Friday, January 22, 2016

[After Lunch Music] Predator Anak, Hukum Sampai Mati! (Tentang Single Terbaru RAKSASA, Monster)



"Sebenarnya sih kalau boleh dibilang, manusia itu sama kayak binatang. Hanya saja punya akal budi. Kalau nggak punya akal budi, disebut binatang aja nggak pantes yo. Lha wong binatang aja punya insting, paham mana yang harus dilindungi kok."

Obrolan itu saya cetuskan malam-malam melalui Whatsapp kepada teman saya selepas kasus Angeline mulai terkuak keganjilannya. Miris, membayangkan Angeline yang harus meregang nyawa di tangan orang yang dikenalnya dengan baik. Campur aduk perasaan saat saya menuliskan berita tentangnya: meringkuk sambil memeluk boneka kesayangannya. Tak bisa saya bayangkan betapa kesakitannya Angeline saat itu.

Kasus kekerasan pada anak setiap tahun meningkat. Menurut data dari KPAI tahun 2012, menunjukkan bahwa 91 persen anak menjadi korban kekerasan di lingkungan keluarga, 87.6 persen di lingkungan sekolah dan 17.9 persen di lingkungan masyarakat. Jumlah kasusnya pun semakin meningkat, di tahun 2014 sudah ada 5.066 kasus. Tahun 2015? Saya belum memiliki datanya, tetapi melihat berita-berita yang semakin mengganas di media online, bisa jadi jumlahnya semakin meningkat. Oh God, it breaks my heart :(

Satu hal yang saya pikirkan: dunia makin gila! Orang-orang dewasa yang seharusnya jadi tempat berlindung dan panutan anak-anak, justru menjadi predator ganas yang tanpa ampun merenggut masa depannya. Lalu, kepada siapa anak-anak ini berpanutan? Apalagi yang paling ngeri, hampir semua kasus-kasus kekerasan pada anak ini berujung pada kekerasan seksual. Ada kata makian lain yang lebih pantas? Karena saya sendiri gagal menemukan makian yang bahkan paling kasar untuk hal ini :(

Well, rupanya apa yang saya pikirkan selama ini, sejalan dengan apa yang dipikirkan oleh personel RAKSASA Band. Berawal dari obrolan via Whatsapp bersama Dodit, sang bassist RAKSASA yang juga teman lama saya, Dodit mengabarkan bahwa RAKSASA akan meluncurkan sebuah single. Judulnya (waktu itu) masih surprise. Kebalikannya, justru saya yang surprise saat menerima press release dan sample audio yang dikirimkan langsung ke e-mail saya. Pasalnya, lagu berjudul Monster ini benar-benar menendang gendang telinga saya.

Sebagai orang yang 'konten banget', saya biasanya melihat sebuah lagu dari liriknya. RAKSASA menyoroti perihal bagaimana kasus kekerasan anak menjadi hal yang urgent di Indonesia. “Kami sempat melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui seberapa banyak kasus kejahatan terhadap anak di Indonesia sepanjang tahun 2015,” ungkap Pepeng, drummer RAKSASA yang juga drummer NAIF.“Dan ternyata, kami menemukan ada 36 kasus,” lanjutnya. “Itu baru hasil dari riset seadanya dari kami. Bisa jadi aslinya lebih banyak lagi,” timpal Dodit, anggota baru RAKSASA yang resmi masuk sebagai pemain bass tetap di awal 2015 lalu, melalui press release yang dikirimkan mereka by e-mail. 

Saya pribadi menjadi pendengar RAKSASA karena lagunya yang berjudul Pesawatku Delay seliweran di Deezer. Kemudian saya mencari tahu by Mbah Gugel bahwa di tahun 2014, mereka merilis MV berjudul Setan Jalanan yang juga menjadi soundtrack dari komik berjudul sama yang ditulis oleh Pepeng (Pepeng NAIF, iya!). Pertama kali menguping band ini dan melihat sekilas komik Setan Jalanan, kalo kata saya mah ini band macho banget di kuping hehehehe .. Coba diintip deh di video ini:


Lebih surprise lagi begitu tahu Mas Dodit, teman yang dulu support pas saya ikutan Indomie Jingle Dare tahun 2008 di Jakarta (gile, lawas nemen Mas~) sekaligus teman-opo-ae ini menjadi bagian dari RAKSASA sejak awal 2015. Btw, Mas Dodit ini arek Malang asli lho, Rek~

"Monster" bisa dikuping di sini:



*Didistribusikan oleh DeMajors, sementara ini secara digital melalui iTunes dan AppleMusic

Menurut saya, lagu Monster ini bisa jadi starter yang baik di tahun 2016 untuk RAKSASA. Semoga sukses dengan karya dan misi-misinya. 

Akhir kata, ojok tuku bajakan opo njaluk kancane lho yo rek~ :))


RAKSASA are Adi Cumzky, Adrian Adioetomo, Adhi Tomo (Dodit), Franki Indrasmoro (Pepeng) & Iman Fattah

RAKSASA
(raksasaband@gmail.com , +6281290910577)
BLOG: http://raksasaband.wordpress.com
Facebook: www.facebook.com/raksasaband
Twitter: www.twitter.com/raksasaband
Instagram: www.instagram.com/raksasaband
Youtube: www.youtube.com/raksasaband

4 comments:

  1. justru banyak anak mendapatkan tindakan kekerasan dari lingkungan terdekat ya

    ReplyDelete
  2. Gak bisa ngebayanginnya, so small, so fragile.... :((

    ReplyDelete
  3. ah, ya. monster-monster itu berkeliaran di mana-mana.

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)