Cara Membedakan Bakso Sapi Dengan Bakso Babi

cara membedakan bakso babi bakso sapi
Image taken from pixabay.com

Gimana sih cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi?
Saya sering banget ditanyain tentang bagaimana cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi. Bukan karena saya punya expertise dalam bidang kuliner sih, tapi lebih ke arah karena saya pemakan segala hehehe .. Terutama saya yang notabene suka makan kuliner per-babi-an dan lumayan suka ngebir. Cocok banget dua kombinasi itu.

Well, sebetulnya kalau ditanyain seperti itu, yang bisa kasih jawaban memang orang yang pernah makan daging babi. Karena rasanya pasti berbeda. Jangankan rasa, aromanya pun berbeda.

Nah, karena sekarang banyak pedagang bakso yang 'nakal', menyimpangkan label HALAL padahal pakai olahan yang terbuat dari daging babi, jadi saya mau berbagi tips cara membedakan bakso sapi dengan bakso babi, menurut sepengetahuan saya yaaa :

AROMA 

Aroma bakso daging babi itu beda lho. Kalau masuk ke resto yang khusus jual bakso babi, pasti akan terasa ada aroma 'amis'-nya lemak. Beda dengan amis-nya ikan lho. Sementara kalau bakso sapi 'kan umumnya lemaknya tidak berbau amis.

WARNA 

Bakso daging babi dan sapi akan terlihat perbedaannya saat kita mengirisnya. Bakso daging babi dalamnya akan berwarna sedikit merah muda. Kalau baksonya adalah bakso kasar, lebih kelihatan lagi karena serabut-serabut dagingnya berwarna putih kemerah-mudaan. Sementara bakso daging sapi, warnanya lebih merah kecoklatan atau merah keabu-abuan. 

TEKSTUR

Tekstur bakso babi lebih lembut dan berminyak. Kerasa kok kalau diiris. Nah, kalau bakso sapi lebih kerasa 'kress'nya. Ini kalau bakso sapinya murni daging sapi lho ya, nggak pakai kanji. Kalau pakai kanji mah, beda cerita. 

Pada beberapa rumah makan, memang sih baksonya bakso sapi. Tapi kuahnya itu ada campuran lemak babinya. Lha ya 'kan sama aja ya? Jadi ciri-cirinya bakso yang kuahnya lemak babi itu sebetulnya akan tercium dari aromanya yang beraroma lemak tajam. Aroma lemaknya aja kerasa, apalagi kalau dirasakan ya? Hehehe ..

Baca Juga:

Memang untuk mengasah kemampuan membedakan bakso sapi dengan bakso babi ini nggak gampang. Saya aja masih sering sliwer, ya tapi karena boleh makan keduanya, jadi saya tidak mempermasalahkan. Menurut saya sih, kalau memang menjual bakso babi ya tidak apa-apa secara jujur ditulis saja bahwa makanan tersebut mengandung babi. Toh, keduanya juga sama-sama punya segmen peminat yang berbeda. Daripada mengelabui konsumen, ya nggak?

Nah, itu dia tips membedakan bakso sapi dengan bakso babi dari saya. Barangkali saya ada yang lupa nulis di atas, monggo komen di kolom komentar ya Gaes. Sudah, saya tak nyari sego padang dulu, karena makan bakso babi terus bikin nggak sehat ... di kantong hehehe ...

Komentar

  1. Wah thanks infonya mbak, jadi bisa bedain nih jangan sampai salah makan

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali tipsnya, terutama bagi yang dalam ajaran agamanya melarang makan babi. thanks :)

    BalasHapus
  3. Info yang berguna nih buat saya yang ngga boleh makan daging babi. Makasih.

    BalasHapus
  4. babi itu lucu lho. mengingat pernah berjam2 nyetir di belakang truk pengangkut babi. warnanya pink2 dengan buntut yang kruwel2.

    ga semua babi selama hidupnya begijikan makan sampah. di beberapa negara malah diternakkan dengan kenyamanan bagi si babi. kenapa babi di indonesia enak? katanya karena ya makannya kebanyakan yg sampah gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, babi di luar negeri sistem pemeliharaannya computerized .. (mbok .. kok kesannya kaya Robopork :)) ). Tapi iya se mbaik, babi lucu lho, yang bayi2 ya lucu. Bayi babi :3

      Hapus
  5. Makasih mbak winda sharingnya...bermanfaat sekali bagi aku yg nggak tau bedanya antara bakso sapi dan bakso babi

    BalasHapus
  6. Rasa nya gimana mba cara ngebedakn rasa daging sapi dan babi? Kalau masalah warna, aku sendiri gak tau warna daging babi sudah masak. Tapi kalau daging sapi iya tuh, merah keabuabuan kalau udah mateng :)

    BalasHapus
  7. Lebih aman kalau masak sendiri ya... Bukan babi lagi, ada juga tukang bakso yang pakai daging tikus.

    BalasHapus
  8. wah makasih tipsnya mba... ibu saya nih yg suka ga percayaan sama label halal, jd biar tetap bisa bedain sendiri ya...

    BalasHapus
  9. Makasih sharing-nya ya mba.. sgt bermanfaat :)

    BalasHapus
  10. Waduh kudu ekstra hati2 buat aku yg demen bngt makan baso n ga boleh makan daging babi. Makasih infonya mba :)

    BalasHapus
  11. Bener banget, paling mudah memang dilihat dari daging bakso yang dalamnya terlihat pink. Namun yg repot kalo bakso sapi dan kuahnya babi saya masih bingung membedakannya.

    BalasHapus
  12. Sangat bermanfaat mbak postnya bagi para penikmat makanan dengan bahan dasar daging sapi yang digiling dan dibentuk bulat ini...
    salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  13. mantap banget....
    bener-bener artikel yang sangat bermanfaat, memang kita terkadang sering bingung untuk bedain antara daging babi, dan sapi

    BalasHapus
  14. Thanks for sharing Mba', semoga nggak keliru kalo ke warung bakso.. :)

    BalasHapus
  15. makasih infonya mbak :).. aku sendiri, sepengetahuan aku ya blm prnh makan daging babi, ga tau ya kalo sampe dikibulin penjualnya ;p.. moga2 sih gak.. jd kalo ditanya cara bedain ya bener2 blank buta ga tau samasekali :D. slama ini kalo traveling ke negara yg mayorita bukan muslim aja, kita slalu minta dibikinin kertas dlm bhs lokal negaranya, kalo kita ga bisa makan babi. biasanya sih penjualnya abis baca itu kertas dia bkl ngasih tau yg mana aja yg mengandung babi. tapi masalah piringnya, kualinya bekas si babi, ya sudahlah yaa :D

    BalasHapus
  16. Makasih infonya, mba winda. Sangat bermanfaat. Dan benar tuh, kenapa sih harus mengelabui orang dalam berdagang. Kan segmen pasarnya beda. Tega banget..

    Btw yg parah klo dicampur, mba. Oplosan. Kan parah tuh. Gimana ya bedainnya..

    BalasHapus
  17. wah, saya terharu mbak Winda post begini. Makasih banget ya mbak sharingnya :)

    www.bulirjeruk.com

    BalasHapus
  18. berguna nemen gan! pengetauanku bertambahhh dan bis amnejawab pertanyaan orang oraaang

    BalasHapus
  19. waa.. ini bermanfaat banget.. thanks mbak :)

    BalasHapus
  20. Makasih Win tipsnya, ini berguna bagiku yang dilarang makan babi.
    Aku pernah pas pulang dari Blitar, barengan ama truk dan pick-up yang mengangkut babi. Badannya montok dan warnanya putih-putih pink gitu dan aku sama istriku langsung speechless he3

    BalasHapus
  21. Bakso babi sepertinya belum pernah makan deh, kalo bakwan goreng sering makan dibuatin mama mertua. Aku takutnya kalo makan bakso ternyata daging tikus, duh kan ngeriii.

    BalasHapus
  22. Wah bermanfaat banget nih mba info tentang perbedaan bakso bibi dan sapi. Baru tau cara ngebadaiinnya.

    BalasHapus
  23. Aku belom pernah makan bakso babi, jadi ngga ngerti bedainnya juga, tapi yang paling jelas itu kalo ngebedain mie yang pake minyak babi dengan yang ngga, rasanya kentara banget bedanya ^^

    BalasHapus
  24. Informasi yang sangat bagus. Sehingga kita mampu membedakan dan hati2 dg penjual yg 'nakal'.

    BalasHapus
  25. Hihihihi, mungkin ngga banyak yang tau klo babi yang untuk konsumsi masal itu dirawat dengan baik, ngga main lumpur, dan mandi tiap hari. Ak pernah ke peternakan babi di daerah Jak-Bar. Babinya bersihhhhh dan gedekkkkkkkkk *ngok - ngok. Ngga tega sih klo inget, tp kalau udah di pikir mendadak amnesia hihihihihi.

    BalasHapus
  26. Thanks info nya mbak, wajib di bookmark ini..:-)

    BalasHapus
  27. Makasih infonya Mba Winda.. Penting infonya buat saya. Suka sama bakso soalnya.

    BalasHapus
  28. Ngeri bgt yaa denger ada kejadian daging oplosan.untung baca postingan menarik ini,tengkyu non Winda😀😊

    BalasHapus
  29. Makasih banyak infonya mba Wind.. Bermanfaat sekali.

    Bener banget ya, harusnya penjualnya jujur klo memang menggunakan babi, bukan malah bilang 100% daging sapi

    BalasHapus
  30. Makasih penjelasanya mba soalnya saya pencinta baso jadi bisa membedakan baso mana yang menggunakan daging sapi dan daging yang dilarang oleh agamaku

    BalasHapus
  31. Jadi inget bakso tikus, thank you mbak infonya :)


    https://isthiutamid.blogspot.co.id/2016/07/isthi-sweet-seventeen-giveaway.html

    BalasHapus
  32. Wah izin share mba karena pastinya ini sangat berguna banget bagi orang yang beragama islam karena di haramkan konsumsi daging babi :-)

    BalasHapus
  33. duhh sulit bedain memang...aku aja selaluuu bingung, palai hati kalau au, bila hatiku ragu, batal beli...

    BalasHapus
  34. Kalo baksonya dijejer gitu paling aku bisa ngebedain tapi kalo sendiri sendiri ...huhuhu langsung ngeblank...

    BalasHapus

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer