entah kenapa makin banyak yang berlubang dan tak kunjung dibenerin. Kalau berkendara malam-malam bahaya banget jika lampunya nggak bisa nyentrong jelas. Poppy ini sorotannya terang, tapi nggak bikin silau, karena pakai lampu LED. Setahu saya, LED ini sorot lampunya lebih baik, lebih bening, umur pakainya lebih lama tapi nggak cepet panas. Bagus dong, nggak gampang rusak :D

Nah, nggak cuma itu aja lho, Si Poppy dan kawan-kawannya yang lain ini pintar. Pintarnya hondasmarttech ini bikin pengendara nggak kerepotan. Pernah nggak ngalamin berhenti di lampu merah yang durasinya 80 detik-an? Di depan kantor saya seperti itu tuh. Kalau motor dinyalain terus, bakal bikin BBM boros. Tapi Honda kepikir dong buat yang namanya Idling System  Technology yang bakal mati otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik. Tiba-tiba lampu udah hijau aja? Tinggal “bruum” pas tuas gas diputar. Nggak bakalan diklakson-klakson deh sama mobil di belakang. Hihihi.

Saya itu orangnya gampang lupa, bahkan sama motor sendiri. Udah markir enak-enak, taunya posisi di pindah. Panik banget, soalnya saya nggak hapal nomor polisi motor sendiri. Kalau kaya gini suka dibecandain temen “Dimisscall itu motornya, siapa tahu ngejawab.” Lho, ternyata beneran lho. Motor Honda yang udah dilengkapi sama Answer Back System dilengkapin sama sensor di kuncinya. Jadi kalau udah di parkiran yang penuh dan motornya kembar-kembar, panggil aja tuh motor, nanti dia akan kedip-kedip genit menjawab panggilan kamu. Aiih, motor aja bisa kedip-kedip genit :))

Nah, nggak cuma motornya yang harus dilengkapi sama teknologi pintar. Pengendaranya pun juga. Percuma punya motor bagus dan pinter kalau pengendaranya aja kudu dibeliin otak di rumah makan Padang :p
  1. Pastiin selalu pakai helm yang dikancingkan dengan benar. Wajib banget hukumnya, helm bukan cuma buat gaya-gayaan lho.
  2. Pakai jaket lengan panjang, sarung tangan dan kaos kaki. Bukan cuma ngelindungin kalau jatuh di jalan raya, tapi juga akan jaga kulit kita dari paparan sinar matahari yang merusak kulit. Lebih oke kalau sebelum keluar rumah pakai sunblock dulu minimal 15 menit sebelumnya.
  3. Meskipun lebih nyaman pakai sandal atau lebih suka pakai rok, buat cewek-cewek, pakai celana panjang yang pas dan sepatu bakal bikin lebih aman berkendara karena nggak ribet, nyerimpet dan sepatu akan membantu kita stabil saat kaki berpijak di tanah.
  4. Periksa dulu lampu sein, lampu utama, rem, tekanan udara ban, BBM, atur kaca spion sebelum berangkat.
  5. Ini penting! Motor sama kayak kulit wajah. Kudu dirawat teratur dengan benar, misalnya dibawa ke bengkel-bengkel resmi, pakai bahan bakar yang dianjurkan. Kalau dirawatnya teratur nggak akan susah di akhir saat si motor sudah sakit parah dan mengeluarkan lebih banyak tenaga. Lebih parah lagi, kalau motor nggak berfungsi seperti seharusnya, bisa bikin celaka.

Wah, kayaknya udah tanggalnya si Poppy dibawa ke dokternya nih. Mau cek, kira-kira dia masih sehat bugar atau ada yang perlu disembuhin. Kamu udah nggak ragu ‘kan mau pilih siapa? Pilih aja Honda, biar bisa besanan sama saya :D

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Teknologi Pintar Honda.

20 comments:

  1. Replies
    1. Iyah Mak, lebih tangguh daripada pria pria itu *eh

      Delete
  2. Wah..
    Keren nih si Poppy.
    Jadi, pengen punya juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, cariin temen buat Poppy juga ya :D

      Delete
  3. waah.. punya saya Beatnya masih yang PGM-Fi biasa... itu juga dapet hadiah... :)))

    Tapi Honda emang nyaman dipakai ya, mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, hadiahnya motor :')
      Iya Mak, aku juga pemakai setia Honda :D

      Delete
  4. handbody bisa masuk bagasi >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun tangguh, pemiliknya tetep endel Mak :)) Mau masukin yg 1 liter ah kapan2 ahahha

      Delete
  5. wah pada punya nama sendiri sendiri ya, kemarin ada si sapi ini ada poppy hehe good luck mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih nama biar nggak kembar sama orang lain Mak, biar PD dianya :)) Makasih mak ^^

      Delete
  6. Kalo soal motor matic mah aku juga lebih pilih Honda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehati kita Mak! Aku pun langsung kepikir Honda :D

      Delete
  7. Makin manteb aja yaa teknologinya honda.. Sayang akunya gabisa naik motor matic.. Hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah biasanya naik apa Mas? Motor gede yah? :)

      Delete
  8. Saya juga suka fitur motor yang 'bagasinya gede' itu mewah banget kayaknya bisa naruh helm atau tas sekalipun hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. WIh sama Mbak. Aku juga lihat fitur itu, soalnya mostly mobile sih .. utamanya buat nyimpen sandal dan jas hujan hahaha

      Delete
  9. wah keren ulasanya mengenai honda esp baru ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih. Semoga ulasannya bikin ngiler ber-Honda ya :D

      Delete
  10. dengkulku ga muat dg segala tipe beat :))

    p.s: nek menang, ojo lali traktiran lho buk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha gak menang Mbak Ritt .. tapi ayo tak traktir bakpau :))

      Delete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)