Rahasia Mama: Kunci Membuat Masakan Biasa, Rasanya Luar Biasa

4:20:00 PM

resep pancake, resep sarapan, kumpulan resep, resep masakan gampang, resep makanan rumahan
Resep pancake gampang | Image taken by Winda Carmelita

Semua orang yang kenal keluarga kami, pasti tahu kalau Mama saya jago masak. Jago, pakai banget. Apalagi masakan-masakan rumahan seperti sayur asem, pepes ikan, bothok, lodeh, ayam bumbu rujak, bali telur ... Wah, nulis gini aja aku sampe ngeces lho hahahha ..

Konon katanya, orang jago masak dirasakan dari sambal buatannya. Orang yang nyambelnya uenak, pasti kalo masak lainnya juga enak. Dan terbukti juga di Mamaku. Sambal bajak-nya Mama itu jadi rebutan keluarga. Bahkan, sambal sepaket dengan tempe menjes goreng-nya Mama, dirindukan sama teman-teman sekolah saya yang dulunya sering makan di rumah. Kalau lagi pulang ke Malang, yang ditanyain adalah sambelnya Mama, bukan "Apa kabar, Wind?" T___T

Kebalikan dengan Mama, saya nampaknya belum bener-bener mendalami yang namanya masak-memasak. Rasa masakan saya, ya gitu deh. Soalnya saya jarang masak, padahal seharusnya memasak itu bisa dipelajari asal rutin (dan niat).

Padahal saya suka lho masak. Kalau hari Minggu di rumah saja (yang mana itu jarang sekali terjadi), saya pasti berinisiatif buat masak. Biasanya kayak pagi-pagi atau malam sebelumnya, saya cari video resep atau kumpulan resep makanan simpel dan unik Breaktime. Di breaktime.co.id, memang resep-resepnya cenderung praktis apalagi buat weekend. Misalnya seperti resep martabak mie telur, pancake, mie goreng atau fetuccine carbonara. Bahan-bahannya 'kan gampang tuh di pasar deket rumah juga ada.


resep pancake, resep sarapan, kumpulan resep, resep masakan gampang, resep makanan rumahan


Berhubung jarang masak, saya sering panik sendiri di dapur. Apalagi pas minyak udah panas, adonan masih belum selesai. Wuih, paniknya kayak Belanda udah deket aja. Kemudian ujung-ujungnya saya stres sendiri, kesel-kesel sendiri. Padahal sebetulnya resep yang saya praktekkan dari kumpulan resep makanan simpel dan unik Breaktime itu mudah lho. Tapi ya itu dia, ternyata memasak perlu manajemen waktu dan ketelatenan.

Mama saya itu kalau bersih-bersih rumah atau lainnya, biasanya heboh sendiri. Orang Malang bilangnya suka muring-muring. Tapi kalau masak, seingat saya beliau nggak pernah muring-muring. Padahal masaknya ribet, model-model bungkusin pepes, marutin kelapa buat lodeh. Kalo saya tanyain kenapa, jawabannya,

"Masak itu gampang, pokoknya keseimbangan rasa, management waktu dan kesabaran. Kalau marah-marah, padahal menyajikan makanan buat keluarga (maksudnya orang yang disayang), ya rasanya jadi amburadul. Makane ojok marah-marah lek masak."


Ya sudahlah, beli nugget aja lah ya :')

You Might Also Like

8 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia