Monday, October 31, 2016

Resep Nasi Ayam Hainan Gampang (Hainan Chicken Rice)

nasi ayam hainan, nasi hainan ayam, nasi hainan, nasi ayam, resep hainan, resep ayam hainan, resep nasi hainan, hainan chicken, hainan, hainan chicken rice, hainan chicken recipe, resep ayam, resep pakai rice cooker, resep masakan cina


Salah satu makanan berkuah favorit saya adala nasi ayam hainan. Padahal saya gak begitu suka makan makanan berkuah, lebih favorit sama gorengan. Tapi ada saatnya saya gak boleh gorengan, misalnya pas batuk. Nah, bingunglah cari makanan berkuah. Akhirnya bikin sendiri saja, biar lebih hemat :D

Bahan: (saya tidak bisa menakar bahan, asal cemplung, jadi silakan disesuaikan sendiri ya)
  • Ayam, bagian dada dan paha (lebih baik ayam kampung daripada broiler sebetulnya, tapi adanya di rumah cuma broiler jadi nggak apa-apa kok ^^)
  • Beras putih, cuci bersih
  • Jahe, iris serong
  • Daun bawang prei, rajang dan sisakan 2 batang yang utuh
  • Bawang putih dan bawang merah (banyakin bawang merahnya), cincang semuanya dan sisakan 2 siung digeprek
  • Sereh batang, geprek
  • Minyak untuk menumis
  • Lada
  • Garam
  • Minyak wijen
  • Air
Pelengkap:
  • Kecap asin dengan irisan cabe rawit
  • Telur rebus
Cara Membuat:
  1. Ambil bagian lemak-lemak pada ayam, sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan jahe.
  3. Masukkan lemak ayam, tumis sampai minyaknya keluar.
  4. Tambahkan air, yang agak banyak ya, karena akan dibuat untuk kuah dan bahas menanak nasi.
  5. Masukkan garam dan lada, cicipi. Yang ini boleh agak asin karena digunakan untuk kaldu menanak nasi.
  6. Masukkan ayam. Aduk-aduk agar bercampur dan tunggu sampai setengah matang saja. Jangan terlalu matang di panci ini ya karena akan dimatangkan bersama penanakan nasi.
  7. Saring minyak-minyak dan buih yang muncul.
  8. Setelah disaring, ambil kaldunya dan tuangkan ke dalam panci rice cooker yang berisi beras yang telah dicuci. Tumpuk ayam dan bahan aroma (daun bawang, sereh, bawang putih geprek dan sereh) di atas beras. Takaran airnya dan cara memasaknya sama dengan memasak nasi biasanya ya.
  9. Setelah rice cooker menunjukkan indikator matang, jangan langsung dibuka. Tunggu kurang lebih 10 menitan supaya dagingnya lebih empuk.
  10. Sajikan nasi dengan dicetak di mangkuk, iris daging ayam. Nikmati bareng kuah kaldu yang ditaburi daun bawang cincang, telur rebus, kecap asin rawit.
Saya baru pertama kali masak nasi ayam hainan ini dan gampang banget. Enak, segar, khususnya buat yang lagi sakit flu. Bikin pengen nambah terus. Bikinnya juga gak repot tinggal cemplung-cemplung dan tunggu nasinya matang. Selamat mencoba yaaa~

Anyway, peek inside my kitchen or "inside my tummy" through Instagram, search #drollandroll yaaa~

18 comments:

  1. Kalau dikaron dulu berarti ukuran kuahnya gimana di rice cooker biar nggak blenyek. Aku blm pernah masak pakai rice cooker dikaron dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Lusiii, ah makasih, aku jadi tersadarkan, maksudnya cuma dicuci bersih aja sih, gak sampai harus dikaron. Karena aku sempat coba yg nasinya kurebus dulu, malah blenyek trus jadi gosong di rice cooker.

      Edited ya ;) Thankyouu :*

      Delete
  2. Windaaa, klo pake magic com masak nasinya sama seperti biasanya kan, cuma airnya diganti kuah kaldu gitu? Trus ayamnya dicemplungin barengan ya.
    Berarti kuahnya dibagi 2 kan, untuk dicemplungin ke berasnya dan sisanya untuk dimakan saat matang? Sepertinya enak nih, kapan-kapan mau nyoba ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mak, seperti masak nasi biasa cuma airnya pakai kaldu ini. Jadi sebaiknya pas awal masak, airnya dibanyakin karena akan dipakai buat bikin nasi dan kuahnya. Semoga sukses Mak Lianny (pasti klo bikinan Mak Lianny ini enak :))

      Delete
  3. Saya menikmati ayam Hainan hanya di rumah makan.
    Kayaknya bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan resep ini
    Terima kasih
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  4. Saya menunggu winda masak buat saya saja ah daripada harus masak sendiri #dikeplak :))

    Kalo nggak suka ayam diganti apa ya

    ReplyDelete
  5. Pernah nyicip nasi Hainan dan enak ternyata, nyoba resepnya mbak Winda ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, segar ya Mbak, karena ada jahenya. Ayuk ayuk dicoba

      Delete
  6. Cocok untuk yg lagi menderita gejala-gejala flu jiwa dan raga ini. Terima kasih banyak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mbaak, semoga lekas sembuh yaa

      Delete
  7. Wah terlihat enak banget disantap pas dingin2 begini. Btw kalau gak suka kulit ayam, bs diskip kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak diskip, pakai bagian dada saja, kemudian setelah matang, kulitnya disisihkan :)

      Delete
  8. Duh, Win. Kayaknya menggoda banget nasinya. Apalah daya, aku tak bisa memasak daging-dagingan. Bisanya goreng tahu yang tak perlu menakar kadar empuk daging hehe..

    ReplyDelete
  9. Duh, Win. Apalah daya aku gak bisa masak daging-dagingan. Bisanya goreng tau yang gak perlu ruwet menakar kadar empuk kerasnya daging hehe...

    ReplyDelete
  10. Duh, Win. Apalah daya aku gak bisa masak daging-dagingan. Bisanya goreng tau yang gak perlu ruwet menakar kadar empuk kerasnya daging hehe...

    ReplyDelete
  11. Nahlo, komennya sapa tuh yang dobel-dobel, haha..
    Kayaknya enak banget nasinya, Win. Kayaknya lebih aman kalau beli jadi deh. Gak bakat dan gak sabar kalau uplek-uplek pawon:D

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)