Friday, April 17, 2015

[After Work Session] Tentang Akademi Berbagi Malang dan Berbagi Bikin Happy!

Hello!
Di postingan yang terdahulu saya pernah bercerita tentang pengalaman pribadi saya menjadi korban cyberbullying hingga saat saya melakukan penelitian skripsi tentang cyberbullying. Dua tahun berlalu, ternyata pengalaman saya tersebut, belum membuat bosan hehehe .. Setelah sempat berbagi cerita di Kelas Cerdas Buku Untuk Papua Malang dan di kelas karantina Miss Internet Bali 2014, hari Sabtu, 11 April 2015 kemarin saya mendapat kesempatan sharing-sharing bareng Akberians di kelas Akademi Berbagi Malang.

Sebenarnya, undangan itu datang sudah lama dari Azila, teman kuliah saya yang saat ini sedang berlabuh di Jogja. Azila adalah kepala sekolah Akber Malang yang ke-2. Meski lama tak jumpa, kami tetap terkoneksi di Path dan Twitter. Hingga suatu hari Azila nge-tweet, "Win, isi kelas Akber dong!" dan ditanggapi oleh para volunteer Akber Malang, "Iya Mbak, mau ya isi kelas Akber?"

Sempat berpikir, mau ngomong apa nih di kelas ini. Kayanya orang-orang juga udah pada bosen dengar cerita saya itu, atau ... pasti ada yang lebih pada kapasitasnya untuk bicara tentang cyberbullying saat ini. Secara, sudah lama tidak concern mengikuti perkembangan tentang masalah ini. Tapi, karena saya pengen bercerita dan tidak pengen orang lain mengalami yang saya alami, maka saya mengiyakan follow up dari Mas Diestra (kepala sekolah @akberMlg sekarang) dan Mbak Santi.



Menembus hujan yang cukup heboh malam itu, saya berangkat menuju ke kantor GraPARI Telkomsel Malang. Sempat pesimis sih, karena hujan lebat bisa menjadi penghalang orang-orang yang sudah daftar di kelas hari itu. Tapi, Puji Tuhan, tepat beberapa saat sebelum kelas dimulai, hujan reda meninggalkan rintik-rintik kecil.

Mostly, saya menceritakan habit-habit unik orang di social media. Mulai dari akun social media Agnezmo hingga akun-akun prostitusi online yang menggunakan nama pseudonym. Dari obrolan tersebut, akhirnya mengerucut padacyberbullying dan bagaimana merapikan social media sesuai dengan tujuannya.

Ini ... apa hayo ? -- Image taken from @akberMlg
Dari obrolan malam itu bersama para Akberians, hanya 1-2 orang yang menanyakan secara teknis. Tetapi ada satu pertanyaan yang menarik buat saya yaitu, seberapa besar sih perusahaan bakal mempertimbangkan akun social media kita saat melamar pekerjaan?

Well, said. Karena saya bekerja di field digital media, tentu saja saat ini saya melihat rekruitment dari sisi tersebut. Pertama, karena pertimbangan kualifikasi pekerjaannya (bagaimana ia mengolah informasi, seberapa aktif dan familiar dengan social media yang dikuasai dan networking onlinenya). Tetapi hal ini juga mendukung saya sebagai tahap awal mengenal calon rekruitment. Sebelum bertemu dengan mereka, pengen dong berkenalan dulu di dunia maya :D Kalau di social media seseorang menuliskan hal-hal yang sensitif, memaki-maki orang lain, tidak menutup kemungkinan akan melakukan hal yang sama jika bermasalah dengan perusahaan tempatnya bekerja. Wah, cukup beresiko dengan karyawan seperti itu karena bisa-bisa rahasia perusahaan diumbar jika yang bersangkutan tidak bisa mengendalikan jempolnya.

Thanks Akber Malang -- Image taken from Mbak Icha
1,5 jam yang seru bareng Akberians. Kalau di awal ada yang bilang ga tahan kalau ga pegang gadget, eh ternyata lebih dari 1 jam pada tahan tuh menaruh gadgetnya masing-masing di atas meja tanpa disentuh hihihi .. Suatu pengalaman yang mengesankan bisa sharing bareng para Akberians. Makasih buat yang sudah hadir di kelas Akademi Berbagi hari Sabtu, 11 April 2015 kemarin. Makasih buat para volunteer yang bersemangat (Mbak Icha, Mbak Santi, Mas Angga, Mas Diestra dan lain-lain) dan Rendy yang hari itu main culik-menculik dengan saya di acara masing-masing :D

Memang benar, berbagi itu bikin happy. Nggak cuma bikin happy, berbagi itu artinya peduli :D Sampai jumpa di kelas-kelas berikutnya.

6 comments:

  1. wind, kamu kereeen!!!
    terus berbagi, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan Idah menyemangati Winda untuk berbagi :)

      Delete
    2. Makasih Emak2 Cantik 😘😘

      Delete
  2. pasti seruuu nih berbaginya :)...banyak ilmu dan ketemu temen-temen yang heboh hehehe :)

    ReplyDelete
  3. Keren ya quotenya.. You are what you tweet.. :D Emang semua tulisan kita pasti mencerminkan diri kita yang sebenarnya :D

    ReplyDelete
  4. yukk... berbgi lagi kak,ajakin tmn2 yg lain

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)