Tuesday, September 29, 2015

Teknologi Smart Campus Memang Keren Dan Bermanfaat


*this is sponsored post for Gess Indonesia*

Betapa menyenangkan ya bila bisa menuntut ilmu di kampus yang canggih dan berkualitas. Akreditasi jurusan di kampus kini tak jadi satu-satunya penentu bagi kualitas suatu kampus. Sebab implementasi teknologi juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya.

Ada banyak sekali kebutuhan mahasiswa yang patut difasilitasi oleh teknologi smart campus. Sebagai tempat menuntut ilmu bagi generasi muda, sudah sepantasnya kalau kampus-kampus di Indonesia punya teknologi smart campus yang mumpuni. Lantas seperti apa sih teknologi smart campus yang sebaiknya mulai disiapkan dari sekarang?

Ragam Bidang untuk Implementasi Smart Campus

Infrastruktur teknologi informasi terpadu adalah salah satu kebutuhan esensial untuk mewujudkan smart campus. Dengan aplikasi infrakstruktur teknologi seperti ini, nantinya mahasiswa bisa melakukan banyak aktivitas secara online. Misalnya untuk mengakses informasi nilai, mengunduh materi mata kuliah, mengadakan forum diskusi kelas, hingga mengikuti kelas secara online. Jadi selain interaksi tatap muka dengan dosen atau teman kuliah, proses belajar mengajar bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun secara terbuka.
Implementasi smart campus juga bisa diterapkan untuk memperbaiki sistem keamanan kampus, menerapkan konsep e-library, hingga melakukan self assessment melalui kuisioner online.

Canggihnya Teknologi RFID untuk Kampus

Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) membuat mahasiswa bisa melakukan absensi secara digital. Hanya dengan menempelkan kartu mahasiswa pada mesin RFID di kelas, absensi akan segera dideteksi oleh sistem absensi online. Bahkan tak hanya di kampus, sudah ada punya beberapa Sekolah Dasar yang menerapkan teknologi absensi ini.

Teknologi seperti ini membuat mahasiswa jadi lebih hemat waktu saat harus mengisi absen. Namun tentu perlu diingat agar kemudahan ini tak menjadi celah untuk melakukan tindakan tak semestinya seperti bolos dan menitipkan kartu pelajar kepada teman lainnya.

Nah, informasi menarik seputar teknologi smart campus atau manajemen kartu identitas pelajar dan mahasiswa akan dibahas oleh Gess Indonesia. Gess Indonesia (Global Educational Supplies and Solutions Indonesia) adalah organisasi bidang pendidikan yang sudah lebih dulu berdiri di Meksiko dan Dubai. Kehadiran Gess Indonesia diharapkan dapat pengambilan keputusan dan kemajuan kualitas pendidikan di tanah air.

Oleh karena itu, Gess Indonesia mengadakan seminar dengan tema-tema edukasi yang menarik pada tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2015 di JCC. Proses registrasinya pun mudah, hanya perlu mendaftar via online di http://bit.ly/1WfsBNU. Pembahasan seru seputar teknologi smart campus dan tema pendidikan lainnya bisa diperoleh melalui seminar yang satu ini.

Jangan sampai melewatkan informasi-informasi penting dari seminar Gess Indonesia, ya.

5 comments:

  1. betah kalau kampusnya canggih, aku pingin sekolah lagi jadinya

    ReplyDelete
  2. Meminimalisir pemakaian kertas ya, Wind. Ngga ada lagi absen manual to.

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)