Sunday, September 11, 2016

Scaller: Dihentak Distorsi Johny Greenwood, Dibawa Hanyut Alanis Morissette


scaller, radiohead, alanis morissette
Scaller | Taken from scallermusic.com

Jika saya akhirnya mengenal Scaller, sepatutnya lah saya berterimakasih pada program musik Taman Buaya Beat Club di TVRI. Pertama kali saya melihat performance grup ini ya dari acara musik yang less-kucek-jemur-dance ini. Tapi hanya sekilas saja saya sempat melihat performance mereka di layar kaca. Akhirnya saya mendarat lagi pada duo alternatif rock asal Jakarta ini, berkat sebuah channel Youtube yang bernama Sound From The Corner.


Perlu beberapa kali memutar session Scaller di channel Sound From The Corner untuk benar-benar memahami dan terhanyut dengan musik mereka. Apakah artinya musik mereka susah dicerna? Well, bukan seperti itu sih, tapi bagi saya mendengarkan Scaller harus secara seksama karena musik mereka sesungguhnya datang terkemas dengan baik, sepaket dengan lirik yang diciptakan oleh duo Stella dan Reney ini.
'Live and Do better next time,
You can't cry and blame passed time
We are, We are Stronger than the rocks that limit us
Live and Do better next time.' -- Live and Do
Sepanjang 29 menit 11 detik rekaman penampilan mereka di channel STFC dan dua kali menontonnya sambil bekerja di kantor, saya baru 'ngeh' dan menghentikan kerjaan saya, beralih ke layar Youtube saat detik menunjuk ke angka 16:20. Yes, Live and Do, dibuka dengan suara Stella. Asli, gaya menyanyinya di lagu ini mengingatkan saya pada Alanis saat membawakan lagu You Oughta Know. Eh, kalau nggak salah sih ya, You Oughta Know. Tapi yah ... dengan rasa Scaller. Halus, tipis-tipis menghentak. Kalau diibaratkan minum arak Bali lah, 'naik'nya pelan banget kemudian ... 'bam'!

Di salah satu komen di video Scaller bilang, mendengarkan Scaller seperti mendengarkan Alanis Morissette sedang ngeteh bareng Radiohead. Memang benar sih, apalagi di lagu-lagu awal di video ini. Mendengarkannya sambil merem, seolah Reney adalah Johny Greenwood, yang nunggu pergantian jam kuliah terus iseng ngejam sama Alanis sore-sore :))

Yang saya sesali sih cuma satu. Kemana aja saya selama ini baru mengetahui ada band yang gak biasa kayak begini? Mereka sudah terbentuk sejak 2012 lho. Semoga bisa menonton mereka secara langsung, untuk membuktikan bahwa telinga saya kali ini nggak salah pilih :D Gak sabar menanti rilisan mereka!



Ps: Ini bukanlah review. Saya bukan pengamat musik. Hanya pendengar yang harus terus mengasah telinga dan cara menulisnya :)

4 comments:

  1. wihh kerenn nih, thanks udah sharing :)

    ReplyDelete
  2. TVRI di channel ku ngak ada kak #Kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih OmCum, sekarang TVRI mah stasiun televisinya anak-anak cutting edge Om :)) *hibahkan antena garpu ke Om Cum

      Delete
  3. These guys are damn good! X)))))

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)