Monday, November 21, 2016

#HarblognasJNE: Jadi Blogger Harus Terus Belajar dan Jangan Baper!

Tiga tahun yang lalu, saya gak pernah menyangka dengan ngeblog akhirnya saya bisa punya www.windacarmelita.com dan punya banyak teman baru yang juga sama-sama suka menulis. Lebih-lebih, saya juga gak menyangka dengan ngeblog yang baru saya tekuni pas lulus kuliah ini, membuat saya jadi ... harus banyak belajar!

Lha, udah lulus kuliah, ngapain ngeblog aja harus belajar?

Eh, jangan salah ya. Justru sekarang hampir 60 persen waktu "belajar" saya saat ini, karena menulis dan ngeblog. Belajar menulis yang enak dibaca dan gak bikin bingung, belajar SEO tipis-tipis, belajar fotografi biar foto di blog menyenangkan buat dilihat, belajar memperkaya networking, Google Analytic, belajar mengoptimalisasikan social media dan ... belajar membranding diri yang baik~

Yes, terus belajar adalah hal penting yang saya dapatkan dari obrolan bareng Mami Ubi, Grace Melia di acara #HarblognasJNE kemarin, Sabtu (19/11) di Hotel Harper Mangkubumi, Yogyakarta. Semua pasti udah gak asing sama maminya Ubi dan Aiden, Grace Melia yang jaga gawang di blog www.gracemelia.com 'kan? Bisa dibilang saat ini Grace sudah sukses membranding dirinya sebagai seorang blogger sekaligus penggiat Rumah Ramah Rubella.

Menurut Grace, kalau mau jadi blogger famous itu haru berani tampil beda. Selain itu, terus perbaiki diri dengan cara gak malu belajar dari blogger lain karena belajar itu bisa dari mana aja, termasuk pengalaman-pengalaman dari blogger lainnya. Selain itu, supaya blog bisa terus berkembang harus konsisten juga lho. Jangan sampai postingannya bolong-bolong sampai berminggu-minggu, apalagi berbulan-bulan. Biar pembaca setianya gak kecewa udah nongkrongin blog yang berdebu hehehe ..

Selain tiga hal di atas, menurut Grace ada yang penting juga dan gak boleh dilupakan, yaitu harus membranding diri dengan baik. Membranding diri dengan baik, misalnya melalui social media, bisa meningkatkan daya 'jual diri' kita di mata agency atau yang ingin bekerja sama bisnis dengan kita lho. Bahkan menurut Mami Ubi, dahulukan branding dulu, setelahnya baru kita perlahan belajar soal teknis, seperti SEO.

"Jadi blogger jangan baper, harus terus semangat memperbaiki diri dan belajar" - Grace Melia

Nah, soal personal branding ini juga disetujui sama Mbak Uphie Mashar. Mbak Uphie ini adalah salah satu contoh online enterpreneur yang sukses menjalankan bisnisnya. Bisnis apa? Bisnis kesukaan kita semuaaaaaa, para wanita penggila tas dan baju :))

Menurut Mbak Uphie, yang toko onlinenya dinamakan Stupidroom ini, buat bisnis online yang sangat penting adalah tentang branding. Setelah menjalankan konsep branding sesuai gambarannya, followersnya jadi bertambah. Otomatis, dengan bertambahnya followers, akan bertambah juga pendapatan.

Soal belajar dan memperbaiki diri ini, bukan cuma dilakoni sama Grace dan Mbak Uphie lho, tapi juga JNE. Bisnis pengiriman dan ekspedisi sekarang banyak banget, gak bisa kalau kita terus bertahan dengan cara lama. Bisa terbalap dan ditinggalkan pelanggannya. Nah, berada dalam bidang usaha jasa pengiriman, sudah pasti pelanggan berharap kecepatan pelayanan jadi yang nomor satu. Makanya JNE berusaha memperbaiki diri dan mempermudah layanan dengan pelanggannya. Salah satu caranya lewat aplikasi MyJNE.




Aplikasi MyJNE gak cuma memudahkan user individu, tapi juga buat pebisnis online shop kayak Mbak Uphie nih. Tracking, cek tarif bahkan bisa pakai fitur COD juga hanya lewat aplikasinya. Aku udah nyobain juga lho, bisa dibaca di sini yaaa reviewnya. Dengan inovasi seperti ini, makanya JNE tetap bisa bertahan selama 26 tahun di Indonesia dengan jumlah pengiriman lebih dari 10 ton per hari. Wow!

Baik Grace, Mbak Uphie dan JNE, semuanya memberikan inspirasi. Gak sia-sia deh saya diimpor langsung 390 km dari Malang ke Jogja untuk sumbang suara, ketemu dan berkenalan dengan teman-teman baru di acara #HarblognasJNE sekaligus kopdar cantik yang kedua kalinya buatku dengan teman-teman blogger Jogja ini.

Jreeng~ | Image taken by @qhacan
Dari obrolan kemarin bareng JNE, Mami Grace Melia dan Mbak Uphie, saya menangkap poin penting buat kita semua, apapun bidang yang sedang digeluti, yaitu: Suatu saat era-era kita saat ini akan berlalu. Entah itu blogging atau online shopping. Tetapi jika kita punya karakter dan diferensiasi, kita tetap bisa survive jika kita kreatif dan inovatif menawarkan keunggulan lain dari diri kita atau bisnis yang digeluti. Couldn't agree more! Gak bisa cuma duduk diam menanti rejeki atau mengutuki orang-orang yang lebih sukses. Harus berani menembus batas. Selaras banget sama tema yang kemarin diusung sama JNE di #HarblognasJNE ini, yaitu "Menembus Batas, Menjadi Inspirasi Bagi Negeri."

Sama Mbak Uphie, Mami Grace dan Mbak Qachan | Image taken by @qachan



Seperti biasa, acaranya JNE selalu bertabur hadiah. Mulai dari goodie bag, voucher, sampai gadget. Duh senangnya bisa kopdaran sama blogger-blogger Jogja yang selama ini hanya jumpa lewat dunia maya. Semoga kita semua bisa menginspirasi satu sama lain dan terus belajar ya :D


10 comments:

  1. Loh yaaa,jrengnya mulai antar kota antar propinsi nih. Siiiip deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antar kota, antar propinsi, patas patas buuu hahahha

      Delete
  2. Wuah sudah kopdar dengan blogger2 Yogya ya Win, senangnya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah Mbak, tinggal ke Jember aja yang belum hehehe *colek colek muffinnya Mbak Lianny

      Delete
  3. Waah asiknya ketemu blogger-blogger Jogja apalagi sama Grace yang emang ceria banget dan menginspirasi. Bener juga kata Grace, kalau mau maju jadi blogger emang nggak boleh baperan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk Mbaaak, kita kapan ya bisa jumpa hahahha

      Delete
  4. ya bener banget, lebih baik terus memperbaiki diri, belajar dan belajar blogging. Insyaallah nanti juga banyak dilirik ko, ga perlu pake baper xixixi..

    Biar jadi blogger everlasting.
    Jadi kapan ke Bandung Win, senengnya yaa ketemu Mami Ubie yg mungil bgt.

    ReplyDelete
  5. Setuju! ga boleh baper bin minder juga. Sayaa nih masih minderan, apalagi buat ikut2 lomba. Euh masih jauh jd blogger femes,

    ReplyDelete
  6. Kehidupan blogger sekarang kejam kak, mudah disirikin dan di nyinyirin.Selain mesti jangan baper kudu mesti jangan masukin ke ati hahaha

    ReplyDelete
  7. Yes, branding itu penting..Kemarin suaranya mba Winda keren bingits deh..cetar membahana.. :)

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)