Monday, August 8, 2016

Rahasia Mama: Kunci Membuat Masakan Biasa, Rasanya Luar Biasa

resep pancake, resep sarapan, kumpulan resep, resep masakan gampang, resep makanan rumahan
Resep pancake gampang | Image taken by Winda Carmelita

Semua orang yang kenal keluarga kami, pasti tahu kalau Mama saya jago masak. Jago, pakai banget. Apalagi masakan-masakan rumahan seperti sayur asem, pepes ikan, bothok, lodeh, ayam bumbu rujak, bali telur ... Wah, nulis gini aja aku sampe ngeces lho hahahha ..

Konon katanya, orang jago masak dirasakan dari sambal buatannya. Orang yang nyambelnya uenak, pasti kalo masak lainnya juga enak. Dan terbukti juga di Mamaku. Sambal bajak-nya Mama itu jadi rebutan keluarga. Bahkan, sambal sepaket dengan tempe menjes goreng-nya Mama, dirindukan sama teman-teman sekolah saya yang dulunya sering makan di rumah. Kalau lagi pulang ke Malang, yang ditanyain adalah sambelnya Mama, bukan "Apa kabar, Wind?" T___T

Kebalikan dengan Mama, saya nampaknya belum bener-bener mendalami yang namanya masak-memasak. Rasa masakan saya, ya gitu deh. Soalnya saya jarang masak, padahal seharusnya memasak itu bisa dipelajari asal rutin (dan niat).

Padahal saya suka lho masak. Kalau hari Minggu di rumah saja (yang mana itu jarang sekali terjadi), saya pasti berinisiatif buat masak. Biasanya kayak pagi-pagi atau malam sebelumnya, saya cari video resep atau kumpulan resep makanan simpel dan unik Breaktime. Di breaktime.co.id, memang resep-resepnya cenderung praktis apalagi buat weekend. Misalnya seperti resep martabak mie telur, pancake, mie goreng atau fetuccine carbonara. Bahan-bahannya 'kan gampang tuh di pasar deket rumah juga ada.


resep pancake, resep sarapan, kumpulan resep, resep masakan gampang, resep makanan rumahan


Berhubung jarang masak, saya sering panik sendiri di dapur. Apalagi pas minyak udah panas, adonan masih belum selesai. Wuih, paniknya kayak Belanda udah deket aja. Kemudian ujung-ujungnya saya stres sendiri, kesel-kesel sendiri. Padahal sebetulnya resep yang saya praktekkan dari kumpulan resep makanan simpel dan unik Breaktime itu mudah lho. Tapi ya itu dia, ternyata memasak perlu manajemen waktu dan ketelatenan.

Mama saya itu kalau bersih-bersih rumah atau lainnya, biasanya heboh sendiri. Orang Malang bilangnya suka muring-muring. Tapi kalau masak, seingat saya beliau nggak pernah muring-muring. Padahal masaknya ribet, model-model bungkusin pepes, marutin kelapa buat lodeh. Kalo saya tanyain kenapa, jawabannya,

"Masak itu gampang, pokoknya keseimbangan rasa, management waktu dan kesabaran. Kalau marah-marah, padahal menyajikan makanan buat keluarga (maksudnya orang yang disayang), ya rasanya jadi amburadul. Makane ojok marah-marah lek masak."


Ya sudahlah, beli nugget aja lah ya :')

8 comments:

  1. nugget. hihihi...

    pelarian yo mbak. itu saya kalo udah kepepet. "Le, goreng nugget sama telor aja, ya."

    dan para thole pun mengangguk setuju.

    :-D

    ReplyDelete
  2. Aku klo nyambel yo enak lho Win, tapi koq ra pinter2 masak yg lain bhahahaa... mosok maem sego sambel ro tempe goreng terus (bumbu tempene ae nggae sing instan).

    ReplyDelete
  3. wiiiih kaya nya enak bingit tuh chef boleh nyobain ga ? hehe

    ReplyDelete
  4. Nugget, telor, tempe goreng, dan sambal trasi sachetan adalah solusi hidupku haha :D salam kenal mbak

    ReplyDelete
  5. wah Winda pinter masak ternyata ya, udah siap lah kl gitu :)

    ReplyDelete
  6. mama saya juga gitu kak, dan itu nurun ke saya lho.. saya ga suka bersih bersih tapi suka masak, cuma sekarang karena sok sibuk, urusan masakpun (terpaksa) kudu diserahin ke jasa katering harian hahaha

    ReplyDelete
  7. ini mah sama kyk aku mbak... mamaku pinter masak, tapi ga adanurun ke anak2nya 1 pun -__- . ga tau deh kalo ntr kgn gulai buatan mama, kita hrs beli di mana :(.. itu resep pancake yg mudah bgt aja, pas aku bikin bantet dooong.. -__- hihhh.. rugi tepung.. akhirnya beli tepung yg instan..

    ReplyDelete
  8. Tapi ada juga yang sekarang jago bikin masakan, dulunya nggak ngerti beda kencur, laos, jahe. Hehe, Tantenya temanku gitu katanya dulu. Sekarang ...

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)