Thursday, August 11, 2016

Butuh Stok? Ini Nih Makanan-Makanan Yang Bakal Tahan Lama Dibawa Merantau



Untuk sosis, ham dan bakso, pengawet makanan food grade dapatkan di Markaindo.co.id | Image taken from pixabay.com

Saya lagi seneng-senengnya lihat vlog-vlog di Youtube. Salah satu channel yang saya sukai itu adalah channelnya Almeida Kezia. Jadi, Eda dan suaminya, Romeo, tinggal di Anaheim, USA. Vlog mereka kebanyakan isinya belanja, masak, belanja, masak ... sesekali ada tutorial make up sih, tapi mostly mereka menunjukkan kegiatan sehari-harinya, yaitu masak! :))

Meskipun isi vlognya didominasi sama masak-memasak, saya tetap menontonnya dan excited setiap kali ada video baru. Soalnya saya suka kepo saat mereka berbelanja di supermarket di sana. Penasaran gitu, ternyata di sana ada cabe ijo yang mirip sama di Indonesia, tapi bukan cabe ijo segede-gede yang di pasar kita sih. Kalo ga salah cabe ijonya di sana diganti sama green jalapeno pepper gitu ...

Nah, setiap kali masak, Eda selalu bilang kalau dia kangen makanan Indonesia. Sampai-sampai kebanyakan video masak-masaknya pun masak makanan Indonesia lho. Mirip banget sama teman-teman kecil saya yang (dulunya) kuliah di luar negeri. Rata-rata mereka pasti kangen sama yang namanya sambal, apalagi sambal terasi.

Dulu setiap kali pulang kuliah, sekitar tahun 2009-2011-an, saya sering banget chattingan di YM sama temen saya namanya Febri (yang waktu itu kuliah di Aussie). Kita kalo chat macam nggak kenal waktu, dari siang sampai malam. Jadinya si Febri tau saya lagi makan siang apa sama makan malam apa :))
"Feb, bentar aku tak ambil makan dulu.""Kamu makan apa?""Balado terong.""Lhoooo, aku mauuu, aku suwe nggak makan sambel-sambelan."

Sebetulnya di Australia sana sih ada yang jual sambal Indonesia botolan, misalnya sambal Bu Rudy. Tapi tetap paling enak memang sambal yang fresh,daripada yang dimasukkan botolan. Apalagi kalau sudah dikemas gitu, sedikit banyak ada pengawet makanannya 'kan?


Abon sapi, salah satu bentuk makanan yang diawetkan dengan cara alami | Image taken from arabic.alibaba.com

Kebanyakan dari kita biasanya langsung 'ngeri' begitu mendengar kata 'pengawet' yang ditambahkan ke dalam makanan. Eh tapi sebetulnya pengawet makanan itu banyak jenisnya lho. Gak selalu yang berbahaya dan yang sering dibicarakan di program acara investigasi itu. Pengawet makanan ada yang alami, ada yang buatan. Makanan-makanan seperti terasi, ikan asin, selai, serundeng, kering tempe pun pakai pengawet makanan. Bedanya kalau makanan-makanan yang saya sebutkan ini diawetkan memakai bahan alami garam, gula pasir atau gula merah. Ketiga bahan ini merupakan bahan alami yang bisa mempertahankan kualitas makanan sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Makanya, kalau dari Indonesia pada balik ke negara masing-masing, teman-teman saya biasanya nyetok makanan-makanan ini untuk dibawa.

Selain pengawet makanan yang alami, ada juga yang diawetkan dengan menambahkan fosfat ke dalamnya. Produk fosfat dan keturunannya ini aman dikonsumsi kok, karena food grade. Biasanya yang banyak digunakan itu merk CFB Chemisce Fabrik Budenheim. Nah pengawet makanan food grade bisa didapatkan di Markaindo.co.id ya, biar nggak salah beli fosfat yang berbahaya.

Sebenarnya fosfat adalah komponen alami yang ada hampir pada semua jenis makanan. Yang saya baca dari sumber markaindo.co.id, memang benar sih, fosfat itu umum digunakan untuk pengembang dan emulsifier kue. Nah, untuk membeli fosfat atau pengawet makanan food grade bisa didapatkan di Markaindo.co.id. Tapi ingat, kalau mau pakai fosfat ini harus takarannya sesuai agar bisa diterima tubuh manusia, bukannya malah jadi racun.

Saya, yang notabene lidahnya nJowo banget, kadang ngebayangin kalau tinggal di luar negeri yang jauuuh banget, misalnya di Iceland, merana 'kali ya? Wong saya sukanya makan terasi, dicampur sama nasi putih :| Kira-kira, di Iceland, apa ada yang jual terasi?


6 comments:

  1. nasi sih kemungkinan besar ada... terasi kayaknya tipis harapannya :)))))

    ReplyDelete
  2. betul mba enggak kebayang tinggal diluar negeri bakalan kangen makan sambal terasi :D

    ReplyDelete
  3. hahahaha, ga kebayang kalo org lokal nyium bau terasi gimana reaksinya ya mbak.. blm tau mereka walo bau rasanya bikin nagih :D

    ReplyDelete
  4. Anak2ku paling suka abon hehe
    btw aku jd searching soal Almeida Kezia hehe
    TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Eh sambel bu rudy sudah sampai australia yaaaa, go international tuch sambel hahaha

    ReplyDelete
  6. kalo lagi males masak, bisa berguna juga ya mba kayak abon itu kan praktis :)

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)