Monday, October 3, 2016

Terbius Gurihnya Sate Babi Warung Erna di Petungsewu

Salah satu makanan terlezat buatku adalah ... sate babi! Tapi memang gak semua orang bisa bikin sate babi yang enak sih. Menurut saya, sate babi terenak itu adalah yang bagian dagingnya matangnya cukup. Ketika digigit, masih ada juicy-nya dan ... bagian lemaknya agak gosong. Sempurna, nambah nasi satu bakul~

Sate babi terenak yang pernah saya makan adalah buatan nenek saya. Setelah nenek saya jarang masak lagi, saya berburu sate babi dan gak nemu-nemu yang pas rasanya di Malang ini. Eh, tiba-tiba 2 minggu yang lalu, pas saya lagi cuti, secara impulsif saya dan teman saya, Andhika, memutuskan sarapan-kedua-kalinya di Warung Sate Babi Bu Erna

Warung sate babi Bu Erna ini letaknya di daerah Petungsewu. Petungsewu itu daerah menuju ke Batu, lumayan agak mblusuk-mblusuk. Kami ke sana berbekal GPS dengan perjalanan sekitar 30-45 menit-an dari Malang.

Begitu sampai, jangan heran ya, karena warung Bu Erna ini judulnya adalah Warung Soto Babat Bu Erna, bukan warung sate babi :)) Tapi kita-kita mah nyebutnya warung sate babi karena sebenarnya terkenalnya karena makanan yang satu ini.


warung bu erna, warung erna, warung sate babi bu erna, petungsewu, kuliner babi di malang, sate babi, baikut, samsam, titte, kuping babi, non halal, soto daging, soto babat, kuliner non halal di malang
Image taken by Winda Carmelita

 Warungnya gak begitu besar, tapi bersih banget. Aroma sate babi yang dibakar langsung menyeruak dan bikin laper seketika. Saya dan Andhika pesan 20 tusuk sate babi plus semangkuk soto babat (ini Dhika yang makan sih, bukan aku). Sate babi pun dibakar saat itu juga dan datang bersama kondimen berupa kecap, jeruk nipis, sambal dan potongan bawang merah.

warung bu erna, warung erna, warung sate babi bu erna, petungsewu, kuliner babi di malang, sate babi, baikut, samsam, titte, kuping babi, non halal, soto daging, soto babat, kuliner non halal di malang
Image taken by Winda Carmelita

Saya coba sate babinya, tanpa dikucuri kecap dan jeruk nipis. Duh, dagingnya empuk dan lembut. Gak kerasa serat yang bikin alot. Namanya sate babi, yang juara ya bagian lemaknya ya ... Pas digigit, cess, itu lemaknya dan minyaknya lumer di lidah. Gila nih, langsung nyikat pakai nasi putih panas, gak sampai 30 menit langsung abis.

Satu porsi sate babi dihargai Rp. 30 ribu saja, per porsi berisi 10 tusuk sate yang potongan dagingnya besar-besar. Andhika abis 10 tusuk, saya kuatnya cuma 6 tusuk aja.  Itu pun karena sebelumnya udah sarapan di rumah. Coba gak sarapan dulu, kuat 'kali ya 20 tusuk sekaligus hahaha ...

warung bu erna, warung erna, warung sate babi bu erna, petungsewu, kuliner babi di malang, sate babi, baikut, samsam, titte, kuping babi, non halal, soto daging, soto babat, kuliner non halal di malang
Image taken by Winda Carmelita

Selain sate babi, Bu Erna juga jualan titte (kaki babi), samsam (sam cam, bagian  kulit babi), kuping babi dan baikut. Untuk ke-empat jenis masakan ini, semuanya dijual porsi besar alias satu wajan penuh. Harganya juga murah lho, satu wajan cuma Rp. 100 ribu. Kata Bu Erna sih, biasanya yang pesan porsi besar ini buat pesta.

Gak cuma per-babi-an, ada juga menu-menu standar seperti soto daging, soto babat, tahu tempe, telor dadar. Eh, pas ngobrol-ngobrol sama Bu Erna-nya, ternyata si ibu juga jualan lodeh pedas. Jadi lodeh pedas ini justru adalah masakan pertama yang bikin warungnya laris. Mungkin karena kalah pamor sama soto babat dan sate babinya ya, jadi sekarang Bu Erna jualan lodeh pedasnya by request aja. Kayaknya sih saya pernah makan lodeh pedasnya Bu Erna deh, soalnya Bu Erna ini masih circle pertemanan alm. Papa yang sama-sama doyan adventuring. Duluuu alm. Papa pernah cerita sih ada warung enak di Petungsewu yang jual lodeh pedas sama sate babi. Ya ternyata warung Bu Erna ini hahahha ..

warung bu erna, warung erna, warung sate babi bu erna, petungsewu, kuliner babi di malang, sate babi, baikut, samsam, titte, kuping babi, non halal, soto daging, soto babat, kuliner non halal di malang
Image taken by Winda Carmelita

Sayangnya, Bu Erna gak terima delivery order soalnya jauh banget sih memang kalau mau turun ke Malang kota dan katanya gak ada yang bisa naik motor. Duh, aku berharap ada Go Food tarif flat yang mau melayani order sate babi ini biar gak usah repot-repot naik ke Petungsewu dulu kalau laper sewaktu-waktu. Tapi bisa kok pesan kalau mau ada acara, tentunya diambil sendiri ya ke warungnya.

Jadi gimana, mau balik ke sini lagi gak? Mau, pake banget, dengan sukarela saya akan mengantarkan kamu-kamu semua ke tempat ini walopun lumayan sih jaraknya kalau dari Malang kota. Pas ngepost ini di Instagram aja, sudah banyak yang meneror saya buat nunjukin tempatnya. Memang ya, sate babi gak ada lawan kok :)) Aku kasih bintang 4,5 dari rate 5! (0,5-nya soalnya jauh dan gak bisa delivery order :p)



Alamat : Jalan Petung Sewu - Dau, Malang (see maps)
Nomor HP :

21 comments:

  1. begitu baca judul sate babi, langsung mata ijo dan ngeces.... padahal masih pagi... Iya, sate babi yg enak itu agak gosong di bagian lemak... dan saya gak suka yg terlalu manis... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak, suka yg bumbunya 'males' kayak gini, jadi kerasa bener dagingnya hehehe

      Delete
  2. Salah satu murid privat saya nih yg suka banget sate babi dan sayur bakutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dynamic duo nih Mbak, sayur bakut seger, sate babi legit. Uenak~!

      Delete
  3. Replies
    1. Hahahha dikunjungi ko Ronald rek, ayo ko ke sini. Legend nih.

      Delete
  4. Replies
    1. Akhirnya launching juga sesi NON HALAL ini huahahhaha

      Delete
  5. Ini orang yg gak ngerti n gak boleh makan babi bisa salah masuk ya, dikira jualan soto, :D

    Enak mana sama sate klenteng? Denger-denger sate klenteng juga enak banget.. sayang aku gak bisa nyicip, kekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang jualan soto juga MBak, soto daging dan soto babat huehehhe .. Dipisah kok masaknya.
      Nah itu, aku malah belum maem sate klentheng. Duh, padahal aku dulu sering diajak MaPaku ke sana.

      Delete
  6. Panggon e ruesiiik ya mbak haha
    Juara!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo Sil, kamu perhatian banget ya hahahha Ini emang buersih Sil, jian kerasan di sini.

      Delete
  7. Ngebaca ini keinget zaman kuliah, menu maksinya temen2 rata2 sate babi gt. Duh nyium baunya sate babi tu uenaaak yo emang, wkwkwk bikin ngiler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Nining, aku lho dari kejauhan orang bakar sate babi langsung pengen nyamber nasi sak mejikjer hahahha

      Delete
  8. Sate babi + sayur asin baikut itu enaaak. Tapi aku nggak suka lemaknya, suka yang bagian daging aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah padahal lemaknya yg enak Mak :)) Aku lama gak maem sayur asin baikut, sama samsam. Duh uenak.

      Delete
  9. Mak gak kurang adoh nang petungsewu. Tone foto sate beibey-nya apik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelajah dong Tom, aku nek maem seneng cari sing adoh2 :))

      Delete
  10. Sate babi???? Belum pernah makan babi mba, hehe soalnya dilarang. Tapi senang berkunjung kesini salam kenal dah mba admin

    ReplyDelete
  11. Kayaknya enak yaa mbak, saya nggak gitu suka daging babi. Kalau suami doyan banget tuh nasi goreng babi. Di sekolah anakku tiap minggu ibu kantinnya jualan sate babi. Kalau ke Malang mampir ke warung bu Erna ah.

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)