Friday, October 14, 2016

Kita Semua Butuh Istirahat

voucher online, voucher game online
Istirahat dulu yuk | Image taken from freestocks.com
Kalau mereview apa yang saya lakukan selama tahun 2016 hingga awal Oktober ini, mungkin halaman bukunya udah sampai luber-luber. Saya sampai gak sempat menuliskan dan mendokumentasikan apa yang saya lakukan setiap hari, karena terburu-buru dikejar waktu.

Kebanyakan yang saya lakukan adalah berhubungan dengan pekerjaan menulis. Hmm, iya sih, di tahun 2016 ini mungkin memang rejeki saya ada di dunia tulis-menulis. Beberapa bulan ke belakang, ketambahan 'pelajaran' baru soal fotografi dan videografi.

Karena semuanya adalah hal yang saya sukai, saya gak ngerasa capek. Mau pulang kerja, abis ketemuan sama orang, juga masih mancal keyboard menyelesaikan beberapa project di luar kantor. Udah kayak mesin fotokopi deh, lajunya kenceng abis. Eh tapi, meskipun saya gak ngerasa capek karena happy, tapi badan saya yang capek ternyata. Puncaknya minggu lalu saya infeksi usus plus kena terpaan radiasi komputer secara terus-menerus. Akibatnya kepala saya sakit banget kayak ditusuk-tusuk macem Suketi lah T___T Dokter pun bilang, saya harus mengistirahatkan mata dan pikiran, jauh-jauh dari komputer dan smartphone selama tiga hari.

Tiga hari.
Trus kerjaanku piye?

Untungnya pekerjaan bisa dipending sementara. Tiga hari itu saya gak keluar rumah sama sekali. Sebagai anak angin, sesuai namaku (Winda, 'Wind' = angin), saya jarang lah bisa anteng di rumah selama berhari-hari. Biasanya mah pulang ke rumah paling cepat jam 19.00, maksimal yo mbuh pokoknya aku wis ngantuk baru pulang hahaha. Larangan buat pergi-pergi dan harus istirahat total selama 5 hari itu, wow amazing banget. Lebih-lebih, pas itu akhir bulan yang mana segala barang sudah habis, segala modem sudah kritis. Yah untung sih sekarang dunia sudah semakin mudah ya berkat transaksi digital. Mau beli makan, tinggal pesan delivery order via LINE. Mau beli pulsa modem, e-banking aja. Mau beli voucher online, tinggal potong pulsa aja seperti layanan Telkomsel punya. Pokoknya hampir 75 persen kegiatan bisa diselesaikan dengan sistem transaksi online. Ah, sistem perputaran uang masa kini memang sering bikin kagum ya :)) *halah opo ae Wind

Tapi ternyata, walau segala sesuatunya sudah terbantu online, saya gak tahan cuma glibak-glibuk di kasur tanpa melakukan apa-apa. Cuma baca buku, mewarna buku mewarnai, tidur, bangun, gitaran, merajut ... Bosan juga ya, soalnya udah terbiasa from 8 to 8 sih. Huaaah~

Lima hari itu membuat pikiran saya sedikit demi sedikit berubah. Jauh dari riuhnya social media dan pekerjaan, saya cukup dapat pencerahan sih. Bahwa memang, yah, saya terlalu banyak kegiatan. Saya kurang penyegaran. Bukan liburan lho ya, tapi akhir-akhir ini hubungan vertikal saya tipis ... tipis banget. Duh ini jadi kayak disentil sama Tuhan deh, supaya gak larut dalam kesibukan dan pekerjaan melulu.

Ketika saya bilang 'pekerjaan' ini bukan menyoal apa yang saya kerjakan di kantor yang-semua-orang-tahu-Winda-kerjanya-di-mana. Tapi lebih ke apa saja yang saya LAKUKAN supaya saya tetap produktif. Jadi yak, saya itu kebiasaan bikin ide campaign kayaknya, sampai-sampai kayak punya campaign terhadap diri sendiri yang bunyinya: #AyoKerjaSelagiMasihMuda :)) Alias kata Mama saya sih, "Kayak gasing, munyer (muter) terus."

Jadi setelah lima hari yang membuahkan selembar surat dokter dan selembarnya lagi surat dari IGD itu, saya jadi paham dan benar-benar menghargai apa yang dinamakan ISTIRAHAT. Terlebih, istirahat psikis dan segera istirahat kalau merasa tubuhmu capek. Supaya gak keteteran di kemudian hari, gak merepotkan orang lain yang harus ketiban sampur harus menggantikan tugasmu dan ... supaya tetap bisa mengumpulkan secercah berlian dong hahaha ...

Itu sih sharing saya. Pernah punya pengalaman serupa?

6 comments:

  1. Iya mesti jaga kesehatan emang... Sehat sehat terus ya...

    ReplyDelete
  2. Pernah sih dihajar kesibukan sampai harus mengorbankan istirahat, alhamdulillah gak sampai sakit tapi saat itu badan udah keringat dingin dan badan serasa melayang-layang. Waktu itu saya segera rehat, full rehat. Gak mikir apa2 selain tidur. Btw, suamiku juga namanya angin, bayu. Hehehe

    ReplyDelete
  3. wah kebalikan sama aku mba, hampir tiap hari akunya dirumah terus males malesan dan itu bikin suntuk dan sakit kepala juga, jadinya mencoba produktif dengan kegiatan ngeblog dan lain lain. kayaknya sesuatu yang berlebihan itu ga baik ya tubuh kita perlu kesimbangan. gws mba winda, semangat~!

    ReplyDelete
  4. Iyyyaaaaakkk, ISTIRAHAT (pake capslock, hehehe) dan jangan lupa bahagia :)

    ReplyDelete
  5. Butuh istirahat rileks biar ngak baperan yaaa hahaha

    ReplyDelete
  6. Oh yaaa.. Rest et relax is a must! Jangan pernah lupa

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)