Tuesday, May 26, 2015

Terperangkap Dalam Dunia Maya : A Creepy Story of Leah Palmer

Siang ini saya tidak sengaja melabuhkan bacaan saya setelah makan siang ke Buzzfeed. Sebuah judul yang agak aneh, tapi bikin penasaran saya untuk membacanya lebih lanjut.

Pernah mendengar kisah orang yang jatuh cinta di dunia maya? Ah, mungkin sudah biasa ya. Pernah mendengar orang yang memalsukan kehidupan nyatanya di social media? Biasa banget. Tapi kalau ini semuanya terjadi dalam satu kisah, satu kata dari saya : NGERI!

Ceritanya saya singkat saja ya.
Seorang pria bernama Justin (nama disamarkan) menjalin hubungan yang cukup intens dengan seorang wanita yang dikenalnya di social media, dengan nama Leah Palmer. Leah Palmer 'adalah' seorang perempuan yang cukup aktif membagikan cerita kesehariannya di Instagram. Ia bekerja di dunia fashion dan cukup sering travelling karena pekerjaannya tersebut.

Sepanjang berkomunikasi dengan Palmer, Justin mengaku ia beberapa kali mengatur janji untuk bertemu. Tetapi selalu gagal karena tiba-tiba Palmer menghilang tanpa kabar. Justin mentoleransinya, karena memaklumi pekerjaan Palmer yang barangkali sangat menyita waktu. Meski tak pernah bertemu, Justin dan Palmer tetap berkomunikasi via Twitter, Instagram, bahkan saling menelepon via Skype.

Sosok Leah Palmer yang misterius -- image taken from Buzzfeed.com
Di tahun 2012, seorang perempuan bernama Sonja Polimac mulai menjalin kedekatan dengan Justin. Saat itu, Polimac mulai notice dengan nama Leah Palmer yang beberapa kali dimention Justin dalam pembicaraan di social medianya. Namun alangkah terkejutnya Polimac saat ia stalking akun socmed Palmer, ia mendapati Palmer beberapa kali menyebutnya 'jalang' karena dianggap merebut 'kekasih' Palmer (yaitu Justin, padahal mereka belum resmi berpacaran lho). Polimac mulai merasa aneh, karena Justin sebelumnya tidak pernah mengaku berpacaran dengan siapapun.

Di bulan Desember 2014, Justin memutuskan meninggalkan Polimac untuk lebih intim dengan Palmer (yang belum pernah ia temui kecuali di social media). Namun, hal yang sama terjadi lagi, Palmer tak pernah menemuinya di dunia nyata.

Merasa heran, Justin mulai menemukan kejanggalan saat seorang perempuan bernama Ruth Palmer (yang kemudian nama belakangnya menjadi Graves, nama sang suami) mengkontak Justin via Instagram. Alangkah terkejutnya Justin saat Graves mengaku bahwa 'Leah Palmer' telah mencuri lebih dari 900 foto pribadinya dari akun Instagram pribadi Graves. Leah membuat akun Facebook, Tinder, Instagram dan Twitter menggunakan foto-foto Graves dan bertingkah seolah ia benar-benar seorang Leah Palmer dengan foto-foto tersebut.

Ruth Graves, pemilik foto-foto yang dipakai Leah Palmer di akun social media -- image taken from Buzzfeed.com
Yang lebih aneh dan menyeramkan bagi saya, si Leah Palmer ini pun membuat akun-akun lain dan berinteraksi, seolah-olah nyata. Salah satunya @scarlettpalmer3 yang 'berperan' sebagai ibunya. Coba lihat komentar di postingan ini :

Terlalu nyata untuk sebuah settingan, tapi ... -- image taken from Buzzfeed.com

Graves sudah melapor ke polisi, tetapi polisi juga tidak dapat berbuat apa-apa karena terkait hak cipta dan kontrol penggunaan konten di social media yang .. ya, masih susah dikontrol. Graves menempuh jalan terakhir dengan meminta Instagram untuk menutup akun Leah Palmer. Tetapi beberapa hari kemudian, akun lainnya muncul lagi, masih dengan nama serupa.

Selengkapnya cerita bisa disimak di sini : http://www.buzzfeed.com/patricksmith/the-mystery-of-leah-palmer

Serem ya? Bayangkan jika ada orang yang mengaku sebagai dirimu, menggunakan foto-fotomu dan bertindak seolah memahami kehidupan sehari-harimu. Kalau seandainya, si akun impersonation itu melakukan hal-hal kriminal, nggak kebayang bagaimana hidup seseorang (yang asli) bisa hancur hanya karena ulah stalker seperti ini. Bisa jadi, sang pelaku ingin memiliki kehidupan yang menyenangkan seperti Graves yang asli, bisa jadi ada sesuatu dalam diri sang pelaku yang tidak kesampaian sehingga ia harus 'memalsu' kehidupan nyatanya untuk mendapatkan sesuatu (pacar, seperti sosok Justin, barangkali?)

Selalu ada pro-kontra dalam kasus seperti ini, ada yang bilang ini kesalahan Graves yang terlalu mengumbar kesehariannya di social media, tetapi ada juga yang menganggap si 'Leah Palmer' ini memang 'sakit'? Hmm, kalau menurut kamu bagaimana?



79 comments:

  1. Replies
    1. Iya Mak, semoga nggak kejadian sama kita yg seperti ini

      Delete
  2. Wow! Bingung mau komen apa... Tapi wow!
    Di instagram, aku difollow akun yg pakai foto2 dari salah seorang beauty blogger cantik yg aku follow gitu. Ngeri juga kalau sampai menggila kaya leah. Agak aneh ya, "mengambil" kehidupan org lain ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speechless ya Mbak? Nah itu dia, masalahnya mau sebagaimana kita memprotect, si anonymous itu pasti punya cara yg lebih 'cerdas'. Ugh!

      Delete
  3. Ada banget mak. Sepupu temen saya baru aja ngalamin ini.. Foto2nya di curi sama seorang lelaki, yg ngaku jd pacarnya, ampe di buatin akun path boongannya, pura2 mereka jalan bareng kemana gitu, horor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ya ampun. Terus gimana mak kelanjutannya? Dijagain bener ya sepupunya, khawatirnya akan ke dunia nyata juga

      Delete
  4. Saya pernah mak, dulu pas SMP jadi pelaku *jengjed. Tujuannya emang cuma supaya bisa ngobrol sama bule-bule twitter sih. Walaupun cuma ngembat 1 foto random yang kuanggap cakep, akhirnya aku sadar.. Ini bisa jadi tindakan kriminal. Karena kalo salah-salah bisa mencemari nama baik orang kan?? Bisa dibawa ke pengadilan dong! Akhirnya kututup akunku itu.. #bukaaib #jamanjahiliyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha .. Untung tobat ya mak :p

      Delete
  5. Kalau artes nggak apa2, I mean semua orang sudah mengenal dia seperti apa krn sdh sering muncul di media. Jadi walaupun ada yg mengaku-ngaku menggunakan akun palsu atas namanya, orang sudah tau kalau itu nggak bener. Tapi kalau nobody kayak aku, sebaiknya ya filternya yg kenceng. Banyak orang gila diluar sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak, nggak semua orang tau siapa kita, kalau ada yg impersonation dan mengaku2 sebagai kita dan bertindak kriminal, gimana coba nge-sue nya? :((

      Delete
  6. It is beyond creepy. Gak kebayang deh. Hih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nggak kejadian sama kita ya :')

      Delete
  7. wuii gila bener ya...
    emang mesti ati2 banyak orang gila di luar sana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ko. Mau mengekspresikan diri, kok jadinya insekyur ya sekarang.

      Delete
  8. Aku penasaran sm hubungan graves dan leah palmer ini. Gimana si leah bisa kenal ato nemu account graves gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. si Leah stalking2 gitu, Ruth nggak kenal sama sekali sama orang di balik akun Leah Palmer

      Delete
  9. Ada2 saja, zaman sekarang banyak kelakukan orang yang aneh2

    ReplyDelete
  10. Jelas sakit menurut saya. Walopun belum jelas juga motifnya apa. Semakin bikin kita untuk lebih berhati-hati. Dan berdo'a semoga jangan sampai mengalami kejadian yang sama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, motifnya gini bisa macam2 ya. Yang jelas, kejiwaan kalo menurutku Mak.

      Delete
  11. ini yang suka bikin ngeri dalam bersosial media yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak. Walopun ngeri dan insyekur, tapi gak kapok sih aku *soalnya kerjaan sih :))*

      Delete
  12. Udah ada sih beberapa teman saya yang fotonya dicuri dan fotonya dijadiin foto profil facebook entah siapa.. itu aja udah gak enak banget..apalagi udah kayak kasus diatas..Ngerriii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu juga ngalamin Mak, dipakai fotoku sama namaku oleh orang gak dikenal. Duh nyesek!

      Delete
  13. hikz....kasian dia g punya identitas sampe pake identitas org lain :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia ga bahagia sama idupnya sendiri :')

      Delete
  14. Replies
    1. Iya Mak, semoga ga terjadi sama kita ..

      Delete
  15. Memang banyak di jagad maya akun-akun cloningan. Jadi membuat kita (saya khususnya) nggak semua keseharian dibagi di sosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak, harus filternya dari diri sendiri yah

      Delete
  16. Syeremm... Tapi lucunya, ada lho mbak orang2 yg mau fotonya diambil tanpa izin, katanya biar terkenal. Belum aja kena kayak beginian..

    Pelajaran buat kita, harus lebih hati2 lagi di sosial media, ya mbak... Thanks for sharing this! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kebutuhan jiwa seseorang emang beda2 ya Mak. Mungkin kalo belum jatuh sendiri, nggak bakal kapok :p

      Delete
  17. jadi ingat serial CSI Cyber yang pakai foto orang dan keseharian orang buat aktor di situs kencan online yang vulgar banget.
    Ternyata memang beneran ada ya. Dan haaa.. nakutin dong!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh itu yg episode mana ya Mak? Pengen nonton, lama ga nonton CSI

      Delete
  18. OMG serem banget -____-""
    itu kenapa saya sangat over protect dengan Akun Instagram dan facebook. Hanya menerima pertemanan dengan mereka yang saya kenal. dan menggemboknya supaya gak sembarangan orang bisa lihat. Jangan juga posting any picture related to your life di twitter, karena buat saya twitter lebih terbuka. semoga jangan kejadian sama kita semua.
    thanks for sharing this mak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku postingnya cuma gambar senja di rooftop, jarang nunjukin muka hihihih

      Delete
  19. Wah creepy bgt yak. mgkn ruth graves cuna bs bilang kl itu akun palsu. Mmg social media sulit dikontrol ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, apalagi hukumnya masih lemah mak

      Delete
  20. aku punya cerita yg cukup mengerikan dimana aku punya hubungan dengan seorang cowo yang menciptakan tokoh-tokoh maya untuk membuat aku cemburu dan tertarik dengan dia, beberapa dari tokohnya itu dia buat untuk mendukung semua cerita yang dia karang pokoknya aku ketakutan banget dan sangat sulit untuk melepaskan diri dari beliau karena setelah aku konsultasi dengan seorang psikolog orang ini punya penyakit jiwa yang sudah terbentuk sejak dia kecil jadi jangan sekali-kali bikin dia sakit hati ataupun dendam karena itu akan berujung fatal. dan aku ga berani nulis ini di postingan blog karena dia pun seorang blogger :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh serem banget tu mbak....

      Delete
    2. Sekarang gimana Mbak? Apa ybs masih sering meneror Mbak? Hati2 ya Mbak :(

      Delete
    3. Sekarang gimana Mbak? Apa ybs masih sering meneror Mbak? Hati2 ya Mbak :(

      Delete
  21. ngeriii mak..
    saking pengen punya kehidupan orang lain dan demi dapat simpatik dari orang lain segitunya yaa. sepertinya dia kesepian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kita sepemikiran Mak ttg kesepian itu. Kasian se sebenernya, org seperti 'Leah Palmer' ini butuh ditemenin

      Delete
  22. Waduh, itu sih sakit jiwa, ya. Serem banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semoga kita dihindarkan dr kejadian seperti ini :)

      Delete
  23. harus lebih hati2 masang foto di media ya...

    ReplyDelete
  24. Iya ini orang sakit jiwa! Kasian, sih, dia pasti nggak pede sama dirinya sendiri. >__<

    ReplyDelete
  25. itu orang sakit beneran huft.. tapi di indo juga ada sih ya kayak yang adelladellaide gitu selebtweet ada yang ngaku-ngaku.. heran pada gak yakin banget sama diri sendiri ya.. jadi penasaran orang kayak gitu di kehidupan aslinya gimana :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooo aku tau deh yg kontroversial krn sempat copas tulisa org lain juga ya?

      Delete
  26. arek e iki ncen lara, Win... sampe segitunya ya dia mencari kebahagiaan via imajinasi bahwa dirinya adalah orang lain. Semoga 'Leah'2 yg lain, yg ada di muka bumi ini, segera menemukan kebahagiaan sejati, ben ora ngrusuhi orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha bener Mak Uniek. Ketentraman hatinya ini yg musti dikulik. Jangan2 org seperti ini ada luka di masa lalu yg belum teratasi :)

      Delete
  27. yaampun mak, ada ya orang begini? niat banget berati ya. Pelajara yg bs diambil: BIJAK DALAM MENGGUNAKAN AKUN SOSMED. imho, banyak bahaya mengintai kalau terlalu sering mengumbar keseharian. bahakan kayak tempat yang rutin dikunjungi, bs jadi awal tindak kriminal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, kadang maksud kita pgn eksis kok jd mempermudah org jahat masuk kkehidupan kita😢

      Delete
  28. eh jadi keinget, pernah juga tau cerita mirip seperti ini mak, cerita nya seseorg yg dicurigai punya akun palsu, karakter dr akun palsu ini antagonis kebalikan dr aslinya.. nyolot, suka ganggu suami org gitu deh..
    sayangnya misteri ini tdk terkuak sampai pemilik akun meninggal dunia.pihak kelrg meminta maaf melalui status fb tp mereka juga blm memastikan apakah benar akun tsb milik almarhum..
    hmm.. entah apa motivasi nya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wik, kok serem Mak sampai ganggu suami org? Pemilik akunnya sudah wafat ya? Ya ampun, segala sesuatu bisa terjadi di dumay ya, beyond imagination :')

      Delete
  29. Semacam warning juga untuk kita lebih berhati-hati saat upload foto2 di sosmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mak, you are what you share ya jadinya :)

      Delete
  30. Hmmm... serasa lg nonton film ya. Syereeem... mbayangin tantangan dunia maya yg dihadapi anak2ku nanti *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish, sama pemikiran kita Mak. Pokoknya nanti kudu lebih pinter dari anak-anak lah, biar bisa ngontrol :D

      Delete
  31. Kayak nonton film ya Mak. Saya rasa, sekarang ini banyak orang 'sakit' :(

    ReplyDelete
  32. Tadaaa
    Satu kata "SEREM", memang susah banget ngatur tindak kriminal social media ini. Pemalsuan macam ini memang merugikan, tapi lebih ngeri lagi kalo nyolong foto dengan masud untuk melakukan suatu hal yang berbau 'MAGIC" hiiii D:

    ReplyDelete
  33. ikh serem banget ya mba, itu orang keknya punya semacam penyakit social gitu...

    ReplyDelete
  34. sepertinya memang kejiwaannya sedang sakit ya... Semoga tdk akan pernah terjadi pada kita.

    ReplyDelete
  35. Nah kan.. kita harus hati-hati juga ya di media sosial.. semoga tidak kejadian sama kita ya mbak.

    ReplyDelete
  36. Aku dah nyari udah ga ada ya akunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, barusan aku nyari juga ngga ada. Pingin tahu soalnya. :D

      Delete
    2. Kayanya udah ditakedown lagi sama Instagram ya. Kasian Ruth, pasti capek tuh bolak balik laporan ke IG -_-

      Delete
  37. jadi penasaran sosok aslinya kok sampai comot foto orang ya...

    ReplyDelete
  38. Wah ngeri juga yah mba, ga ada kerjaan ngambil foto orang trus bikin akun baru

    ReplyDelete
  39. Iya, hanya satu kata, ngeri!

    ReplyDelete
  40. paling enak y win.... akun akun apapun yang aganwati punya.... ga usah sering upload foto2 selfie, check-in tkp tmpt foto tersebut diambil, dsb dsb.... ya biasanya sih manusia setelah kejadian baru sadar... :D

    ReplyDelete
  41. Internet & Dunia Maya dua sejoli yang tak terpisahkan, seperti dua mata pisau yang berdampingan. Tergantung dari user yang menggunakannya bisa jadi baik dan bisa jadi jahat.

    Btw just info nanti kl Mba Winda ke Padang Minangkabau jangan lupa mampir ke Brivera.co.id Padang Lounge ngupi-ngupi cantik dari Sky Garden sambil ngeliat pantai Padang :D

    ReplyDelete
  42. Semoga gak terjadi sama kita kita ya... AMiiinnn

    ReplyDelete
  43. ini seremm bangett sih mbakk winn -_-'' ampe bikin akun lain trus seolah olah jadi si orang itu..bener sih bisa jadi nama baik yang asli jd buruk karena si pencuri identitas. Seremnya itu berarti si akun palsu sampe stalker bgt dong yaa soalnya foto2 pribadinya si asli banyak yang di ambil. Kayaknya memang yang malsuin punya niat tertentu atau punya obsesi di luar kenormalan masyarakat

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)