Sunday, January 8, 2017

(Jangan) Merisaukan Hal-Hal Kecil

(Don't) sweat the small stuff.

Jangan meributkan atau merisaukan hal-hal kecil. Seringkali kita (atau saya) masih dibelenggu sama pemikiran-pemikiran remeh yang justru membebani pikiran kita. Mengundang pikiran-pikiran negatif itu sendiri, sengaja mendatangi 'sumber' pemikiran negatif padahal kita tahu hal-hal itu bakal bikin hati sedih sendiri.

Misalnya, sengaja melihat akun social media orang-orang yang dulu pernah dekat dengan kita. Kemudian karena satu dan lain hal, kita jadi jauh darinya. Sebetulnya itu adalah hal kecil, tak begitu penting, yang pada akhirnya menimbulkan perasaan gak nyaman. Kita pun jadi merasa terganggu karenanya. Pertanyaannya: Kenapa harus terganggu, kalau memang tak begitu perlu?

Tapi, kadang kita lupa sama prinsip "Sweat the small stuff" untuk hal-hal yang baik. Semisal hal remeh, tukang parkir yang selalu bantu mengeluarkan motor kita, teman yang mau memberi tebengan kita, orang yang mau mendengarkan cerita kita tanpa menginterupsi sedikitpun ... dan lain-lain. Bahkan terkadang kita lupa dengan orang yang secara langsung ataupun tidak, mendekatkan kita pada rejeki dan hal-hal baik. Sibuk menikmati dan terlena akan nikmatnya rejeki yang kita terima, mengesampingkan peranannya. Sibuk dengan dunianya, bahkan tak sempat menyapa 'hai'. Padahal sesederhana 'hai', seseorang bisa merasa dihargai. Gak minta ditraktir makan yang mahal atau dibelikan barang-barang mewah.

Saya juga masih sering melupakan hal-hal remeh itu. Tidak bermaksud moralis. Hanya mengingatkan diri sendiri, bahwa sesekali kita perlu 'meributkan' hal kecil yang baik, karena hal-hal kecil itu akan membuat seseorang merasa dicintai, dihargai dan utuh-penuh sebagai manusia.

2 comments:

  1. setuju banget dengan paragraf pertama, kadang kita suka mengikuti fikiran negatif yang suka bikin sakit hati sendiri dan ujung-ujungnya jadi baper :D

    ReplyDelete
  2. So basically, use your heart and logic..ada masa kita harus sweat small stuff, ada masa kita harus back off. Karena sweating on stuff, big or small, will drain your energy. So, pick up battle, girl :)

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)