Monday, March 7, 2016

Cara Cerdas Beli Baju Second Hand (Dan Barang Loakan Lainnya)

second hand shop

Di postingan saya sebelumnya "Cara Cerdas Punya Banyak Baju Tanpa Boros", saya sempat menyinggung tentang thrief store atau second hand store. Thrief store ini bahasa gayanya ... toko loakan. Saya yakin semua orang sudah tidak asing dengan toko second hand ini. Yang umum ada di setiap kota adalah toko loakan baju, dengan baju-baju yang tampak kusyut-kusyut seperti wajah kita kalau invoice nggak turun-turun hihihi ...

Ada orang-orang yang mungkin merasa risih dan gengsi membeli barang dari loakan. Jangankan sampai membeli, kelihatan masuk toko loakan saja mungkin malu. Kesannya: beli barang bekas, kayak nggak mampu beli barang baru aja. Kenyataannya kalau saya ... sayang duitnya :( *elus-elus celengan pitik*. Lagipula, sepertinya nggak ada juga orang yang akan menarik tag baju hanya karena ingin tahu kita beli baju di mana dan merknya apa~

Zooey Deschanel aja, suka berburu baju vintage di toko loak, lantas mengapa saya yang hanya Winda Carmelita ini merasa gengsi? :))

Padahal, setelah saya menjelajah beberapa toko loakan baju bekas di Malang dan Kediri, justru toko-toko ini bagaikan harta karun yang ... amazing! Ini masih tentang baju ya, belum lagi kalau loakan tas. wah, bisa ngiler nggak habis-habis. Apalagi kalau toko loakan buku atau kaset atau vinyl, mungkin saya nggak bakal mau pulang harus digeret-geret dulu hehehe ..

Pengalaman membeli barang di loakan ini mengantarkan saya menemukan barang-barang yang oke punya dengan harga yang ... uhwaoh! Misalnya:

  • Tas clutch bag klasik warna hitam dengan aksen emas. Ini saya temukan di Kediri. Harganya? Rp. 10 ribu saja. Udah berasa kaya Audrey Hepburn kalau pakai ini. 
clutch bag
Clutch bag ini harganya Rp. 10 ribu ! | Image taken by Winda Carmelita

  • Jaket parka tebal dengan kondisi sehat walafiat tanpa cacat sedikitpun. Cukup selembar uang hijau alias Rp. 20 ribu untuk menebusnya.
  • Rok klasik berenda-renda macam punya Julie Andrews ini cuma bermodal Rp. 15 ribu.
  • Kaset Emerson, Lake and Palmer ini cukup langka. Berhasil saya boyong ke rumah dengan harga Rp. 25 ribu saja.
Emerson, Lake and Palmer
Emerson, Lake and Palmer | Image taken by Winda Carmelita
Membeli barang-barang di loakan memang tricky, khususnya kalau mau membeli baju. Saya punya tips nih kalau mau berburu baju di loakan:


  • Perhatikan resleting dan kancingnya. Coba-coba dulu, lihat apakah kancingnya lengkap dan resletingnya nggak macet.
  • Cek baik-baik setiap jahitan dan apakah ada lubang di bajunya. Kalau nggak ada, udah iyain aja.
  • Kalau di Malang, Rp. 20 ribu bisa lho dapat jaket parka. Range harganya yang wajar sih menurut saya sekitar Rp. 5 ribu - Rp. 25 ribu, itu masih bisa ditawar. Syukur dapat Rp. 10 ribu 3 baju 'kan?

Teman saya bahkan pernah dapat baju-baju flanel ala-ala Kurt Cobain hanya Rp. 10 ribu dan yang paling ngiler itu, jaket kulit asli super kece cuma Rp. 75 ribu!

Karena kita nggak tahu asal-usulnya baju-baju ini, sangat disarankan untuk mencucinya dengan serius. Biasanya saya mencucinya 3 tahap:

  1. Pertama, dicuci menggunakan air panas mendidih dan tambahkan cairan disinfektan. Biar kuman-kumannya mati. Diamkan 10-15 menit.
  2. Kedua, buang air cucian pertama. Ganti dengan air panas lagi untuk kedua kalinya. Rendam menggunakan detergen semalaman.
  3. Ketiga, buang air cucian kedua. Cuci seperti biasa.

Lalu, jemur di bawah terik sinar matahari yang lagi panas-panasnya. Ada juga yang menyarankan untuk dikelantang supaya kuman-kumannya ngacir maksimal. Setelah kering, disetrika yaaa .. Selain agar lebih bersih, supaya bentuk bajunya lebih 'kelihatan'. 'Kan abis diuntel-untel di karung di loakan, lalu dicuci, diperas ... kebayang dong 'penyiksaannya' terhadap baju itu x))

Lalu, untuk barang-barang lain selain baju, pada dasarnya sama. Harus dicoba dulu detil-detilnya. Kalau ada cacat yang masih bisa dibetulkan sedikit, bolehlah. Kalau cacatnya banyak sekali, tinggalin aja (kecuali diberinya gratis atau bonus).

Berikut ini loakan di Malang yang bisa kamu jelajahi.

Baju, Jaket, Celana

  • Sepanjang Jalan Tenaga (belakang Bakso President)
  • Sepanjang Jalan L.A Sucipto, sebelum gapura.
  • Daerah Jalan I.R Rais, Mergan menuju ke Pasar Kasin
  • Sepanjang Pasar Comboran.


Kaset

  • Pak Atim, Stadion Gajayana Malang (di sini juga ada beberapa lapak lainnya). Buka di atas jam 18.00, lokasinya di dekat patung TRIP.
Pak Atim juga punya Instagram kok, cuss ke sini ya.



Buku

  • Pasar Buku Velodrome, Sawojajar.


Alat-alat Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif

  • Pasar Comboran


  • ROMA alias ROmbengan MAlam, yang bukanya hanya malam hari. Di sini apa aja ada, mulai dari sepatu, baju sampai handphone :)). Lokasi: Sepanjang Jalan Gatot Subroto alias Jodipan.


Barangkali ada yang mau menambahkan list ini, atau punya pengalaman beli barang loakan yang oke punya?

13 comments:

  1. ROMA,duh..dulu sering jalan2 kesitu hahaha....
    selama tinggal di batam belum perah beli baju seken,seringnya beli barang elektronik dan perkakas rumah tangga^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya ya Mak, orang yang pernah tinggal di Malang pasti tau sama ROMA :))

      Delete
  2. Ribet juga ya... mangkanya gue rada males beli baju bekas. Tapi kalo yang lainnya semisal buku, tas, hape dan semacamnya masih mau buat beli yang bekas. Heheh

    Salam kenal sebelumnya, salam blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyups, harus telaten memang. Salam kenal :)

      Delete
  3. Aku dulu suka beli baju bekas pas di Palembang, tapi sekarang penjualnya makin berkurng n harganya makin mahal. Sekarang susah impor kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena dibatasi sama pemerintah Mak. Iya kadang kalo ngga pinter2 emang kerasa mahal meski sebetulnya harganya cuma 20ribuan sih hihih

      Delete
  4. Saya pernah beli barang second, tapi di OS. Pernah dapat baju yg dijual murah tapi sbnrnya masih baru. pemiliknya keburu hamil jd bajunya gk muat lagi lalu dijual deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah biasanya memang gitu ya, karena ngga muat lagi ;)

      Delete
  5. Haih, baru tau kalau di Malang ada pasar loakan, Mbak...kalau baju kayaknya belum berani beli loakan tapi menggunakan baju second turunan dari ibu, bude sudah biasa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu aman .. ngga perlu susah2 cuci2 pula ;)

      Delete
  6. Mbak win, sadar gak ada yang namanya jalan menghianati di peta yang samean post. Aku gagal fokus. hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUahahahha aku ya baru sadar !! Baru tau malah ada jalan itu gara2 kamu ngomong ini :))

      Delete
  7. kalo ke bandung tak anter ke Gedebage, wuihh surga baju2 bekas kualitas impor.. paling terkenal di bandung dah

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)