Resep Fusili Saus Bechamel

3:33:00 PM

resep makaroni, resep fusili, resep pasta gampang, cream sauce, bechamel sauce, saus keju, carbonara, resep spaghetti carbonara, spaghetti, carbonara, keju, daging ayam, resep pasta restoran


Beberapa waktu yang lalu saya makan di sebuah cafe yang baru buka di Malang. Kala itu saya pesan fusili dengan cream sauce, harganya Rp. 30 ribu-an per porsinya. Ketika datang dan saya makan, ngooook, lha kok rasanya amburadul banget. Fusilinya datang sudah dingin, namanya cream saucenya udah dingin dan seuprit. Nggak bisa meng-cover fusilinya yang ... dikit banget hahahhaha ... Jadi bisa dibayangkan betapa dikitnya ya porsinya :P

Karena gak puas, akhirnya saya masak sendiri aja fusili dengan saus ala ala bechamel di rumah. Modalnya sih perkiraan gak sampai Rp. 40 ribu, tapi dapat untuk 4 porsi. Girang dong ya, apalagi belanjanya pas weekend jadi ada diskonan hehehe *kibas daster.. Yang mau nyontek resepnya boleeh~

Bahan (saya gak bisa menakar ukuran ya, jadi silakan disesuaikan sendiri):
  • Daging ayam cincang
  • Pasta mentah dalam kemasan (fusili, makaroni atau spaghetti, sesuai selera)
  • Susu UHT full cream rasa tawar
  • Tepung terigu
  • Butter atau margarin (saya pakai margarin yang rasa butter)
  • Minyak untuk menumis (saya pakai olive oil)
  • Bawang merah dan bawang putih (banyakin bawang merahnya)
  • Lada bubuk
  • Oregano (biar ala-ala kerasa Italianya)
  • Garam dan gula secukupnya
  • Keju parut
  • Air 
 Cara Membuat: 
  1. Cincang bawang putih dan bawang merah
  2. Panaskan butter dan olive oil di pan, masukkan bawang putih dan bawang merah. Tumis sampai aromanya harum.
  3. Masukkan daging cincang. Masak hingga setengah matang.
  4. Tuangkan susu cair UHT dan tambakan sedikit air (biar gak terlalu eneg, tapi airnya cukup). Aduk-aduk.
  5. Masukkan pastanya, matangkan seperti merebus pasta biasa. Sambil diaduk-aduk ya biar gak luber kuah susunya.
  6. Kalau dirasa kuah susunya terlalu cair setelah pastanya matang, bisa ditambahkan tepung terigu sedikit saja.
  7. Setelah itu, masukkan oregano, lada, garam dan gula sesuai selera. 
  8. Sajikan dengan menambahakan keju parut di atasnya.
Beberapa orang lebih suka bikin sausnya terpisah dengan pastanya yang dimatangkan dahulu, baru disiram saus. Kalau saya lebih suka yang seperti ini karena pastanya matang bersama dengan sausnya.

Makan pasta di rumah dengan modal seadanya bisa buat sekeluarga. Kalau gak habis, saya simpan di kulkas dan dipanasin lagi di atas rice cooker pas masak nasi. Rasanya jadi mirip-mirip makaroni schotel :D Selamat mencoba yaaa~

You Might Also Like

18 comment

  1. Ini enak. Saya pernah bikin saus bechamel dengan bahan yang sama. Tapi saya bikinnya dengan merebus tepung dan susunya dulu, lalu membubuhinya dengan oregano dan pala. Setelah mengental, baru saya siramkan ke tumisan dagingnya. Dengan cara begini, saos akan terasa keunikan gurihnya ketika digado, bukan sekedar jadi pendamping daging doang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah makasih mbak resepnya. Segera dicoba, kayaknya lebih enak caranya mbak deh hahahha

      Delete
    2. Asekk brarti kl kepingin ntar nunut vicky wae ah :p

      Delete
  2. Savee resepp yaa mba , sedapp ituu buat menu weekand dirumah

    ReplyDelete
  3. Rasanya gimana?
    Berhubung aku ga suka susu, kok sepertinya eneg gitu ya liat resepnya?
    Bisa diganti pake bahan lain selain susu, mbak?

    ReplyDelete
  4. Aku nyebutnya Mac n Cheese.. yg intinya podo wae, hehe. Dulu sering masak beginian buat anakku, praktis n gampang. Tapi seiring berjalannya waktu, anakku ganti aliran jadi lidah jowo, senengane rawon, wkwkwk. Jadi pengen masak ini lagi :D

    ReplyDelete
  5. Woo.. ternyata tak sulit ya bikin masakan pasta saus bechamel. TFS ya mbak

    ReplyDelete
  6. Maragarin rasa butter ? Palmia royal kah mbak ?
    Wah aku punya stok fusili se tuppy blm juga kumasak. Mau dibikin beginian belum sempat juga wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Ini kok kayak menu MPASI anakku, Mbak. Cuma nggak pake lada sama oregano. Hihihi. Yaamiii euy

    ReplyDelete
  8. Mau banget jadi laper...
    kirim sini dong mbaaa

    ReplyDelete
  9. Lah mbak itu fushili apa ketan susu... mirip bnaget tampilanya soalnya...hehehe
    btw enak gak bikinan sendiri ?

    ReplyDelete
  10. Ngiler...
    Cari cari bahan di dapur adanya kerupuk buat seblak, makaroninya udah abis. Yang ada mie instan ya udah midog aja 😁

    ReplyDelete
  11. Anak anak saya suka banget hidangan pasta. Fusili juga suka, tapi kadang suka pakai saus spaghetti doang sih ... belum pernah coba resep lain. Boleh juga nih dicoba.

    ReplyDelete
  12. Aku suka pasta nih. JAdi pengen langsung praktek mba ;)

    ReplyDelete
  13. aduh jadi pingin coba buat sendiri

    ReplyDelete
  14. Padahal yang bikin enak, pas panas dan saosnya yang panas juga... jadi lumer di lidah ya

    ReplyDelete
  15. Bangun tidur liat gambar postingan ini jadi laperr bgt mbk.hahaha

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia