Wednesday, February 17, 2016

Trik Agar Doyan Makan Buah

tips makan buah


Kalau diberi pilihan makan buah atau makan sayur, pasti saya akan lebih memilih makan sayur. Saya suka segala jenis sayuran, dari yang umum seperti kangkung sampai yang pahit-pahit asik gimana gitu kayak ... ganja? Bukan lah, kayak kembang turi, godhong kates alias daun pepaya ataupun pare. Sebutlah nama sayur-sayuran di Indonesia, mostly saya dengan senang hati akan memakannya apalagi kalau dikasih sambal terasi dan petai. Sederhana, bikin berselera.

Tapi, ini sangat berkebalikan dengan relationship saya terhadap buah-buahan. Buah yang saya mau memakannya dengan senang hati tanpa disuruh hanya ada 3, yaitu pisang, melon dan pepaya. Terutama buah pisang, saya bisa makan 3 buah sekali makan. Nah, buah yang katanya seluruh dunia nikmat tapi saya nggak suka adalah durian, mangga, jambu dan jeruk. Apalagi jeruk yang buah, yang cara makannya dikupas. Saya jaraaaaaaaaaang sekali mau memakannya dalam bentuk buah (?, lha dikate ada jeruk yang bukan buah, Wind?).

Padahal di keluarga saya, semua suka buah. Dari kecil sepertinya tidak ada sejarah juga saya trauma sama buah. Harusnya sih tidak ada masalah ya. Tapi saya selalu merasa perut ini begah setiap kali selesai makan buah-buahan yang mengandung banyak air, misalnya pear, apple atau semangka. Perut rasanya penuh dan sepertinya enzym dari buah tertinggal di lidah menimbulkan rasa ... nggak bisa dijelaskan. Intinya nggak enak.

Tapi, namanya makin gede, saya sadar kalau pilih-pilih buah itu nggak baik. Mulai deh belajar makan buah. Nah, ini nih cara saya membiasakan diri makan buah.

Dibuat Salad

Sedikit mayonanes dan keju lumayan mengalihkan rasa begah di perut. Nah, kadang sih kalau dicampur yoghurt perut saya suka berontak, maklum lactose intolerance. Tapi mulut sih suka, suka banget malah. Apalagi kalau saladnya didinginkan di kulkas dan dikemas begini nggak ribet. Makasih +Fruizzy Salad ~




Dibuat Overnight Oats

Biasanya kalau ada apel atau pear atau anggur di rumah yang beberapa lama di kulkas, saya suka potong-potongin dan campur ke dalam oats yang sudah disiram dengan susu kedelai. Kasih sedikit bubuk cokelat, masukkan kulkas semalaman. Voila! Sudah jadi overnight oats.

Dibuat Smoothies

Smoothies favorit saya adalah campuran oats, pisang dan susu kedelai. Demi memaksa diri, saya masukkan beberapa potong apel ke dalamnya. Pastinya rasa pisangnya lebih dominan, tapi lumayanlah untuk tambahan nutrisi dari apelnya.

Dibuat setup

Nah, ini nih cuma berlaku pada tomat. Biasanya Mama saya suka potong-potongin tomat, campur dengan air jeruk nipis, beri sedikit gula. Simpan di kulkas. Rasanya super segar!

Di .. paksa!

Iya, kalau menurut saya sih harus dipaksa. Beli buah-buahan di swalayan dan bawa ke kantor untuk snack. Suka nggak suka, kalau adanya cuma buah ya dimakan aja hehehehe ...

Basically saya bukan picky eater sih. Tapi kondisinya adalah perut yang kurang bersahabat selepas makan buah. Mungkin awalnya tidak mudah, tapi sekarang lagi memaksa diri untuk rutin makan buah supaya lebih sehat dan jauh-jauh dari konsumsi obat. Wah ngomongin buah, saya jadi kangen makan pepaya diiris-iris, dikucurin jeruk nipis dan taburan gula nih :D

Punya tips makan buah? Boleh dong bagi-bagi sarannya di kolom komentar di bawah ini~

Terakhir nih ... Saya punya tebakan: Sebutkan 5 macam buah dalam 1 detik!

4 comments:

  1. yah gak usah pake trik aku mah udah doyan kak :D

    ReplyDelete
  2. wah biasanya orang yang ngga suka itu sayur, tapi memang ada sih yang kurang suka dnegan buah, hmm nice info kak :D

    ReplyDelete
  3. ahahah aku mah gausa pake trik gtuan udah doyan xD

    ReplyDelete
  4. Aku kok lebih suka buah ya dibanding sayur :D

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)