Tika And The Dissidents - Tubuhku Otoritasku

10:30:00 AM



Selama ini orang mengenal saya sebagai pribadi yang aktif sebagai kutu loncat. Punya banyak teman, sekalipun membuat batasan. Dengan paket tampilan yang tampak percaya diri, mungkin kamu nggak akan percaya kalau saya pernah membenci diri saya sendiri dan pernah menjadi sasaran bullying.

Perlu bertahun-tahun, bahkan hingga hari ini, untuk saya bisa memahami bahwa:

  • Nggak masalah punya lemak di perut
  • Lengan besar itu nggak akan bikin gajimu tiba-tiba dipotong kok
  • Pipi tembam itu nggak akan bikin aib keluarga
  • Rambut keriting yang berwarna coklat itu nggak akan bikin kamu jadi kelihatan seperti badut
  • Jadi perempuan yang gendut itu bukan dosa yang harus ditanggung oleh tujuh turunanmu kok
Semua yang saya sebutkan di atas, pernah saya dengar. Stigma-stigma itu pernah dengan sengaja dilekatkan kepada saya dengan canda tawa penuh kemenangan. Apa yang saya lakukan? Pagi itu saya menangis, merasa tidak berharga. Semua karya-karya yang pernah saya buat, semua lagu-lagu yang pernah saya nyanyikan ... tiba-tiba semuanya menguap, berganti dengan : "Oh jadi selama ini orang-orang melihat saya seperti itu?"

Hingga saya pernah berujar ke alm. Papa : "Pa, Winda pengen tattoo-an ya, ndek sini lho .. " (nunjuk lengan), " ... ben nantik lek orang ngomong lengen'e Winda gede, sisan ae tak pamerno tattooku sing apik ...". Saya sempat putus asa, bagaimana caranya bisa jadi orang yang percaya diri. Sungguh, pengen sekali bisa tampil di depan umum tanpa betis besar dan terlihat paling pendek di antara kerumunan. 

Saya tak ingin meminta pertanggungjawaban orang-orang yang pernah dengan sengaja mengolok-olok foto saya kok. Saya cuma ingin berbagi, bahwa ketika kamu atau nantinya kamu punya anak perempuan, tanamkan pada dirinya bahwa tubuhnya adalah haknya. Di luar karena masalah kesehatan, tidak ada satupun orang yang berhak berbicara buruk tentangnya, apalagi menimbulkan perasaan membenci tubuhnya sendiri. Menjadi diri sendiri, sepaket dengan keunikannya dan hak tubuhnya, tanpa perlu dihakimi.

Seperti kata Tika dalam lagu terbarunya: "Tubuhku, otoritasku .. Tanpa ijinku, kau tak masuk ke wilayahku."

Terimakasih sudah membuat lagu yang membuat hidup ini jadi lebih berarti, Mbak Tika :)

Baca Juga:
Apalah Arti Hari Perempuan Jika ...
Tentang Menghormati Tubuh Orang Lain, Gincu Dan Bagian Tubuh Terseksi

You Might Also Like

6 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia