Monday, September 21, 2015

#HelloWINDxTaste 6 Makanan Sederhana Yang Enak Versi Winda Carmelita

Ada yang bilang, cara menarik perhatian seseorang adalah dari perutnya. Maksudnya, bukan perutnya dipamerin terus tari perut gitu ya. Tapi, makanan bisa jadi pemikat hati, gitu. Eh, tapi kalau urusannya sama orang yang makannya gampang, bisa lain soal. Apa-apa dilahap dengan sesuka hati.

Waktu masih kecil, kata orang tua, saya sempat susah makan. Sekitaran usia TK, saya masuk kategori kurus. Eh, gede begini kok gendutan ya, bahkan pernah sampai mencapai angka 65 kg lho. Timbangan jebol, deh! Iya sih, semakin gede, makan saya semakin gampang :') Makanya sering kesal kalau ada orang yang pilih-pilih makanan atau buang-buang makanan karena lauknya nggak cocok gitu.

Dari sekian banyak makanan, menurut saya 5 makanan ini yang paling enak, meskipun lauknya sederhana:

Nasi Putih + Telor Mata Sapi


Telur Mata Sapi, andalan -- Image taken by Winda Carmelita
Hyaaah, ini favorit banget. Sederhana ya? Siapapun bisa bikin telor mata sapi. Tinggal panasin teflon, ceplok telornya, kasih sedikit garam. Ambil nasi putih panas, tumpuk telor di atasnya. Setelah makan ini rasanya surga itu begitu dekat di perut kita *halah*. Ada yang suka dikasih kecap di atasnya, tapi kalau saya sukanya polosan aja.

Nasi Putih + Ikan Asin + Sambal

Tentang menu ini, saya pernah bela-belain pulang kampus hanya untuk makan siang karena Mama menjanjikan goreng ikan asin (ikan klothok) sama sambal terasi. Bayangin nasi putih`panas kebul-kebul, ikan asin yang renyah dan gurih dimakan pakai tangan dengan sambal terasi yang aromanya menggoda. Ada lagi jenis sambal yang enak dicocol sama ikan asin, yaitu sambal .... PETE, yak, PETE!

Nasi Putih + Cah Selada

Cah selada hijau dengan bumbu simpel, cuma pakai bawang, ternyata bisa banget bikin perut saya bahagia. Makan cah selada ini berasa sehat banget. Yang gak sehat ternyata nasi putihnya ... soalnya saya bisa nambah sampai 2 kali gitu :')

Nasi Putih + Kuah Kare + Bawang Merah Goreng


Kuah Kare plus Kerupuk Amplang -- Image taken by Winda Carmelita
Buat saya, kuah kare itu treasure. Sekalipun isi ayam, tahu, atau kentangnya sudah habis, selama itu masih ada kuahnya, saya pasti langsung ambil nasi sepiring. Lah, masak makan kuah doang? Saya punya senjata pamungkasnya yaitu ... ta-raaa! Bawang merah goreng. Taburin aja di atas nasi berkuahnya. Endeus bambang tri! Biar lebih enak, nasinya harus yang panas dan pulen, kuahnya sedikit aja yang kental, terus diaduk. Tabur bawang merah goreng, dimakan pakai kerupuk amplang.

Nasi Putih + Tahu Fermentasi Merah 


Fermented tofu -- Image taken from http://www.livingincmajor.com/
Teman saya, Rendy, pernah saya dapuk untuk nganterin saya cari tahu fermentasi di salah satu supermarket makanan impor. Saya sendiri agak bingung menjelaskan bentuk makanan satu ini, clue buat Rendy cuma : warnanya merah, cair, ditaruh di toples, ingredientsnya pakai huruf Kanji China. Begitu ketemu wujudnya, Rendy cuma bilang, "Nggilani!" (Menjijikkan). Iya tampilannya memang aneh, kaya tahu benyek berkuah merah yang difermentasi entah pakai apa saya juga engga tau. Tapi buat saya makan tahu fermentasi ini pakai nasi putih panas, sudah cukup lah. Rasanya mirip-mirip kecap asin. Bisa kok saya sangu makanan ini terus dilepas di hutan belantara, dijamin masih hidup dan masih bahagia :)) 


Tahu merah, wujudnya begini nih -- Image taken from tokothai.nl
Nasi Putih + Tempe Goreng

Nggak usah dimakan pakai side-dish apapun deh, namanya nasi putih sama tempe goreng tok wis uenak e notok njedog! Meskipun kadang agak seret di tenggorokan, tapi dari kecil sampai segede ini saya selalu sewot kalau ada orang memprotes cara makan saya yang satu ini. Mau ada tambahan kuah-kuahannya, menurut saya yang paling enak ya nasi putih sama tempe goreng doang begini. Btw, tempe goreng Mama jadi makanan favorit temen-temen tim saya, sampai sering ditagihin sama mereka x))

(pas nulis ini saya kok merasa kaya nggak ada makanan yang engga enak ya di hidup saya, kecuali durian, jambu, mangga dan jeruk buah. Berasa kaya bayi dinosaurus banget, apa-apa dimakan)

Nah, kalau mau ditulis mungkin daftarnya bisa sampai seratus nih hehehe .. Buat saya yang penting makan buat hidup, jadi lauknya sesimpel apapun ya nggak protes. Tapi satu ketika kalau saya lagi kalap, saya bisa ngabisin tahu campur + bakso babi + ketan susu + minum bir for once in a row. Hahahaha .. Ini 6 makanan sederhana versi saya, kalo versi kamu yang seperti apa?

17 comments:

  1. Bener iku Win, nasi panas sama tempe goreng memang endeuzzz.... Kadang untuk variasi, aku tambahin mentega ke nasi panasnya atau dileletin ke tempenya pas masih panas ngebul. Mbeleerrr mengalir menteganya hmmm... nyam nyam banget pokokmen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun nasi + mentega leleh itu aku banget pas TK mak hoahahahhaa .. hemat amat ya kita jaman dulu makan beginian aja wis bahagia :D

      Delete
  2. Nasi panas plus tempe goreng kesukaan suamiku. Kalo aku sukanya ikan asin plus sambel, sambel pete apalagi walo abis iti diancem suruh tidur di luar sm suami karena bau, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak, Ikan asin sama sambel pete itu emang bagai buah simalakama :))

      Delete
  3. Nasi panas plus sambal terasi dan ikan asin goreng itu sedap mantap banget.
    Tahu fermentasi yang warna merah itu langsung dimakan atau harus diolah lag ya? Maklum belum pernah nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diolah lagi mak, jadi toppingnya sup gitu. Asin-asin rasanya. Tapi kalo aku diuleni sama nasi putih aja x))

      Delete
  4. Enak kabeh kecuali tahu merahnya, belum pernah ngrasain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu merahnya buatku enak mak, tp buat org2 rumahku keliatannya menjijikkan x))

      Delete
  5. Nasi putih dan telor mata sapi akan lebih nikmat jika dimakan dengantaburan garam.


    Salam BlogmateIndonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, biasanya karena gorengnya pakai mentega, saya meminimalkan pemakaian garam. Salamkenal BlogmateID ;)

      Delete
  6. wah nasi putih pake telor mata sapi trus pake kecap manis itu udah mantap banget dah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep puol ya Ko, padahal cuma modal telur digoreng doang rasanya bisa ngalahin masakan resto :))

      Delete
  7. nasi teri sambel euy :)))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu enak juga, nasi dua bakul juga gak kerasa :))

      Delete
  8. nasi ikan asin plus sambel itu juaranya buat aku

    ReplyDelete
  9. Jadiiii kamu pernah kurus ya, Wind. Hahha
    Aku idem mbak lid, enaaak sambel ama ikan asin. :D

    ReplyDelete
  10. Betul banget, makan sederhana seperti ini tetap terasa nikmatnya.
    Dari ke 6 makanan ini aku suka semua kecuali yang tahu bumbu merah itu, aku belum pernah nyoba. Malah baru tau sekarang. Itu bumbu tauco bukan?

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)