Berdamai Sama Kulit Wajah Dengan Cara Gampang dan Murah

2:35:00 PM

Stromtroppers : Peace -- Image taken by Winda Carmelita
Saat masih SMP - SMA, saya punya sejarah kulit wajah yang nggak bagus. Faktor hormonal yang memicu banyak jerawat muncul, bikin nggak PD. Beberapa kali coba ke dokter kulit, tapi akhirnya saya hentikan. Alasannya : 1) Makin mahal, nggak punya duit, 2) Dosis obatnya makin tinggi, 3) Takut ketergantungan. Kemudian alasan nomor 3 itu akan kembali ke nomor 2 lalu nomor 1 karena kalo sudah ketergantungan, dosis obatnya makin tinggi dan biayanya makin mahal hahahaha ...

Waktu itu perawatan ke dokter pun saya rasa nggak berhasil karena ritualnya banyak banget dan saya nggak rajin. Cuci muka, okelah.  Kalau facial sih sampai sekarang belum pernah, soalnya kulit saja sensitif kaya tomat, dipegang aja ini pipi saya sudah bisa merah apalagi dipencet-pencet T____T Tapi kalau sudah cuci muka-pakai toner-totolin obat jerawat-pakai sunscreen-pakai day cream, belum lagi kalau ritual malamnya ditambahin ini-itu ... males gelak! Jangankan buat rutinitas cuci muka, wong saya dulu mandi-keramas aja males kok :)) Sampai akhirnya Mama saya bilang, "Ya bukan dari mahalnya perawatan wajahmu, tapi ya karena kamu nggak rajin dan nggak bersihan makanya mukanya jadi jerawatan."

Semakin gede, akhirnya saya mulai endel. Pengen lah coba perawatan ini-itu. Menjelang akhir kuliah, saya aktif-aktifnya ngeblog dan banyak blogwalking dari KEB dan beberapa komunitas blogger. Banyak baca postingan tentang DIY merawat kulit wajah dengan cara yang mudah banget, dari bahan alami dan ritualnya nggak ribet. Tapi saya juga punya cara merawat wajah ala saya sendiri yang super gampang, yaitu:

  • Membersihkan wajah 3 langkah -- Milk Cleanser, Face Wash, Toner
Meskipun di pasaran banyak beredar cleanser sekaligus penyegar, tapi saya masih lebih suka pakai cara 2 langkah. Pertama, milk cleanser dioleskan ke wajah sambil dipijat. Kalau pas pakai makeup berat, saya bisa sampai 2-3 kali membersihkan wajah di step ini. Lalu diangkat pakai tissue/kapas. Bedanya, setelah langkah ini saya langsung cuci wajah pakai face wash supaya lebih yakin bersihnya. Baru setelah itu saya keringkan pakai handuk dengan cara ditepuk-tepuk atau nggak pakai dihandukin tapi dibiarkan sampai kering alami. Baru diusap pakai toner. Rasanya enteng banget~

What I use : Viva Milk Cleanser, Viva Toner, Clean N Clear Foaming Facial Wash
  • Pakai Pelembab
Pakai pelembab ini part yang sejujurnya malas karena bikin kulit muka berasa tebal. Tapi harus dipakai sih. Saya paling suka pakai Clean 'N Clear yang essential, karena sudah cocok sejak 3 tahun terakhir ini. Percaya atau nggak nih, kalau malam saya pakai Viva Skin Food yang cuma 10ribu-an per pot itu. Hasilnya di kulit muka saya bagus. Nggak bikin breakout.

What I use: Clean 'N Clear Essential Moisturizer or Pigeon Moisturizer or Viva Skin Food
  • Pakai Sunscreen
Kebetulan saya ini gampang banget punya flek wajah, mirip sama Mama. Setelah baca-baca berbagai sumber, pakai sunscreen perlu banget untuk menangkal sinar UV yang mana akan mengurangi bertambahnya flek di wajah. Mengurangi lho ya, buka menghilangkan.

What I use : La Tulipe Sunscreen SPF 17
  • Deep Cleansing (Peeling dan Masker)
Kalau ini, seminggu sekali di hari Minggu saya endel-endelan pakai peeling. Biasanya beli yang sudah jadi punyanya Mustika Ratu yang Peeling Mundisari. Campur dengan air teh hijau sampai berbentuk pasta kemudian dioleskan di wajah. Tunggu kira-kira 5-7 menit, kemudian gosok dengan gerakan memutar. Setelah dibersihkan pakai air hangat, saatnya maskeran. Saya nggak suka masker pabrikan sih, tapi biasanya pakai bahan-bahan alami yang ada di rumah misalnya tomat atau air teh hijau didiamkan di wajah 10 menit sebelum dibilas.

What I use: Peeling Mundisari Mustika Ratu, air teh hijau atau buah-buahan yang ada di kulkas :D
Ini penting banget! Nggak ada artinya perawatan macam-macam kalau yang dari 'dalam' nggak mendukung. Awalnya saya minum teh hijau karena 3 tahunan yang lalu makan saya awur-awuran dan kalau dipikir-pikir potensi banget kena kolesterol. Minum teh hijau pahit ternyata merangsang keinginan buang air kecil yang cukup sering. Harus diimbangi banyak minum air putih supaya nggak dehidrasi, minimal 1,5 L per hari. Eh, ternyata bonusnya adalah kulit saya jadi bersih dan amandel saya mengecil lho. Bekas seduhan teh hijau juga saya gunakan untuk maskeran. Manjur banget.

Selain itu, saya orangnya risihan dan gerahan kalau wajah ketutupan rambut, so paling suka kuncir satu or pakai bando. Ini ngaruh banget mencegah jerawat di sekitaran dahi karena terkena rambut yang kotor. 

BACA JUGA :

Dengan cara-cara ini, saya nggak perlu keluarin uang banyak-banyak buat perawatan wajah. Selain itu, bahan-bahan dan produknya bisa dicari gampang di pasaran di Indonesia, bukan? Nggak perlu khawatir kalau lama di luar kota bakal nggak bisa ke dokter langganan deh. Kalau kamu sudah terlanjur punya kulit wajah yang penuh jerawat, gimana? Ditelateni saja untuk rajin pembersihan dan detox skin care yang berbahan kimia keras. Nggak usah kepengen bedah plastik juga meskipun ada pinjaman dananya, kecuali untuk alasan kesehatan hehehe .. Yang paling penting,  jangan benci sama wajah sendiri ya. Bakal ngaruh lho kalau benci sama wajah sendiri dengan perawatannya. 

Makeup Natural saja cukup -- Image taken by Winda Carmelita
 Ini cara saya berdamai sama kulit wajah. Punya tips lainnya? Boleh dong cerita-cerita di kolom komentar di bawah ini ;)

You Might Also Like

18 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia