Menyantap Aneka Mie Komplit di Warung Bakmi Jowo Mbah Gito

3:34:00 PM

Setelah kemarinnya muter-muter Sleman karena 'nyasar' dan berakhir dengan menemukan Wedang Blangkon, besoknya saya diajak mbolang lagi ke Kotagede. Iming-imingnya sih, "Ini bakmi wenak nemen, pake telor bebek, kudu nyoba, Mbak, wong wis di Jogja!" Gitu katanya Agatha.

Setelah menimbang-nimbang segala kemungkinan, akhirnya jam 11.00-an kami meluncur di jalanan berbekal GPS (again). Dan sebagai orang yang jarang turun ke jalanan Jogja, harus saya akui bahwa Jogja itu ... pengkolannya ada sejuta 'kali ya. Setiap jalan ketemu pengkolan. Yang buta arah dan buta GPS bakal sering nyasar karena kok kayaknya pengkolannya mirip gitu lho. 

Baca Juga: Wake Up Homestay Jogja, Hotel Murah dan Nyaman Buat Para Backpacker

Setelah beberapa kali nyasar, setelah 45 menit-an perjalanan naik motor, akhirnya sampailah kami ke Kotagede. Jeng .. jeng ... Di depan terpampang tulisan "Warung Bakmi Jowo Mbah Gito". Ini dia! Perut sudah isinya Godzilla ngamuk, jadi kami langsung masuk.

Di depan Bakmi Mbah Gito, ada mbah-mbah yang jualan jambu air. Cuma Rp. 10 ribu per plastik isinya sekitar 10 biji. Jambunya manis, segar. Belilah, sambil nyapa Mbahnya :)


hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Image taken by Winda Carmelita
Seperti di foto-foto berikut ini, interior warung ini semuanya dari kayu. Semacam konsepnya ada warung di dalam pepohonan di dalam hutan gitu. Warungnya cukup besar, ada pilihan mau duduk di meja-meja atau lesehan. Saya pilih yang lesehan aja, pantat udah kayak kapalan kebanyakan duduk di atas jok motor.

hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Image taken by Winda Carmelita
Di sini juga ada ruang reuni dan pertemuan di lantai dua. Harus reservasi dulu ya!

hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Image taken by Winda Carmelita

hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Image taken by Winda Carmelita
Ada beberapa jenis menu per-bakmi-an yang bisa dipilih, misalnya bakmi goreng, bakmi godhog atau nasi Magelangan. Nasi Magelangan itu kalau di Jawa Timur mirip dengan nasi goreng mawut, ada mie-nya. 

Selain menunya, ada lagi yang bisa dipilih, yaitu jenis mienya. Saya awalnya bingung. Bakmi di pemikiran saya sih ya mie telur yang kuning itu. Eh, ternyata bisa milih lho, mau mie kuning atau mie bihun atau bisa dicampur keduanya. Saya pilih bakmi godhog mie campur deh.

Yang spesial di sini adalah ... telurnya pakai telur bebek. Bener lho, saya kemakan rayuan Agatha nih, karena ternyata rasa kuahnya bakmi godhog Mbah Gito ini sedap pol! Ini tipikal bakmi yang kuahnya asin gurih, karena gak pakai kecap manis. Ditaburi seledri dan bawang merah goreng, satu porsi tandas seketika. "Aku pengen nambah maneh, Gath," bisik saya ke Agatha dan dibalas dengan tatapan, "Sumpaon, Mbak, kuat tah perutmu?"

hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Bakmi godhog mie campur | Image taken by Winda Carmelita
Sementara saya pesan bakmi godhog, Agatha yang sudah beberapa kali ke sini, memesan bakmi goreng mie kuning. Bakmi gorengnya enak, gak terlalu kental rasa manis dari kecapnya. Ayamnya juga lembut. Katanya sih ayam yang digunakan di sini adalah ayam pejantan, jadinya lembut dagingnya.

hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Bakmi goreng mie kuning | Image taken by Winda Carmelita
Makan mulu, gak minum 'kan seret. Saya pesan wedang uwuh, minuman paling segar bagaikan minuman para dewa. Tapi 'kan pas itu Jogja panas banget, saya maunya minum wedang uwuh tapi pake es! Hahahha ... Di mana-mana wedang itu harusnya panas. Tapi gimana dong, hawanya bikin pengen minum es. Jadilah saya minta ditambahkan es dalam pesanan saya meskipun pegawainya jadi bingung pas nulis pesanan "Es Wedang Uwuh" ini hehehe ... Di sini juga masih jual minuman Sarsaparilla lho, sayang waktu saya ke sana lagi habis.

hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Es wedang uwuh yang tidak ada di menu | Image taken by Winda Carmelita
Harga makanan di sini, rata-rata Rp. 20 ribu-an. Kalau menurut orang Jogja, cukup mahal sih (secara Jogja memang harga makanannya murah-murah). Tapi sebanding lah dengan porsi dan rasanya. Di Malang, gak tahu sih sayanya yang kurang menjelajah apa gimana, belum pernah nemu bakmi yang seperti ini hehehe .. Barangkali ada yang tau di mana jual bakmi di Malang yang mirip-mirip dengan citarasa bakminya Mbah Gito ini.

Setelah selesai bayar di kasirnya, seorang bapak-bapak ngajakin saya ngobrol, "Mbak, bisa baca itu?" Si Bapak bertanya sambil menunjuk rangkaian huruf Jawa yang dipasang di atas kasir. "Kalau gak salah 'Sugeng rawuh' ya, Pak? Saya sudah lupa, terakhir baca huruf Jawa pas SD hehehe ... " jawab saya. "Iya, Mbak, betul kok. Mbaknya dari mana asalnya?"

Ngobrol-ngobrol terjadi sekitar 5 menitan. Si Bapak bercerita dulunya asal Madiun, kemudian merantau ke Jogja dan akhirnya sekarang menetap di Jogja. Pas di perjalanan pulang, Agatha tanya ke saya:
"Mbak, tau gak itu yang ngajak kamu ngobrol tadi siapa?". 
"Sopo, Gath?"
"Yo iku Mbah Gito-ne, Mbak!"

:))

hotel murah jogja, yogya, hotel dekat stasiun, hotel murah dekat malioboro, hotel jogja 100 ribuan, wake up homestay, hotel murah di jogja, penginapan murah dekat malioboro, penginapan murah di jogja, penginapan 100rb di jogja, hotel murah 100rb di jogja, hotel 100rb di jogja, sosrowijayan, bakmi, resep bakmi, bakmi mbah gito, alamat bakmi mbah gito, kotagede, bakmi goreng, bakmi godog, bamki godhog, bakmie, resep bakmie
Halo Mas *cekrek | Image taken by Winda Carmelita
Warung Bakmi Jowo Mbah Gito


Jalan Nyi Ageng Nis, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta
Harga: start Rp. 5k (minuman), start Rp. 20k (makanan)

You Might Also Like

30 comment

  1. Aku ngincer wedang uwuhnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wedang uwuh itu enak bangeeeet Mbak, kayak minuman para dewa lah hahaha

      Delete
  2. Aku kira tadi mbah-mbah itu patung mbak. Tempatnya kece banget, pengen ke sini >.<

    Di Malang setauku bakmi pak karso deket Wong Solo sama bakmi jogja deketnya Tomo Steak House, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg di deket Tomoo aku belum pernah nyoba, dan gak notice hahaha aku tak nyobain ke sana mbak. Maaci rekomendasinya :*

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Gusti, bakmi dan es teh adalah jodoh yang sempurna. Aku harus ke sini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka seolah dua sejoli yang berjodoh sejak lahir. Mantap nian, Bu !

      Delete
  5. tampilan warungnya yg unik nih.... bikin pengen balik lagi..... asyik buat kumpul bareng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, ada ruang reuniannya di atas. Gede tempatnya :)

      Delete
  6. Aku juga pernah kesini mba! Dah gt pas aku lg makan pas lg ada shooting liputan untuk acara makan2 di trans 7..jd kena diwawancarain deh.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik, perut kenyang sekalian nampang ya Mbak

      Delete
  7. Ih unik ya itu bangunannya kayu kayu gitu. Bagus...

    Sama kalau ada orang tua jualan, bawaannya mau beli aja, meski apa yg dijual gak kita butuhkan. Kasian gitu dan ingin membantu usaha dan niatnya yang tidak hanya berpangku tangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, pesan Mamaku juga begitu. Kasihan, mereka semangatnya tinggi dan gak mau hanya dikasihani. Malu lah kalau yg muda malah tinggal menadahkan tangan saja :)

      Delete
  8. Unik tempatnya. Itu bakmi gorengnya bikin ngiler karena saya suka mie yang digoreng :D
    Btw... penasaran sama wedeng uwuh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, aku juga lebih suka mie yang digoreng daripada direbus sebetulnya, lebih tasty hehehe

      Delete
  9. Bakmi emang enak aplg klo di buat tradisional gitu y.. tmpt suasana kampung hmmm bikin betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, yg bikin makin laper itu suasananya semilir anginnya sama makannya sambil liat sawah

      Delete
  10. aku cateeeeeet ^o^.. tgl 9 bsk aku mw ke solo... dan biasanya kita pasti mampir ke jogja kalo lg mudik gitu... aku mw datangin ah bakmi ini :D.. kyknya enak bgt mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib kunjungi Mbak Fanny, biar ngerasain enaknya mie telur bebek ini

      Delete
  11. Asik ya tempatnya...baca ini sambil nelen ludah,laperr

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Aku Seneng Jogja. Eh, aku suka mie juga. Telor bebeknya yang nambah mie jadi gurih yo Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, rasanya bueda banget antara telur ayam dan telur bebek

      Delete
  14. gagal fokus jadinya ngeliat tempat makannya...kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mbak, adem, belakangnya ada sawah

      Delete
  15. Warungnya unik, bakmi gorengnya bikin ngiler nih.

    ReplyDelete
  16. Semoga simbah yang jual jambu airini di beri rejeki dan kesehatan oleh Allah

    ReplyDelete
  17. Ini dekat dengan rumahku dulu yang di Kotagede. Kalau kesitu bisa jalan kaki. Tapi dulu belum sebagus ini, cuma di tritisan saja. Sekarang jaman booming wisata kuliner jadi sangat terkenal dan ruangannya jadi bagus begini.

    ReplyDelete
  18. Saya pecinta mie dan penyayang lansia, jadi sampai berjumpa ya mbah, semoga kita berjodoh untuk ketemu. Post ini bikin saya tau kalo ada yang mesti ditemuin di sana. Makasih, btw.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia