6 Tips Mengatur Keuangan Pribadi di Awal Gajian

8:50:00 PM

Tips Mengatur Keuangan Pribadi di Awal Gajian
Nggak bisa bohong, di kantor saya tanggal 28 adalah tanggal yang paling dinanti. Akan ada orang-orang yang dengan sukarela akan mengecek rekening di pagi buta dan mengabarkan ke seluruh penjuru : "Woyy, gajian, Rek!". Wajar, buah kerja keras selama sebulan. Langsung berhasrat pengen beli ini-itu. Wah, begitu saldo bertambah di rekening, kok rasanya cuma mampir minum air putih doang ya, alias mampirnya sebentar banget.

Rasanya tidak ada pengeluaran besar di bulan ini, apalagi masih single dan kebutuhan utama yang terlihat cuma kebutuhan sehari-hari. Tapi kok baru seminggu sudah kembang-kempis ya saldonya? Wah, sepertinya saya dan kamu kudu belajar mengatur keuangan nih. Belajar dari sekarang untuk menentukan skala prioritas keuangan, supaya nanti kalau jadi Ibu Rumah Tangga sudah jagoan mengelola keuangan keluarga deh (ada amin di sini?:p)

Nah, saya pengen berbagi tips mengatur keuangan pribadi nih. Apalagi buat kamu yang masih single. Maksudnya, keuangannya belum terbagi-bagi untuk keperluan keluarga.

Jadi, yang saya lakukan tiap menerima gaji bulanan adalah membuat pos-pos keuangan. Ini adalah langkah awal banget yang harus dilakukan. Bagi pos-posnya berdasarkan mana yang wajib, mana yang diingini dan mana yang diperlukan. Misalnya:

Pos Tabungan 

Pos ini harus disendirikan dalam rekening yang lain supaya tidak ikut digunakan secara bar-bar setiap bulan. Kalau kamu tinggal bareng orangtua, beri porsi pos ini sekitar 20% dari gaji bulananmu. Anggap uang untuk pos tabungan ini tidak pernah ada, jadi kamu tidak kepikiran.

Pos Tagihan 

Pos ini misalnya adalah tagihan telepon, pulsa internet, premi asuransi, BPJS (atau kalau kamu indekos/mengontrak rumah dan butuh membayar PDAM, PLN dsb)

Pos PTT alias Pengeluaran Tidak Terduga 

Pos ini wajib disisakan sekitar 5 - 10%, biasanya kalau saya pos ini untuk kebutuhan tak terduga misalnya sakit (nggak ada yang pengen sakit sih, tapi wajib berjaga-jaga), kondangan (alias buat buwuhan), atau misalnya ada barang yang rusak perlu diservice dan hal-hal diluar ekspektasi kita.

Pos Investasi

Pos ini boleh ada boleh tidak. Kalau saya sih tidak ada karena saya masih belum milih mau reksadana yang mana. Biasanya saya jadikan satu sama pos tabungan. Soon, pos investasi ini akan mengurangi jatah bulanan saya sih. Tapi sebetulnya bukan berkurang, hanya saja "rumah"nya dipindahkan ke bentuk investasi.

Pos Pengeluaran Harian

Kalau yang ini memang tricky. Kalau mau disiplin, perkirakan saja pengeluaran per hari dikali 4 minggu. Jangan lupa juga memperkirakan pengeluaran belanja bulanan misalnya toiletries, stok makanan bulanan dsb, dan pengeluaran per minggu untuk BBM/uang transportasi pribadi, bahkan hal remeh seperti uang parkir! Nggak kerasa sih sekali parkir motor Rp. 2000, tapi kalau sehari 3-4 kali lumayan banget tuh kalau sebulan.

Baru setelah semuanya kelar, kamu bisa membagi untuk pos rekreasi pribadi. Kalau saya, sejujurnya pos ini sudah lama hilang karena ada kebutuhan lain yang harus diprioritaskan (sementara pemasukannya masih tetap angkanya hihihi). Pos ini sebagai kontrol untuk kita supaya sadar diri agar nggak hedon dan keduniawian berlebihan hahahha ..

Ada orang-orang yang sangat telaten untuk mencatat pengeluarannya, bahkan setiap hari. Salut banget sama mereka yang bisa taat aturan seperti ini. Saya masih belum bisa, karena suka lupa. Kesannya pelit banget ya? Hehehe .. Nggak apa-apa kok, nggak ada orang yang nyinyirin orang yang sedang berjuang mengatur pengeluaran pribadi. Ya maklum, gajinya belum pada taraf berlebihan. Jadi harus diatur supaya bisa mengontrol diri. Kamu punya cara mengatur pengeluaran pribadi yang efektif? Boleh dong sharing-sharing kemari :D

You Might Also Like

20 comment

  1. pos pengeluaran hari ini lho yang masih ga disiplin..huhuuh..
    oh ya maks..mampir-mampir ke blog ku yaa
    http://mutheas.blogspot.com
    thx yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya lho mak, akupun mengalaminya. Abisnya mau disiplin kok pengeluaran harian terkuras cuma gara2 cakwe goreng deket kantor :p

      Delete
  2. wah...mantap nih tipsnya... kadangkala kita suka kebablasan ya belanja pas terima gaji... kalau gak diatur dari awal apa saja pengeluarannya bisa amblas tuh gaji sebulan... nice post..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bisa 3 minggu setelahnya cuma makan nasi kepal bentuk ayam goreng ya Mak :))

      Delete
  3. saya dulu telaten banget nulis,tapi habis itu balik lagi..errrr..kurang konsisten nih saya hehe. makasih mbak tipsnya

    ReplyDelete
  4. Aku nggak gajian rutin. Yg rutin dr suami. Dulu aku tulis trus aku stress sendiri krn banyak bgt kebutuhan dadakannya terutama kegiatan anak2. Suamiku bilang kalau ditulis nggak akan cukup, kalau bismillah aja insya Allah cukup hahahaaa tauk tuh belajar finansial dimana.

    ReplyDelete
  5. iya sebisa mungkin mesti dicatetin pengeluaran harian jadi tau duitnya larinya kemana...

    ReplyDelete
  6. intinya disiplin yaaa...aku masih punya catatan pengeluaran lhooo :)

    ReplyDelete
  7. Mencatat pengeluaran harian? Oh men ...sepertinya saya juga bukan tipikal orang yang seperti itu. Kalau nyatat utang iya hahahah

    ReplyDelete
  8. Silahkan, yang mau gabung di salah satu bisnis online besar di Indonesia.
    Dream4Freedom... Solusi finansial yang dapat memberikan kebebasan waktu dan finansial bagi Anda.
    Salam D4F

    ReplyDelete
  9. Apakah Anda mencari pinjaman asli? saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menginformasikan semua orang bahwa Mrs Helen Wilson pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (helenwilson719@gmail.com) Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya Anda dapat menghubungi kami hari ini.

    Jumlah maksimum yang meminjamkan adalah 600,000,000.00 berikut ini
    Mata uang: Dollar Amerika Serikat, Euro dan Great British Pound

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap: ...... .............
    2) Negara: ........................
    3) Alamat: ......... ............
    4) Negara: ................ ...........
    5) Jenis Kelamin: ............. ...........
    6) Status Pernikahan: ..............
    7) Pekerjaan: ............. ......
    8) Nomor Telepon: ................
    9) posisi Saat ini di tempat kerja: .... ..........
    10) Pendapatan Bulanan: ........................ ....................
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ............ ....
    12) Pinjaman Durasi: ....................
    13) Tujuan Pinjaman: ....................
    14) Agama: ....................................
    15) Apakah Anda diterapkan sebelum: .................
    16) Tanggal lahir: ................
    Terima kasih dan Tuhan memberkati Anda semua

    ReplyDelete
  10. Waaahh, keren banget nih, masih single udah melek financial planner 😊

    Andai sayaaaa dulu mikir gini, 😂😂😂

    ReplyDelete
  11. Aku angkat tangan pos pengeluarannya acak adul

    ReplyDelete
  12. Bawa bekal ke kantor bisa juga untuk mengurangi pengeluaran harian. Asal enggak tergoda aja sama jajanan di tempat langganan :P

    ReplyDelete
  13. perlu ya agar gak kehabisan sebelum waktunya

    ReplyDelete
  14. Halo,

    Saya adalah Nyonya Patricia James, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan melihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu. Pinjaman kami kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis dengan tarif 4%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan berguna dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:

    (patriciajames205@gmail.com/ elizabethandy95@gmail.com)

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Status:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Penghasilan Bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah Anda mendaftar sebelumnya:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar 150.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar 150.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete
  16. Nama saya Lady Esther, Anda dipersilakan untuk ACCESS LOANS FIRM tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah pertahanan keuangan menjadi individu kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang ditentukan dan memiliki sumber daya keuangan yang baik selingkuh atau merampok orang dari uang mereka adalah tabu. di mana Anda secara finansial siap untuk mengatasi kekurangan keuangan saya, saya terhenti itulah sebabnya kami datang ke sini untuk memberitahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama dari ACCESS LOANS FIRM adalah untuk menyediakan dana di mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:

    PINJAMAN TERSEDIA YANG KAMI TAWARKAN

    ✓ Pinjaman Pribadi
    ✓Housing Loan,
    ✓ Tagihan rumah sakit
    ✓ Renovasi rumah
    ✓ Perluasan Bisnis
    ✓ Refinancing Perluasan Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
    ✓ Pinjaman Bisnis
    ✓ Pinjaman Investasi

    Jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu agar staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    e-mail:
    HEAD OFFICE (accessloansfirm@gmail.com)
    CABANG MANAJER (estherpatrick83@gmail.com)
    WhatsApp (+1 850-677-1763)

    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena kerja sama bertahun-tahun membuat kami terus berjalan karena penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa stres.
    Terima kasih semua

    ReplyDelete
  17. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal di Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran konkrit kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, terkadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria, Singapura, dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya menelepon EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs ESTHER PATRICK. Manajer cabang Perusahaan pinjaman, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebesar Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mengalihkan pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa Rp600.000.000 yang saya lamar telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya bukti dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik LADY ESTHER telah melakukannya dalam kehidupan saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentangnya, Dia menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati LADY ESTHER untuk pekerjaan baiknya dalam kehidupan dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk menanyakan detail lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  18. Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan