Cara Membersihkan Kalung Perak Tanpa Larutan Kimia

4:37:00 PM

Pernah dengar sebutan “kulit mahal” nggak? Jadi, kulit mahal adalah orang-orang yang harga jual per kilo buat kulit dan lemak-lemaknya itu mahal. Ngahahaha … Bukan dong. Maksudnya orang-orang yang kulitnya sensitif sama bahan-bahan perhiasan. Cuma emas, perak atau berlian yang gak bikin kulitnya iritasi, makanya dibilang “kulit mahal”.

Kebetulan (atau sayangnya), saya adalah salah satu orang pemilik kulit mahal ini. Kalau pakai perhiasan sembarangan, gak pakai lama langsung gatal-gatal. Sejak kecil, cuma dipakaikan perhiasan perak atau emas sama orang tua saya. Tapi, saya kurang suka pakai emas soalnya takut hilang, harganya mahal dan kayaknya gak cocok aja pakai perhiasan berwarna kekuningan. Lebih sip sama perak yang warnanya lebih cocok dan gak mencolok.

jual kalung berlian online, jual kalung online, jual kalung perak, membersihkan kalung perak, membersihkan perak, merawat kalung perak, menyimpan kalung perak
Image taken from kaboompics.com

Nah, ternyata kalung-kalung yang dipakai setiap hari tanpa pernah dilepas itu warnanya bakal kusam. Ya karena dipakai mandi, kesemprot parfum. Duh padahal saya tahu sih, kalau mandi sama semprot-semprot parfum jangan pakai perhiasan. Tapi atas nama kemalasan, ya jadinya suka sembarangan -_-”

Untuk mengembalikan kilau peraknya, harus rutin dicuci. Kalau dulu sering nyuciin perak sih di langganan, sekarang sudah nggak sempat. Cari-cari info di internet, ternyata bisa kok nyuci sendiri pakai cara rumahan. Kalau cara saya, pakai baking soda.

  • Direndam baking soda
Bahannya cuma baking soda dan air. Alat yang diperlukan cuma sikat gigi yang bulunya halus. Baking soda dilarutkan ke dalam air, kemudian rendam perhiasan peraknya sekitar 10-15 menit. Setelah itu digosok-gosok pelan aja pakai sikat gigi, terus dibilas di bawah air mengalir. Keringkan.

Kalau pakai cara ini kurang begitu bisa berkilau sih. Tapi lumayan lah, ada bedanya sama yang kusam banget. Cuma kesulitannya kalau membersihkan perhiasan yang kecil macam anting-anting. Hmm, itu gosoknya susah ternyata karena gedean sikat giginya daripada antingnya.
  • Direndam air garam dan aluminium foil
Nah kalau cara kedua ini belum pernah nyoba, tapi konon kata Wikihow cukup manjur. Caranya: 1 sendok air garam dilarutkan dengan air panas. Masukkan aluminum foil yang dirobek-robek ke dalamnya. Perhiasan perak direndam, digosok pelan seperti cara nomor 1.

Konon, campuran air garam dan aluminium foil akan bereaksi terhadap kerak-kerak di perhiasan perak sehingga menciptakan permukaan mengkilap seperti baru. Saya belum nyoba sih, tapi kok kayaknya meyakinkan … atau mungkin saya yang mudah terpukau? *halah.

Kalau udah dibersihin tapi masih tetap kusam? Hmm, itu tandanya kudu beli yang baru :)) Lha ya siapa yang gak suka lihat yang berkilau-kilau apalagi kalau udah masuk lapak jual kalung berlian online. Pasti kayak pengen dibeli semuanya ya ‘kan? Memang kok, sekalinya ngelihat lapak jual kalung berlian online kayak yang di MatahariMall.com gini, suka kerasan, khilaf, pengen beli soalnya modelnya lucu-lucu :3
jual kalung berlian online, jual kalung online, jual kalung perak, membersihkan kalung perak, membersihkan perak, merawat kalung perak, menyimpan kalung perak
Ini lucu dan simpel | Image taken from MatahariMall.com
By the way, ada yang punya cara lain buat membersihkan noda dan kerak di perhiasan perak nggak? Yang pakai bahan rumahan yang gak berbahaya dan sisa limbahnya gak merusak mencemari lingkungan gitu. Share dong :)

You Might Also Like

21 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia