Kekenyangan Nge-Babi di Warung Cahaya Kuta, Bali

7:35:00 AM

Kembali lagi dengan postingan makanan yang bikin ngiler ala Winda Carmelita. Melanjutkan tulisan travelogue 34 jam ke Bali, saya kali ini mau membahas soal kuliner kesayangan dan pujaan saya yaitu ... babi!

Entah mengapa kalau ke Bali, yang kepikiran cuma 1) Mau makan perbabian, 2) Mau ngebir-ngebir cantik di pinggir pantai. Selalu dua hal itu deh yang kepikir kalau ke Bali. Terutama yang nomor 1. Begitu mendarat di Bali, saya langsung Whatsapp teman saya, Mas Angga yang sekarang bekerja di Bali.

"Mas, aku mau makan yang babi-babi gitu, kamu ada rekomendasi di mana?"
"Coba Warung Cahaya, Win. Di Kuta. Warungnya kecil, tapi di situ babi sambal matahnya top!"
Langsung lah, setelah mendarat, ke Beachwalk sejenak cari baju, kami meluncur ke Warung Cahaya. Jam menunjukkan pukul 11.00-an hari itu. Sudah lewat jam nge-brunch sebetulnya, tapi makan siang juga belum. Tapi mobil-mobil udah banyak yang parkir di depan warung bercat putih ini. Begitu masuk di dalamnya, wuuusssh, rame banget!

sambal matah, resep sambal matah, babi goreng, kuliner di kuta, kuliner di bali, kuliner di seminyak, kuliner di legian, kuliner babi di bali, warung cahaya bali, warung cahaya kuta bali, warung cahaya seminyak, travelling ke bali, backpacker ke bali, backpacking ke bali,
Image taken by Winda Carmelita


sambal matah, resep sambal matah, babi goreng, kuliner di kuta, kuliner di bali, kuliner di seminyak, kuliner di legian, kuliner babi di bali, warung cahaya bali, warung cahaya kuta bali, warung cahaya seminyak, travelling ke bali, backpacker ke bali, backpacking ke bali,
Image taken by Winda Carmelita
Melihat kapasitas tempatnya, memang warung ini gak banyak menyediakan meja-kursi. Kira-kira cuma ada 3 meja kursi besar untuk makan beramai-ramai plus 1 meja kursi yang nempel di dinding. Warungnya bersih banget, meski ramai tapi suasananya gak berisik dan gak gerah kok.

Warung Cahaya ini menyediakan menu babi dan ayam. Sesuai saran, saya langsung menyikat babi goreng sambal matah sementara saudara-saudara saya lainnya yang gak makan babi, pesan ayam goreng sambal matah. Untuk penyajiannya tergolong cukup lama sih, tapi maklum juga soalnya pegawainya sedikit dan yang makan hari itu banyak. Sekitar 30 menit-an, seporsi babi goreng sambal matah terhidang di hadapan saya. Dan iya, porsinya gila banget! Buanyaaaak, super melimpah!

sambal matah, resep sambal matah, babi goreng, kuliner di kuta, kuliner di bali, kuliner di seminyak, kuliner di legian, kuliner babi di bali, warung cahaya bali, warung cahaya kuta bali, warung cahaya seminyak, travelling ke bali, backpacker ke bali, backpacking ke bali,
Babi goreng sambal matah, my laff | Image: taken by Winda Carmelita
 Potongan daging babinya digoreng begitu saja, kalau yang terasa di mulut sih daging babi ini cuma dilumuri sama garam dan merica. Part paling menyenangkan dalam episode ini adalah sambal matahnya yang gak tanggung-tanggung. Ditumpuk di atas potongan babi goreng, saya makan sambal matahnya sampai perut mau meletus. Habisnya, semakin dimakan kok ya ndak habis-habis 😋 Begitu juga dengan nasinya yang padat dan banyak. Duh, rasanya rasa ngantuk dan craving langsung dipuaskan begitu ketemu ini babi.

Campuran nasi yang melimpah, potongan daging babi dan sambal matah yang "wow amazing" ini cukuplah ditebus seharga Rp. 30 ribu aja. Sayangnya, potongan daging babinya ini yang bagian daging banget, bukan yang dekat samcan. Ya mungkin karena digoreng sih ya, kalau ambilnya bagian dekat samcan nanti gak bisa digoreng kering karena banyak lemaknya. Tapi saya membayangkan daging bagian samcan yang gurih-gurih melted di lidah gitu *aish, nulis ini kok jadi laper!*

Setelah makan babi goreng sambal matah ini, saya sarankan kamu untuk pesan minumnya teh panas tawar. Untuk menghilangkan aroma bawang merah mentah yang begitu aduhai nyisa di mulut :))

sambal matah, resep sambal matah, babi goreng, kuliner di kuta, kuliner di bali, kuliner di seminyak, kuliner di legian, kuliner babi di bali, warung cahaya bali, warung cahaya kuta bali, warung cahaya seminyak, travelling ke bali, backpacker ke bali, backpacking ke bali,
Image taken by Winda Carmelita

Selain babi goreng sambal matah, ada ayam goreng sambal matah, nasi goreng ayam, nasi goreng babi, kuah balung babi, sate babi dan ada juga snack-snack ringan kayak kentang goreng dan chicken nugget buat cemal-cemil sambil nunggu makanan besar keluar.

Habis pulang dari sini, saya langsung kepikiran "Duh, nanti di Malang gimanaaaa? Aku laff banget sama babi goreng sambal matah ini. Bikin sendiri aja 'kali ya?" *trus dijual-jualin di Malang *trus lepas profesi dari writer jadi buka warung babi 😆

Pokoknya, kalau kamu diperbolehkan makan babi, saya sarankan belok ke Jalan Dewi Ratih, Kuta, Bali, sediakan perut kosong untuk mencoba babi goreng sambal matah ini.

Warung Cahaya
Jalan Dewi Ratih no. 1A - Legian, Kuta, Bali
 

You Might Also Like

8 comment

  1. Menggoda, ini langganan temen gw kalo ke bali. Gw cuman bisa minun es jeruk kalo nganterin

    ReplyDelete
  2. Noted! Ntar kalo ke Bali langsung meluncur ke Warung Cahaya. #ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke sini, please-please-please aku nitip sambal matahnya. Eh, babinya juga wis mas hahaha

      Delete
  3. lagakmuuu, mau reseller babi2an dari daerah mana itu aja blm jadi2 :))))
    ndang, sana bisniskan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry Mbak Neng, saya harus fokus *kibas rambut
      Eh waktu itu mau reseller babi yg di Petungsewu yak? JAUUUH BUUUK :((

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. baca ceritamu aja mba :D.. aku ga bisa makan ini soalnya :P... tp ntr klo traveling bareng temen ke bali dan dia bisa makan porky, aku saranin ke sini deh :D

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia