Wednesday, August 3, 2016

Mike Mohede: Bertemu Tuhan Dalam Tidur Tenang

Mike Mohede | Foto: copyright okezone.com

Hari Minggu kemarin, rasanya seperti mimpi ya mendengar kabar Mike Mohede meninggal dunia. Saya pun setengah nggak percaya, karena Minggu paginya sehabis pulang gereja saya dengerin playlist lagu Rohani di Spotify dan salah satunya ada lagu "Tuhan Pasti Sanggup"-nya Maria Shandi duet dengan Mike Mohede. Penyanyinya Maria Shandi, duet dengan Mike Mohede.

Saya tahunya justru ketika mengetik nama "Mike Mohede" di Google, hari Minggu sore itu. Maunya sih cari lagu-lagu Natal yang pernah dinyanyikan Mike, ternyata auto search keyword yang keluar salah satunya malah kepergian Mike Mohede okezone yang menulisnya. Pas baca-baca, ternyata meninggalnya Mike Mohede karena sakit jantung. Padahal setahu saya, Mike Mohede udah jauh kurusan daripada saat pertama kali muncul di Indonesian Idol ya ..




Menurut berita-berita yang saya baca, Mike meninggal dalam tidurnya, serangan jantung. Keluarga dan orang-orang terdekatnya nggak ada yang menduga, wong beberapa menit sebelumnya Mike baru saja selesai main PS kemudian pamitan tidur. Saya mendengar cerita seperti ini tidak hanya sekali. Ada teman dari teman saya juga meninggal dalam tidurnya terkena serangan jantung dadakan.

Kemarin sih saya baca-baca banyak artikel kesehatan soal penyakit jantung. Mmm, saya coba rangkum ya hal-hal yang menurut saya extra ordinary tentang penyakit ini, supaya kita semua bisa berjaga-jaga.

  • Silent heart attack umumnya terjadi saat seseorang tidur. Tidak ada gejala apapun, tetapi bisa menghentikan aliran darah ke jantung hingga 40-an persen.
  • Pria lebih potensial terserang silent heart attack. Tetapi ketika menyerang wanita, efeknya dan potensi kematiannya lebih tinggi. Duh!
  • Ada 4 gejala serangan jantung yang sering dirasakan tapi dicuekin: disfungsi ereksi, mengorok saat tidur, gusi bengkak dan nyeri pada bahu serta leher. 
  • Gejala nyeri pada dada untuk wanita biasanya disertai nafas pendek-pendek, sakit punggung, mual dan muntah.
  • Gejala serangan jantung sebetulnya bisa diprediksi 1 bulan sebelumnya. Gejalanya meliputi kelelahan, nafas pendek, tubuh terasa lemas, pening, keringat dingin dan dada terasa berat.

Itu hal-hal penting yang harus diwaspadai. Kadang emang kita nggak notice ya dengan hal-hal kecil, padahal hal kecil itu 'menuntun' seseorang ke keputusan medis yang penting.

Dalam tubuh kita sih pasti punya risiko penyakit, tinggal pemicunya saja yang berbeda-beda. Kalau penyakit jantung ini bisa ditekan dengan pola makan yang sehat, olahraga rutin dan minum-minuman sehat seperti teh hijau, yang rutin.

Tapi kembali lagi ya, namanya kematian tidak pernah ada yang tahu kapan ia mengetuk pintu. Yang pasti kita harus selalu siap meninggalkan dan ditinggalkan, karena toh semuanya akan kembali kepada Tuhan. Rest in peace, Mike :)

Lagi, ketika saya menelusuri tentang Kepergian Mike Mohede okezone yang menulisnya, muncul satu lagu favorit saya, Tetap Setia, yang dinyanyikan oleh Mike Mohede. Setiap kali mendengarkan lagu ini, apalagi pas retret, pasti langsung merasa dosa banyak banget :(

5 comments:

  1. Sakit punggung di rahang yakapa itu win?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru aja mau menanyakan hal yang sama... RIP Mike Mohede... He is still so young... Kayaknya baru kemarin lihat dia di Indonesian Idol and now he is no longer with us :(

      Delete
    2. Hehehe maksudnya "sakit punggung" aja *ngetiknya sambil ngantuk

      Delete
  2. I adore his voice. Effortless.

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)