Cara Membedakan Bakso Sapi Dengan Bakso Babi

3:31:00 PM

cara membedakan bakso babi bakso sapi
Image taken from pixabay.com

Gimana sih cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi?
Saya sering banget ditanyain tentang bagaimana cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi. Bukan karena saya punya expertise dalam bidang kuliner sih, tapi lebih ke arah karena saya pemakan segala hehehe .. Terutama saya yang notabene suka makan kuliner per-babi-an dan lumayan suka ngebir. Cocok banget dua kombinasi itu.

Well, sebetulnya kalau ditanyain seperti itu, yang bisa kasih jawaban memang orang yang pernah makan daging babi. Karena rasanya pasti berbeda. Jangankan rasa, aromanya pun berbeda.

Nah, karena sekarang banyak pedagang bakso yang 'nakal', menyimpangkan label HALAL padahal pakai olahan yang terbuat dari daging babi, jadi saya mau berbagi tips cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi, menurut sepengetahuan saya yaaa :

AROMA 

Aroma bakso daging babi itu beda lho. Kalau masuk ke resto yang khusus jual bakso babi, pasti akan terasa ada aroma 'amis'-nya lemak. Beda dengan amis-nya ikan lho. Sementara kalau bakso sapi 'kan umumnya lemaknya tidak berbau amis.

WARNA 

Bakso daging babi dan sapi akan terlihat perbedaannya saat kita mengirisnya. Bakso daging babi dalamnya akan berwarna sedikit merah muda. Kalau baksonya adalah bakso kasar, lebih kelihatan lagi karena serabut-serabut dagingnya berwarna putih kemerah-mudaan. Sementara bakso daging sapi, warnanya lebih merah kecoklatan atau merah keabu-abuan. 

TEKSTUR

Tekstur bakso babi lebih lembut dan berminyak. Kerasa kok kalau diiris. Nah, kalau bakso sapi lebih kerasa 'kress'nya. Ini kalau bakso sapinya murni daging sapi lho ya, nggak pakai kanji. Kalau pakai kanji mah, beda cerita. 

Pada beberapa rumah makan, memang sih baksonya bakso sapi. Tapi kuahnya itu ada campuran lemak babinya. Lha ya 'kan sama aja ya? Jadi ciri-cirinya bakso yang kuahnya lemak babi itu sebetulnya akan tercium dari aromanya yang beraroma lemak tajam. Aroma lemaknya aja kerasa, apalagi kalau dirasakan ya? Hehehe ..

Baca Juga:

Memang untuk mengasah kemampuan membedakan bakso sapi dengan bakso babi ini nggak gampang. Saya aja masih sering sliwer, ya tapi karena boleh makan keduanya, jadi saya tidak mempermasalahkan. Menurut saya sih, kalau memang menjual bakso babi ya tidak apa-apa secara jujur ditulis saja bahwa makanan tersebut mengandung babi. Toh, keduanya juga sama-sama punya segmen peminat yang berbeda. Daripada mengelabui konsumen, ya nggak?

Nah, itu dia tips membedakan bakso sapi dengan bakso babi dari saya. Barangkali saya ada yang lupa nulis di atas, monggo komen di kolom komentar ya Gaes. Sudah, saya tak nyari sego padang dulu, karena makan bakso babi terus bikin nggak sehat ... di kantong hehehe ...

You Might Also Like

41 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia