Tuesday, May 31, 2016

Cara Membedakan Bakso Sapi Dengan Bakso Babi

cara membedakan bakso babi bakso sapi
Image taken from pixabay.com

Gimana sih cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi?
Saya sering banget ditanyain tentang bagaimana cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi. Bukan karena saya punya expertise dalam bidang kuliner sih, tapi lebih ke arah karena saya pemakan segala hehehe .. Terutama saya yang notabene suka makan kuliner per-babi-an dan lumayan suka ngebir. Cocok banget dua kombinasi itu.

Well, sebetulnya kalau ditanyain seperti itu, yang bisa kasih jawaban memang orang yang pernah makan daging babi. Karena rasanya pasti berbeda. Jangankan rasa, aromanya pun berbeda.

Nah, karena sekarang banyak pedagang bakso yang 'nakal', menyimpangkan label HALAL padahal pakai olahan yang terbuat dari daging babi, jadi saya mau berbagi tips cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi, menurut sepengetahuan saya yaaa :

AROMA 

Aroma bakso daging babi itu beda lho. Kalau masuk ke resto yang khusus jual bakso babi, pasti akan terasa ada aroma 'amis'-nya lemak. Beda dengan amis-nya ikan lho. Sementara kalau bakso sapi 'kan umumnya lemaknya tidak berbau amis.

WARNA 

Bakso daging babi dan sapi akan terlihat perbedaannya saat kita mengirisnya. Bakso daging babi dalamnya akan berwarna sedikit merah muda. Kalau baksonya adalah bakso kasar, lebih kelihatan lagi karena serabut-serabut dagingnya berwarna putih kemerah-mudaan. Sementara bakso daging sapi, warnanya lebih merah kecoklatan atau merah keabu-abuan. 

TEKSTUR

Tekstur bakso babi lebih lembut dan berminyak. Kerasa kok kalau diiris. Nah, kalau bakso sapi lebih kerasa 'kress'nya. Ini kalau bakso sapinya murni daging sapi lho ya, nggak pakai kanji. Kalau pakai kanji mah, beda cerita. 

Pada beberapa rumah makan, memang sih baksonya bakso sapi. Tapi kuahnya itu ada campuran lemak babinya. Lha ya 'kan sama aja ya? Jadi ciri-cirinya bakso yang kuahnya lemak babi itu sebetulnya akan tercium dari aromanya yang beraroma lemak tajam. Aroma lemaknya aja kerasa, apalagi kalau dirasakan ya? Hehehe ..

Baca Juga:

Memang untuk mengasah kemampuan membedakan bakso sapi dengan bakso babi ini nggak gampang. Saya aja masih sering sliwer, ya tapi karena boleh makan keduanya, jadi saya tidak mempermasalahkan. Menurut saya sih, kalau memang menjual bakso babi ya tidak apa-apa secara jujur ditulis saja bahwa makanan tersebut mengandung babi. Toh, keduanya juga sama-sama punya segmen peminat yang berbeda. Daripada mengelabui konsumen, ya nggak?

Nah, itu dia tips membedakan bakso sapi dengan bakso babi dari saya. Barangkali saya ada yang lupa nulis di atas, monggo komen di kolom komentar ya Gaes. Sudah, saya tak nyari sego padang dulu, karena makan bakso babi terus bikin nggak sehat ... di kantong hehehe ...

40 comments:

  1. Aku jane bukan orang yang anti banget makan babi *walau dilarang di agamaku xD. Tapi entahlah, aku jijik.. Keinget hidupnya si babi itu. Dan akhirnya bersyukur agamaku ngelarang, jadi bisa nolak kalau ada temen ngajak makan x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Preferensi masing-masing orang sih ya :)
      Teman2ku yang secara agama tidak dilarang makan babi juga ada yang ga doyan karena faktor kesehatan hehehe ..

      Delete
  2. Wah thanks infonya mbak, jadi bisa bedain nih jangan sampai salah makan

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali tipsnya, terutama bagi yang dalam ajaran agamanya melarang makan babi. thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga infonya berguna Mbak Annisa ^^

      Delete
  4. Info yang berguna nih buat saya yang ngga boleh makan daging babi. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Dey, semoga bermanfaat yaa :)

      Delete
  5. babi itu lucu lho. mengingat pernah berjam2 nyetir di belakang truk pengangkut babi. warnanya pink2 dengan buntut yang kruwel2.

    ga semua babi selama hidupnya begijikan makan sampah. di beberapa negara malah diternakkan dengan kenyamanan bagi si babi. kenapa babi di indonesia enak? katanya karena ya makannya kebanyakan yg sampah gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, babi di luar negeri sistem pemeliharaannya computerized .. (mbok .. kok kesannya kaya Robopork :)) ). Tapi iya se mbaik, babi lucu lho, yang bayi2 ya lucu. Bayi babi :3

      Delete
  6. Makasih mbak winda sharingnya...bermanfaat sekali bagi aku yg nggak tau bedanya antara bakso sapi dan bakso babi

    ReplyDelete
  7. Rasa nya gimana mba cara ngebedakn rasa daging sapi dan babi? Kalau masalah warna, aku sendiri gak tau warna daging babi sudah masak. Tapi kalau daging sapi iya tuh, merah keabuabuan kalau udah mateng :)

    ReplyDelete
  8. Lebih aman kalau masak sendiri ya... Bukan babi lagi, ada juga tukang bakso yang pakai daging tikus.

    ReplyDelete
  9. wah makasih tipsnya mba... ibu saya nih yg suka ga percayaan sama label halal, jd biar tetap bisa bedain sendiri ya...

    ReplyDelete
  10. Makasih sharing-nya ya mba.. sgt bermanfaat :)

    ReplyDelete
  11. Waduh kudu ekstra hati2 buat aku yg demen bngt makan baso n ga boleh makan daging babi. Makasih infonya mba :)

    ReplyDelete
  12. Bener banget, paling mudah memang dilihat dari daging bakso yang dalamnya terlihat pink. Namun yg repot kalo bakso sapi dan kuahnya babi saya masih bingung membedakannya.

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat mbak postnya bagi para penikmat makanan dengan bahan dasar daging sapi yang digiling dan dibentuk bulat ini...
    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  14. mantap banget....
    bener-bener artikel yang sangat bermanfaat, memang kita terkadang sering bingung untuk bedain antara daging babi, dan sapi

    ReplyDelete
  15. Thanks for sharing Mba', semoga nggak keliru kalo ke warung bakso.. :)

    ReplyDelete
  16. makasih infonya mbak :).. aku sendiri, sepengetahuan aku ya blm prnh makan daging babi, ga tau ya kalo sampe dikibulin penjualnya ;p.. moga2 sih gak.. jd kalo ditanya cara bedain ya bener2 blank buta ga tau samasekali :D. slama ini kalo traveling ke negara yg mayorita bukan muslim aja, kita slalu minta dibikinin kertas dlm bhs lokal negaranya, kalo kita ga bisa makan babi. biasanya sih penjualnya abis baca itu kertas dia bkl ngasih tau yg mana aja yg mengandung babi. tapi masalah piringnya, kualinya bekas si babi, ya sudahlah yaa :D

    ReplyDelete
  17. Makasih infonya, mba winda. Sangat bermanfaat. Dan benar tuh, kenapa sih harus mengelabui orang dalam berdagang. Kan segmen pasarnya beda. Tega banget..

    Btw yg parah klo dicampur, mba. Oplosan. Kan parah tuh. Gimana ya bedainnya..

    ReplyDelete
  18. wah, saya terharu mbak Winda post begini. Makasih banget ya mbak sharingnya :)

    www.bulirjeruk.com

    ReplyDelete
  19. berguna nemen gan! pengetauanku bertambahhh dan bis amnejawab pertanyaan orang oraaang

    ReplyDelete
  20. waa.. ini bermanfaat banget.. thanks mbak :)

    ReplyDelete
  21. Makasih Win tipsnya, ini berguna bagiku yang dilarang makan babi.
    Aku pernah pas pulang dari Blitar, barengan ama truk dan pick-up yang mengangkut babi. Badannya montok dan warnanya putih-putih pink gitu dan aku sama istriku langsung speechless he3

    ReplyDelete
  22. Bakso babi sepertinya belum pernah makan deh, kalo bakwan goreng sering makan dibuatin mama mertua. Aku takutnya kalo makan bakso ternyata daging tikus, duh kan ngeriii.

    ReplyDelete
  23. Wah bermanfaat banget nih mba info tentang perbedaan bakso bibi dan sapi. Baru tau cara ngebadaiinnya.

    ReplyDelete
  24. Aku belom pernah makan bakso babi, jadi ngga ngerti bedainnya juga, tapi yang paling jelas itu kalo ngebedain mie yang pake minyak babi dengan yang ngga, rasanya kentara banget bedanya ^^

    ReplyDelete
  25. Informasi yang sangat bagus. Sehingga kita mampu membedakan dan hati2 dg penjual yg 'nakal'.

    ReplyDelete
  26. Hihihihi, mungkin ngga banyak yang tau klo babi yang untuk konsumsi masal itu dirawat dengan baik, ngga main lumpur, dan mandi tiap hari. Ak pernah ke peternakan babi di daerah Jak-Bar. Babinya bersihhhhh dan gedekkkkkkkkk *ngok - ngok. Ngga tega sih klo inget, tp kalau udah di pikir mendadak amnesia hihihihihi.

    ReplyDelete
  27. Thanks info nya mbak, wajib di bookmark ini..:-)

    ReplyDelete
  28. Makasih infonya Mba Winda.. Penting infonya buat saya. Suka sama bakso soalnya.

    ReplyDelete
  29. Info penting nih mbak, selaku aku suka banget makan bakso :D

    ReplyDelete
  30. Ngeri bgt yaa denger ada kejadian daging oplosan.untung baca postingan menarik ini,tengkyu non Winda๐Ÿ˜€๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  31. Makasih banyak infonya mba Wind.. Bermanfaat sekali.

    Bener banget ya, harusnya penjualnya jujur klo memang menggunakan babi, bukan malah bilang 100% daging sapi

    ReplyDelete
  32. Makasih penjelasanya mba soalnya saya pencinta baso jadi bisa membedakan baso mana yang menggunakan daging sapi dan daging yang dilarang oleh agamaku

    ReplyDelete
  33. Jadi inget bakso tikus, thank you mbak infonya :)


    https://isthiutamid.blogspot.co.id/2016/07/isthi-sweet-seventeen-giveaway.html

    ReplyDelete
  34. Wah izin share mba karena pastinya ini sangat berguna banget bagi orang yang beragama islam karena di haramkan konsumsi daging babi :-)

    ReplyDelete
  35. duhh sulit bedain memang...aku aja selaluuu bingung, palai hati kalau au, bila hatiku ragu, batal beli...

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)