Saturday, October 15, 2016

Menggendut Bersama Seporsi Bakso Gondhol


bakso babi, bakso halal, bakso di malang, rekomendasi bakso di malang, bakso gondhol, bakso gundul, bakso gondol, kuliner di malang, kuliner bakso di malang, kuliner murah di malang, cara membuat bakso babi, daging babi, membedakan bakso babi, bakso sapi, siomay, siomay goreng, bakso goreng, chinese food


Kembali lagi dengan sesi pembahasan makanan non-halal bersama Winda Carmelita.

"Wind, makan bakso enak di Malang di mana ya?"
"Mmmm, Malang kota ya?"
"Iya ah, jangan jauh-jauh. Kamu kalo makan bakso musti jauh sih."
"Kalo bakso sapi sih aku kurang tahu, aku tahunya bakso babi aja."

Beberapa waktu yang lalu teman saya datang dari Jakarta. Setelah sekian lama dia gak pulang kampung, akhirnya dia mendarat lagi di Malang. Tentunya, sebagai anak rantau yang kaget disambut musim hujan dan dinginnya Malang (yang sebetulnya udah gak dingin-dingin amat sih udaranya dibandingkan 20-30 tahun lalu), makanan yang dicari di Malang ya pasti bakso.

Bakso di Malang itu ya, meskipun bakso rombong atau bakso yang dijualnya naik motor, rasanya mostly pasti enak. Beda lah sama bakso-bakso daerah lain, entah mengapa. Jadi gak harus ke resto sih kalau mau cari bakso sapi yang enak, di Malang mah tinggal duduk di depan teras terus panggil itu tukang bakso yang seliweran di perumahan.

Baca Juga:  Bakso Sumsum Cak Hadi Singosari, Bakso Fenomenal Meledak di Mulut

Nah, meski bakso di Malang banyak rupanya, saya sejujurnya jarang makan bakso sapi, kecuali bakso yang dicegat sama anak-anak kantor kalo makan siangnya agak gak bermartabat :)) Ngomongin bakso, saya biasanya makannya ya bakso babi. Soalnya dari dulu ya memang begitu kebiasannya. Aduh, ketauan deh betapa gak sehatnya hidupku dan lingkungan pergaulan kulinerku hahaha ...

Baca Juga:  Terbius Gurihnya Sate Babi Warung Erna di Petungsewu

Bakso babi di Malang, yang secara terang-terangan mengakui dirinya memakai bahan baku daging babi, memang gak banyak. Yang paling sering kudatangi adalah Bakso Gondhol. Kenapa? Karena deket sama kantor. *halah, kamu males, Wind

Baca Juga: Cara Membedakan Bakso Sapi Dengan Bakso Babi

Bakso Gondhol ini ada 2 lokasi, yaitu di Jl. Sunandar Priyo Sudarmo No.31, Blimbing sama satunya sebelum rel kereta api Blimbing (sorry, aku gak tahu alamat pastinya hehehe). Dulu kalo mau makan Bakso Gondhol, saya rela berdesak-desakan di warungnya yang sempit banget di daerah L.A Sucipto. Sekarang sudah nyaman karena kedua warungnya sudah lebih lega dan luas.

Balik lagi, bakso Gondhol menjual aneka jenis perbaksoan. Mulai bakso kasar, bakso halus, siomay basah panjang, siomay basah kembang, bakso goreng, siomay goreng. Rasa perbaksoannya sebetulnya sih sama semua, cuma bentuknya aja beda-beda hahahaha ... Entah menurutku bakso Gondhol ini yang paling kerasa 'berat' dibandingkan teman-teman seperjuangannya. Kadang kalau makan bakso kasarnya, kerasa masih ada lemak-lemaknya. Bagi sebagian orang, bakso yang terlalu kerasa babinya gini, bikin eneg ya? Kalo saya sih, makan aja semuanya .___.

bakso babi, bakso halal, bakso di malang, rekomendasi bakso di malang, bakso gondhol, bakso gundul, bakso gondol, kuliner di malang, kuliner bakso di malang, kuliner murah di malang, cara membuat bakso babi, daging babi, membedakan bakso babi, bakso sapi, siomay, siomay goreng, bakso goreng, chinese food

Setelah pesan, kita diperbolehkan meracik kondimennya sendiri. Di meja pelayannya, ada sebaskom besar potongan daun bawang. Eits, jangan nyari bawang merah goreng ya, karena gak disediakan. Memang sih, model-model bakso yang 'jernih' yang seperti ini lebih cocok disebut BAKWAN ya? 
Karena kalau persepsiku sih, bakso yang pakai kondimen lengkap bawang goreng, bahkan ada seledri dan sayuran itu ya bakso yang sebenar-benarnya bakso hahaha ... alias bakso kampung, itu istilah saya aja sih.

Eh, di sini juga ada kulit babi dan usus babi lho. Bagi yang suka jerohan, pasti puas. Sayangnya kalo saya sih kulit babinya terlalu liat. Kurang mak tlunyur gitu lho di mulut. Usus babinya standar lah seperti usus babi kebanyakan.

Kalau makan di sini, saya paling suka pesan gorengannya daripada yang basah-basah. Lalu kondimen saus dan kecapnya, dituang di wadah tersendiri, gak dicampur sama kuahnya ya. Disruput pelan-pelan. Karena ukurannya gede-gede, makan 4 biji aja cukup buatku (Eh, 4 biji itu 'cuma', Wind?). Kalo makan sama temen-temen cowok, mereka kuat sih makan sampai 6-7 biji. 

bakso babi, bakso halal, bakso di malang, rekomendasi bakso di malang, bakso gondhol, bakso gundul, bakso gondol, kuliner di malang, kuliner bakso di malang, kuliner murah di malang, cara membuat bakso babi, daging babi, membedakan bakso babi, bakso sapi, siomay, siomay goreng, bakso goreng, chinese food
  Oh dari tadi belum nyebutin harga ya? Huahahahah ... Harga semua bakso di sini dipukul rata Rp. 3.000 saja. Kalo gak salah inget, usus dan kulitnya juga dikasih harga yang sama kok. 

Ngomongin Bakso Gondhol saya selalu inget sama tragedi pedih nan panas yang terjadi antara saya dan teman saya yang namanya Rendy Yulianto. Jadi begini ceritanya:

Rendy : (ngoceh gak selesai selesai)
Winda : (sudah laper krucuk-krucuk) "Cuss, sik aku mau makan. Ndang o makan, ojo ngoceh ae selak adem baksomu" (Cus, bentar aku mau makan. Cepetan makan, jangan ngoceh aja keburu dingin baksomu)
Rendy : (tetep ngoceh)
Winda : (dalam hati "Duh, ngoceh terus ae Rendy iki) --- kemudian langsung merem dan mau berdoa makan ---

Tiba-tiba di tengah doa singkat yang belum selesai, ini mulut kok rasanya panas. Eh ternyata dipeperin sambel banyak sama Rendy *nangis*

Winda : "Heh, aku kok mbok sambelin!"
Rendy : "Lha aku cerita belom mari awakmu ninggal doa dadakno" (Lha aku cerita belum selesai kamu malah ninggal berdoa)
Winda : ^$%$#$%&!! (kemudian gelut)


Bakso Gondhol
Harga : +/- Rp. 3.000
Alamat 1:
Jl. Sunandar Priyo Sudarmo No.31, Blimbing, Kota Malang,
Alamat 2:
Jalan Laksda Adisucipto No. 78 B, Kota Malang, Jawa Timur

5 comments:

  1. Wuiii bikin ngiler... Pengen makan baso Malang...

    ReplyDelete
  2. Walahhhh pengen nyomot pangsitnyaaa

    ReplyDelete
  3. Wuiiih bikin ngiler nih bakso siang-siang gini, bakso Malag rata-rata enak ya :D

    ReplyDelete
  4. Itu bakso babi pasti lezat nikmat hehehe

    ReplyDelete
  5. Bakso memang ngg ada matinyaaaaa

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)