Tuesday, August 30, 2016

Hal-Hal Yang Bikin Kangen Facebook Zaman Dulu


facebook
Facebook | Image taken from pcmagz.com

Tiba-tiba saja saya merasa bosan main social media. Hihihi. No reason needed sih. Sekedar bosan saja, apalagi sudah kenal social media sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Kayaknya temannya ya itu-itu saja, fiturnya ya kurang lebih sama. Entah mungkin perkembangan social media 10 tahun lagi seperti apa biar usernya yang seumur saya ke atas ini, masih tetap mau ngikutin perkembangannya (kecuali karena tuntutan kerja).

Ngomong-ngomong soal social media, menurut saya yang perkembangannya cukup bagus sih memang Facebook. Daripada Friendster yang langsung mati seketika saat Facebook hadir. Meski ada Instagram, Twitter, Path, Facebook masih tetap berjaya.

Tapi memang Facebook udah beda jauh saat awal-awal keluar dulu ya. Sekitar 3-4 tahun yang lalu, yang lagi ngetren adalah jualan lewat Facebook. Segala rupa orang di tag di album-album jualan. Kalau ngga diapprove, langsung kirim message. Kukira abal-abal, eh ternyata akun online shopnya temen :))

Sekarang kenal sama Facebook udah sampai tahapan ikutan workshopnya sama Ken Teh, saben hari ngeliatin insight, Facebook jadi ndak sama lagi di mata saya :"D Tapi ya berkat Facebook dan kawan-kawannya sih, saya dulu mendapatkan pekerjaan pertama saya di dunia social media.

Ada hal-hal yang saya kangenin sih dari Facebook zaman dulu, waktu awal-awal main sekitar tahun 2008-an. Misalnya ...

Ingatlah ini, bahwa kita semua pernah alay. Wtf is FCBK? | Image by Winda Carmelita

 

Kangen Lempar-Lemparan Food Fight

 

Zaman dulu, diem-diem akses Facebook dari laptop di sekolah, hanya karena penasaran siapa yang hari itu ngelemparin saya pake burger, hot dog, cake dsb. Iya, zaman itu ada apps di Facebook yang namanya Food Fight buat mainan lempar-lemparin orang secara virtual pake makanan. Eh, ada juga yang pakai snowball sih. Saya seneng banget ngelemparin orang yang baru join Facebook trus nggak ngerti sama mainan ini. Ya mungkin cuma mainan Food Fight aja yang kita gak bakal dimarahin orang karena ngelemparin makanan :')

Bikin Stiker Angkot, Kirimin Indomie Aneka Rasa ke Temen

 

Aku lupa ini namanya apa ya? Apps? Bukan kayanya. Jadi Facebook pada masa itu bisa kirim-kirimin stiker angkot, kirim-kirimin Indomie ke temen. Semacam "gift" kalo ga salah namanya. Ah, ini aku lupa-lupa inget. Pokoknya seru sih. Giftnya banyak banget lah, gak cuma kirim stiker angkot sama Indomie ke wall temen. Saya bisa ngabisin seharian cuma untuk browsing mau kirim gift apa ke temen-temen Facebook saya. Gak penting banget ya? Maklum anak eSeMA ._. Mungkin kalau fitur virtual gift ini ada lagi, kalian bakal pusing ngeladenin saya soalnya saya kitsch alias norak :))

Kangen Wall-to-Wall

Sisa kenangan masa alay dulu | Image by Winda Carmelita
Dulu ituuuu, wall-wall-an sama temen udah kayak kirim message dipindah ke timeline aja. Bisa membabi-buta, sekali kirim wall banyak banget. Padahal lho, bisa dibaca orang lain yang sama-sama berteman dengan kami :)) Trus dulu itu kaya bisa ngintip isi wall-to-wall-annya teman kita sama siapa, pakai fitur "See Wall-to-Wall". Percayalah, pada masa itu ngintipin wall-to-wall-an sama temen kita bisa ngalah-ngalahin stalking akun gosip masa kini di IG. Dari manggut-manggut trus kesel, trus manggut-manggut lagi, trus cemburu ... dan seterusnya.

Kangen Dicolek

 

... alias dipoke. Ini asli signature feature-nya Facebook banget. Kalo di-poke temen saya sukanya nge-poke balik beberapa kali soalnya saya orangnya kompetitif :))

Update status ga penting karena "Winda is ... " 

 

Teruuus, siapa yang peduli? | Image by Winda Carmelita
... bukannya "What's on your mind?". Hihihi. Ada yang sadar nggak sih sama pergantian ini. Gara-gara command "[Your name] is .." ini, saya jadi suka apdet-apdet yang nggak penting macam "Winda is makan kerupuk rite now" atau "Winda is sapu-sapu latar". Like wtf, sapa juga yang peduliiii kamu mau makan kerupuk, mau kayang, mau tepokin pantat kuda, Wiiind :))

Notification Yang ... Uhm, Annoying

 

Sekarang mah sistem notifikasinya Facebook adalah mengelompokkan notifikasi dari post yang sama. Jadi nggak bejibun. Duluuuuu ya, notifikasi bisa sampai meledak, apalagi setelah ngetag foto kelulusan angkatan. Isinya orang buanyaaak, komennya juga banyak. Nggak terorganisasi banget, ngejembreng sampe bikin pusing yang baca. But, somehow, I miss that moment :)


Hmm, kayaknya banyak sih kenangan dan rasa kangen sama Facebook zaman dulu, waktu masih belum dibisnisin pake ads kayak sekarang dan isinya belum banyak bigot-bigot yang suka ngeshare berita ngawur. Kalo kamu, apa yang kamu kangenin dari Facebook zaman dulu?

17 comments:

  1. Kangen mantan pacar Wind...dulu pacarannya di facebook 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  2. online shop sekarang rata2 pake instagram ya...

    ReplyDelete
  3. wall to wall~~~ Mana aku jarang pake FB sekarang >< tapi notif yg dulu emang nyebelin sih ==;

    ReplyDelete
  4. Wah, saya anak abad 21. Jadi, pas FB baru-baru muncul, mah, saya baru bisa lari-lari kecil, kali ya. Rasa penasaran saya terhadap FB zaman dulu akhirnya terjawab oleh postingan ini.

    #ceritanyablogwalking

    Salam kenal, wuehehehehehe.

    ReplyDelete
  5. jadi inget jaman SMA mbak, pertama kali kenal FB. dulu mah mainnya FS yah, eh FB berjaya, FS langsung gulung tikar.
    Dulu tuh yang namanya colek terus main game di FB jadi rutinitas. Terus sok-sokan pake status dengan logo BB lah, warteg lah, hahahaha.. banyak yah kenangan dulu, jadi kangen

    ReplyDelete
  6. Ugh, facebook zaman duluu kangen deh. Bebas sesuka hati mau apdet alay hahaha. Aku sekarang ga pernah buat status di fb. Haha jaim

    ReplyDelete
  7. Yg bikin FB skrng nyebelin krn bnyk hoax seliweran sala satunya ya mbak hehe
    Eh paling suka juga dulu jaman poke-pokean hehe

    ReplyDelete
  8. Hahahaha yang nge-poke nih ngangenin banget, pas kepo pesbuknya gebetan nggak sengaja kepencet. Duileeeh brasa pengen ngilang setaun dulu dari fcbk :))))

    ReplyDelete
  9. Kentang dan kacang itu siapa? Alay banget, ya..

    ReplyDelete
  10. Tapi aku kesel kalau ada yang jualan tapa ijin dan jualannya nggak bener di fb aku. Tapi facebook menbuat yang jauh jadi dekat mba :)

    ReplyDelete
  11. sekarang di fb seringnya seliweran meme sindir2an dia yang riya' atau aku yang ujub...jadinya tiap mau update status ga jadi deh...hehehe

    ReplyDelete
  12. Tahun berapa ya aku buat akun FB, lupaaa, mungkin sekitar th 2007 an. Awal fb an dulu itu sering kirim-kiriman bunga, bunganya bisa tumbuh semakin gede, lupa juga apa itu namanya hahaha.

    ReplyDelete
  13. wahh, saya join facebook aja udah gak ada yang namanya lempar2an makanan.. kalo ada pasti udah kenyang deh hehe

    ReplyDelete
  14. bener tuh, tampilan facebook yang dulu memang memberikan tersendiri bagi setiap penggunanya

    ReplyDelete
  15. facebook yang lama identik dengan status2nya dengan kalimat yang singkat dan aneh. kalo sekarang sih dibilangnya alay

    ReplyDelete
  16. eh ya bener... aku kesel sama sistem notifikasi yang ada di facebook jaman sekarnag. enakan yang dulu. dan aku juga kehilangan isi status teman yang aku pingin baca.. masa ya sekarang status teman yang baru kita aprrove yang muncul, tapi teman lama malah nggak muncul lagi di wall kita. sebel.

    ReplyDelete
  17. Aku ga ngalamin yg lempar2 makanan dan snow ball itu deh hahaha. Tapi ngalamin yg dulu kita suka wall2an instead of message2an. Iya juga ya, banyak yg berubah. Aku jadi ngeh sekarang :v

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)