Friday, July 29, 2016

Ngider di Malang Naik Ojek Baper

Ojek Baper | Images taken from instagram.com/ojekbaper
Yang namanya bertandang ke kota atau negara tetangga, yang pasti kita harus persiapan matang-matang deh. Khususnya urusan transportasi dan akomodasi. Mau ke mana, rutenya lewat mana, jauh atau dekat ... utamanya, transportasinya mau pakai apa. 

2 tahun yang lalu saya cukup sering ke Jakarta dan nggak ambil pusing sama transportasi karena sudah pasti saya naik taksi. Lha piye, saya udik gini mau naik Transjakarta atau Kopaja ya apa ngga nyasar tuh keburu meetingnya selesai hehehe .. Taksi jadi pilihan paling tepat kala waktu itu belum ada ojek online.

Kalau dipikir-pikir, benernya lebih enak naik ojek sih karena lebih praktis dan cepat menyelip-nyelip kala macet. Nah sekarang tuh Malang juga sering macet, jadi kalau ada keperluan yang jamnya mengikat, pikir-pikir deh antara: jangan naik mobil kalau ngga mendesak atau naik motor atau ojek saja. Apalagi saat weekend.

Beberapa waktu yang lalu, saya ada rencana mau ke Brawijaya Fashion Week di Taman Krida, di kawasan Soekarno-Hatta. Sejak perjalanan pulang dari kantor di kawasan Araya ke Galunggung, macetnya naudjubileh .. Ya maklum sih, weekend. Tapi macetnya itu bikin gemes karena di beberapa titik di Malang juga sedang mengadakan acara yang cukup menyedot crowd. Tumplek-blek lah.

Malas menggenjot motor, saya kepikiran naik ojek wae. Jadi saya nyobain order ojek pakai jasanya Ojek Baper. Di Malang sih ada beberapa jasa ojek yang bisa diorder via social media/messenger dan juga yang diorder via apps. Tapi karena yang populer Ojek Baper, saya pengen coba layanannya.

Saya ordernya via LINE account mereka, @ojekbaper dan langsung diberi petunjuk cara order sama Miminnya. Mendekati jam penjemputan, Miminnya kirim data rider plus nomor HP dan jenis motor yang dikendarai. Sempet ada kejadian nyasar gara-gara Google Mapsnya yang kacau sih. Tapi, orderan kedua dan selanjutnya, lancar jaya. Sampai dengan selamat di tujuan.

Kadang capek seharian di atas motor dengan jarak tempuh kantor-rumah plus ke mana-mana setelah jam kerja. Pengen disopirin sesekali. Jadi sore - malam ini saya diantar jemput sama @ojekbaper 😁 . Meski pakai drama ridernya nyasar jauh gara-gara Google Maps yang ... entahlah ... tapi ridernya Ojek Baper ini, asli, ramah-ramah dan murah senyum! Oh ya, mostly mereka adalah mahasiswa lho. Jadi mereka ngojek di sela-sela jam kuliah. Hebat 😊👏 . Ngeliat anak-anak muda yang kerja keras, nggak malu ngojek padahal tampilan keren-keren dan wangi, mau belajar cari uang sendiri dari pagi sampai malam, salut banget 😍 . . Yang di Malang atau pas lagi ke Malang, yang mau order makanan atau antar barang, mau diantar ke sana kemari tanpa ribet, boleh langsung order Ojek Baper aja via LINE : (@)ojekbaper -- pakai '@' ya 😊 . #malang #ojekmalang #travelling #jalanjalan #instadaily #instagood #wisatamalang
A photo posted by Winda Carmelita (@windacarmelita) on
Yang menyenangkan buat saya sih dari layanan Ojek Baper ini adalah:

Ridernya Ramah dan Suka Ngobrol

Buat saya ini poin plus. Diantar pergi dan pulang dengan 2 rider berbeda, dua duanya mau ngajak ngobrol dan cerita banyak hal. Dari ngobrol-ngobrol ini juga akhirnya saya tahu hampir sebagian besar rider Ojek Baper ini adalah mahasiswa yang bekerja untuk tambah-tambah uang jajan. Bahkan, dari cerita mereka bilang kalau sebetulnya orang tua mereka di perantauan nggak tahu mereka ngojek. Tapi karena pengen meringankan beban orang tua supaya nggak kirim-kirim uang jajan terus ke mereka, dilakonilah pekerjaan ini. 

Eh, ada sebutan khusus buat para ridernya, yaitu .... KAMEN BAPER! 

Adminnya Responsif

Sempat kejadian nunggu rider 1 jam-an nggak nyampai-nyampai, ternyata kesasar, adminnya responsif banget. Nggak perlu nunggu lama, mereka akan membalas dan terus mengkonfirmasi ke saya, di mana letak keberadaan ridernya. Saya sih sebetulnya nggak masalah, cuma kasihan aja karena nyasarnya jadi jauuuuh banget sama rumah saya. Blame Google Maps!

Telepon Nggak Akan Ditutup Duluan Oleh Rider

Jadi, saya baru tahu ada 'aturan' untuk para rider ini waktu saya dijemput dan langsung keburu-buru keluar rumah tanpa sempat memutus sambungan telepon ridernya. Si rider bilang ke saya, "Mbak, maaf, itu telepon saya tolong ditutup dulu." Hal kecil sih, tapi bagi saya ini penting karena menyangkut sopan santun :)

Nah, kalau kebetulan kamu lagi di Malang dan bingung cari ojek yang bisa antar ke sana-kemari, boleh tuh order Ojek Baper. Ini caranya:

1. Search LINE ID @ojekbaper (pakai '@' ya)
2. Isi format order di kolom chat : Nama, no hp, lokasi, tujuan, waktu order. 
3. Mau delivery? Bisa juga. Isi format ordernya seperti ini: nama, no. hp, lokasi cafe/warung/resto, detail pesanan, tujuan, waktu order.

Selain jasa ojek dan delivery makanan, Ojek Baper juga melayani kurir barang lho. Pastinya kalau mau kirim-kirim barang, jelasin dulu ke adminnya ya, karena ini berhubungan dengan mampu atau tidaknya si rider untuk bawa barang kamu sendirian. 

Sejauh ini sih, saya ngerasa cocok sama Ojek Baper. Meski sudah ada ojek-ojek lain yang ada di Malang, tapi saya ngerasa lebih aman dengan Ojek Baper ini. Sistemnya yang diorder lewat 1 pintu (admin), membuat customer jadi nggak was-was jika terjadi apa-apa dengan barangnya atau keselamatannya. Semuanya bisa disampaikan dan sepengetahuan adminnya 'kan.

Eh, ada lagi satu janji Ojek Baper buat customernya: ridernya pasti wangi dan cakep. Ehem~~ Ngomong-ngomong, ada yang bisa nebak nggak sih, apa singkatan BAPER pada Ojek Baper? Bukan 'bawa perasaan' lho ya, kalau itu mah kamu ajaaa :))


Ojek Baper
Line Account: http://line.me/ti/p/%40ojekbaper
Harga jasa: ditentukan oleh admin berdasarkan jarak tempuh


3 comments:

  1. semakin banyak ojeg online ya, tapi harsu dikelola dg profesional jadi gak ada acara nembak harga, kebut2an atau tampang yang sangar. Soalnya aku takut naik ojeg pangkalan yang suka ngebut dan minta uangnya melebihi seharusnya

    ReplyDelete
  2. dan aku samsek belom pernah cobain order transportasi roda 2 via online mb winda
    sometimes keknya ini dibutuhkan pas lagi terdesak di jalan deh hihi
    rekomendid banget soalnya ya servisnya

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)