Gak Lagi Dapat Ang Pao, Hati Dihibur Dengan Cashback Promo Imlek ShopBack

6:19:00 PM


Imlek … Ngomongin Imlek, saya baru sadar lho kalau di bulan Januari ini ada satu tanggal merah di tanggal 28. Saya nggak terlalu perhatian sama perayaan atau peringatan di balik tanggal merah di kalender, kecuali kalau tanggal merah di kantor saya pasti berebutan jatah piket hehehe ..

Nah, tanggal 28 Januari ini saya sudah merencanakan event bareng teman-teman saya. Eh, terus baru sadar kalau banyak narasumber yang diundang hadir, malah berhalangan hadir di hari itu karena kebanyakan sudah punya agenda masing-masing. Kebanyakan agendanya liburan. Lha, saya penasaran dong, emangnya liburan apa, kok ada long-weekend. Oalah, ternyata Imlek hehehe ..

Imlek itu … 

imlek, tradisi imlek, makanan khas imlek, shio, prediksi shio 2017, shio ayam api, tahun ayam api, cap go meh, lontong cap go meh, ang pao, ang pau, klentheng, uang arwah, uang kertas, uang kertas china, cheongsam, barongsai, barongsay, baju cheong sam, baju imlek, peruntungan di tahun ayam api, shopback, blanja.com, tionghoa, tiongkok
Image taken from fengshuiarch.com

Imlek jadi salah satu festive yang penting untuk masyarakat Tionghoa karena menandai awal tahun yang baru. Hari Imlek ini rangkaiannya sampai 15 hari yang mana hari terakhir adalah hari Cap Go Meh. Nah, tahun baru Imlek tahun ini adalah tahun 2568 dengan shio Ayam Api.

Saya lahir dengan keturunan Tionghoa 100 persen dari alm. Papa dan 50 persen dari Mama. Jadi sebetulnya saya sudah tidak asing lagi dengan perayaan Imlek. Tetapi kira-kira sudah 10 tahunan, keluarga besar gak lagi merayakan Imlek secara khusus, secara umum sih sudah tidak menjalankan ritual-ritual dan tradisi Tionghoa lagi. Karena hampir seluruhnya dari kami sudah menganut agama masing-masing dan karena kami lahir dan hidup di Indonesia jadi melebur dengan tradisi di mana kami berpijak saja :D

Kangen tradisi masa kecil … 

imlek, tradisi imlek, makanan khas imlek, shio, prediksi shio 2017, shio ayam api, tahun ayam api, cap go meh, lontong cap go meh, ang pao, ang pau, klentheng, uang arwah, uang kertas, uang kertas china, cheongsam, barongsai, barongsay, baju cheong sam, baju imlek, peruntungan di tahun ayam api, shopback, blanja.com, tionghoa, tiongkok
Image taken from chinesenewyear.com.au
 Karena sudah tidak merayakan secara khusus, saya jadi kangen tradisi sewaktu masih kecil dulu. Kalau Imlek, seringkali ada acara besar dengan teman-teman Papa. Semuanya ngumpul di suatu restoran, lalu ada perayaan yang meriah banget. Ada barongsai, ada bagi-bagi jeruk, manisan dan … angpao! Siapa coba yang gak suka sama 4 hal itu? (Kecuali jeruk buah sih, entah mengapa aku sangat sensi sama jeruk buah –_-). Semuanya berlangsung sangat meriah dan so happy banget! Tradisi berkumpul saat Imlek ini sama persis dengan tradisi berkumpul sama keluarga di hari Natal dan Lebaran, jadi keluarga yang jauh tinggalnya pun biasanya menyempatkan waktu untuk pulang kampung saat Imlekan.

Selain tradisi Imlek, kalau pas Cap Go Meh dulu saya sering ke Klentheng sama alm. Papa. Terakhir tahun 2015, sebelum alm. Papa sakit. Di banyak klentheng biasanya akan bagi-bagi makanan gratis untuk siapapun yang datang, sebagai ucapan syukur. Namanya juga perayaan Cap Go Meh, makanan khasnya pasti adalah Lontong Cap Go Meh. Tahu 'kan Lontong Cap Go Meh? Lontong sayur dengan telur petis, bubuk kedelai dan ayam opor .. Duh, ini comfort food banget lah, enaknya …

imlek, tradisi imlek, makanan khas imlek, shio, prediksi shio 2017, shio ayam api, tahun ayam api, cap go meh, lontong cap go meh, ang pao, ang pau, klentheng, uang arwah, uang kertas, uang kertas china, cheongsam, barongsai, barongsay, baju cheong sam, baju imlek, peruntungan di tahun ayam api, shopback, blanja.com, tionghoa, tiongkok
Image taken  from detikFood.com

Selain Imlek dan Cap Go Meh, tradisi yang juga saya kangeni hadir di keluarga saya adalah sembahyangan. Jadi saat masih kecil dulu, keluarga dari Papa rutin menggelar sembahyangan untuk mendoakan arwah leluhur … ya arwah Engkong Gondo juga sih. Yang saya ingat, setiap datang sembahyangan disuruh copot sepatu, ambil hio trus doa trus pai-pai (salam) ke yang lebih tua.

imlek, tradisi imlek, makanan khas imlek, shio, prediksi shio 2017, shio ayam api, tahun ayam api, cap go meh, lontong cap go meh, ang pao, ang pau, klentheng, uang arwah, uang kertas, uang kertas china, cheongsam, barongsai, barongsay, baju cheong sam, baju imlek, peruntungan di tahun ayam api, shopback, blanja.com, tionghoa, tiongkok
Image taken from WikiWand



Kemudian ada juga tradisi bakar duit-duitan kertas. Aduh saya paling kangen nih sama yang namanya ngelipat kertas bentuknya kayak pangsit gitu. Kemudian dibakar. Katanya sih ini simbolis supaya arwah
leluhur di sana sejahtera dan gak berkekurangan. Duduk ndoprok di bawah kaki Emak, ngelipetin duit-duitan kertas, trus dibakar. Abis itu makan bakmi babi sama sesajian lainnya. Wah, asli deh, aku nulis ini jadi kayak flashback ke masa lalu hahahaha …

Imlek tahun ini … 

Saya dan sepupu-sepupu sempat ngobrolin pas Natalan kemarin, "Imlekan nanti kita ngapain ya?". Tapi yah, biasalah, jika ada satu hingga 10 orang berkumpul di grup Whatsapp, ngajakin ketemuan, pasti akan berakhir dengan, "Ayo, ayo!" Trus acaranya malah gak kejadian beneran. Hahaha .. Jadi untuk tahun ini Imlekan saya mungkin gak merayakannya secara khusus. (malah sibuk sama event sendiri). Tapi ya gakpapa sih, berarti no amplopan ang pao for this year buat ponakan-ponakan. Lha wong Tante-nya ini aja udah gak dapat ang pao kok sejak sekian tahun lalu … *ngitung umur 

Sebetulnya sih, saya pengen banget membangkitkan tradisi keluarga itu. Gimana-gimana, gak boleh lah melupakan masa lalu yang membentuk kita jadi seperti sekarang, apalagi namanya juga yang membentuk suatu klan. Demi menghibur hati, saya pengennya hari itu sok-sok-an lah pakai baju Cheongsam, warna merah. Biar otentik. Tapi kok setelah kuingat-ingat, saya gak punya baju Cheongsam sama sekali *toyor kepala sendiri.

Trus kalau beli langsung di toko sih, bisa. Tapi saya 'kan kutu loncat dan jarang nge-mall. Yodah, mumpung masih jauh sih coba-coba lihat baju Imlek di internet aja. Biasanya sih, kalau mau Imlekan gini, pasti banyak promo. Yang kutemukan salah satunya di www.shopback.co.id. Ada promo baju Imlek di ShopBack.

imlek, tradisi imlek, makanan khas imlek, shio, prediksi shio 2017, shio ayam api, tahun ayam api, cap go meh, lontong cap go meh, ang pao, ang pau, klentheng, uang arwah, uang kertas, uang kertas china, cheongsam, barongsai, barongsay, baju cheong sam, baju imlek, peruntungan di tahun ayam api, shopback, blanja.com, tionghoa, tiongkok



Setelah menelusuri dan membuka-buka ShopBack.co.id, saya rasa memang kalau mau belanja di
e-commerce – e-commerce di Indonesia, lebih sip kalau lewat ShopBack.co.id dulu. Soalnya, kita bisa
dapat cashback sampai 40 persen. Kalau lewat e-commercenya langsung, biasanya hanya dapat potongan harga atau voucher 'kan? Nah, kalau lewat ShopBack, kita bisa dapat tambahan cashback lagi yang akan terakumulasi di akun ShopBack kita. Udah gitu uang cashback dari ShopBack ini bisa kita cairkan lagi ke rekening bank pribadi kita lho. Lah 'kan ya nyenengin yaaaa .. Jangan khawatir, program yang dijalankan sama ShopBack ini resmi kok, sudah bekerjasama dengan banyak e-commerce terkenal di Indonesia, salah satunya Blanja.com Indonesia.

Saya sih udah ngedim beberapa dress cheongsam lucu-lucu. Tapi bayarnya nanti aja kalau Invoice udah cair. Tapi ya nggak mau keabisan juga sih, so saya pantau terus keberadaan stoknya pakai apps-nya ShopBack yang bisa didownload di Google Playstore dan Apple Store ini. 'Kan aku gak mau ketinggalan info diskon dan promo eksklusif juga kalau pakai appsnya hahaha … (Tolong, ini bukan pelit, tapi pintar mengelola uang belanja agar tidak kebablasan :p)

Siapa bilang nonik-nonik itu pelit? Ini bukan pelit, tapi cerdas dalam berbelanja *uhuk-uhuk, batuk gede *sibak poni. Lumayan lah, gak papa gak dapat angpao. Pokoknya masih bisa dapat cashback hehehe ..

Mumpung masih ada 2 minggu-an menuju ke Imlek nih, kasih referensi dong kira-kira baju Cheongsam kayak gimana yang cocok buatku … (yang lengannya kekar ini hahahaha) 

Jadi Kalau Mau Belanja cermat dan hemat? ShopBack-in aja!

You Might Also Like

2 comment

  1. aaah...shopback itu memang paling asyik..jadi tambah semangaaat ya win belanjanya :)

    ReplyDelete
  2. udah dpt belum baju Cheongsam-nya? :) kl lagi hari raya jadi inget lagi ya sama alm papanya... semoga beliau beristirahat dgn tenang di sana, amin.

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia