Keenakan Sarapan Bubur Ayam Pak Sobari a.k.a Bubur Ayam Prodia

12:08:00 PM

Sarapan bubur itu ada di dalam kamus seorang Winda Carmelita, tapi di halaman 653416426 alias kalau gak kepepet-kepepet amat, gak memilih bubur jadi sarapan, kecuali kalau sakit lambung. Soalnya, sederhana, kok gak kenyang yaaaa .. Istilahnya, kayak makan angin, kembung doang gak tahan lama kenyangnya.

Meskipun begitu, bukan berarti saya gak doyan lho. Doyan kok sama bubur, apalagi sama bubur ayam yang dibuatin sama Mak Ik, adiknya nenek saya. Itu. Doyan. Pake. Banget. Soalnya Mak Ik kalo masak bubur itu pakai ayam kampung yang buburnya dikaron sama kaldu ayamnya. Kebayang dong, gurihnya kayak gimana.

Zaman masih kecil dulu kalau disuapin bubur ayamnya Mak Ik bisa sampai nambah-nambah. Sayangya, cucu-cucu udah pada gede semua, jadi Mak Ik sudah gak pernah bikin bubur ayam favorit itu lagi. Saya jadi kehilangan rasa bubur ayam yang super lezat itu.

Ngobrol-ngobrol sama teman kursi sebelah di kantor, Mas Eric, saya dikasih tahu kalau bubur rombong hijau yang mangkal ((MANGKAL)) di Jalan Ungaran, tepatnya di depan ex- laboratorium Prodia, itu enak. Saya ingat-ingat, dulu kayaknya pernah deh makan di situ pas masih kecil sama Mama. Atas hasutan Mas Eric, saya malah kebayang-bayang sama bubur ayam yang katanya "uenak pol kudu ditambah merica yang banyak." Sial! :))

Pagi ini, saya bangun kesiangan dan kudu latihan di gereja Ijen. Gak sempat sarapan, langsung bertekad melipir ke bubur Prodia aja untuk mendiamkan godzilla di perut. Jam 10-an ke sana, wah untungnya masih ada! Langsung pesan semangkok bubur ayam deh.

Begitu dibuka wadahnya, astaga, aroma gurihnya menyeruak. Pak Sobari menuangkan satu centong penuh bubur ke mangkok saya. FYI, bubur ayamnya ini ala-ala Chinese ya, jadi gak pakai kuah kuning sama ayam yang disuwir-suwir. Ayamnya sudah dimasak langsung sama buburnya, jadi sangat gurih. Persis rasanya dengan rasa bubur ayam buatan Mak Ik-ku.

bubur ayam, bubur ayam pak sobari, bubur ayam di malang, kuliner kaki lima malang, kuliner malang, rekomendasi sarapan di malang, rekomendasi kuliner malang, kuliner legendaris malang, bubur prodia, laboratorium prodia, resep bubur ayam, bubur kacang ijo

Bubur ayam Pak Sobari ini tipikal bubur ayam yang simpel. Gak banyak toping. Di atas bubur ayamnya, diberi taburan daun bawang, bawang merah goreng, kecap asin dan merica. Ada sambal juga, tapi saya tadi sengaja gak pakai.

Suapan pertama, rasa gurihnya gak main-main. Gurihnya ayam, tapi gak bikin blenger dan gak ada sensasi minyak yang lebay. Saya foto-foto dulu buburnya pakai ngobrol-ngobrol sebentar sama Pak Sobari, biasanya kalau bubur-bubur lain 'kan ada semacam air yang muncul di permukaan buburnya ya. Yang rasanya 'air' banget (aduh gimana jelasinnya, bingung hahahaha ... ) Tapi kalau bubur ayamnya Pak Sobari ini gak ada rasa air yang mbanyu gitu. Tetap gurih!

bubur ayam, bubur ayam pak sobari, bubur ayam di malang, kuliner kaki lima malang, kuliner malang, rekomendasi sarapan di malang, rekomendasi kuliner malang, kuliner legendaris malang, bubur prodia, laboratorium prodia, resep bubur ayam, bubur kacang ijo


Selain bubur ayam, ada juga bubur kacang ijo. Selama ini saya cari bubur kacang ijo yang kacangnya dikupas. Itu jarang banget udahan di Malang. Nah bubur kacang ijonya Pak Sobari ini pakai kacang ijo kupas plus guyuran santan yang gak terlalu manis, tapi gurih. Juara! Saya bawa pulang satu, dicampur dikit sama sirup jahe homemade buatan ibunya Mas Tooliq. Ya ampun, udah sirup jahenya enak, bubur kacang ijonya ya enak ... Kok ya campuran ini ternyata menimbulkan suatu sensasi surga dunia :))

Pak Sobari sudah berjualan bubur sejak tahun 1978. Setiap hari beliau memacu motornya dari Tumpang ke Malang. Berangkat jam 08.00, kebayang dong masaknya dari jam berapa buat dua jenis bubur segitu banyaknya. Tapi usahanya berhasil. Dulunya Pak Sobari ikut sama orang. Dia dan temannya akhirnya memutuskan buat bikin usaha bubur sendiri. Rupanya usaha temannya gak sukses, sementara usaha Pak Sobari ini malah cocok dan akhirnya lanjut sampai sekarang.

Ehyaampun, aku wawancara Pak Sobari banget lho ini tadi sambil sarapan. Hahahhaa ... Dasar insting reporter tidak kenal waktu!

bubur ayam, bubur ayam pak sobari, bubur ayam di malang, kuliner kaki lima malang, kuliner malang, rekomendasi sarapan di malang, rekomendasi kuliner malang, kuliner legendaris malang, bubur prodia, laboratorium prodia, resep bubur ayam, bubur kacang ijo


Oh iya, pas tadi makan di sini, saya dipamerin sama Pak Sobari buku kuliner Malang yang di dalamnya ada ulasan soal usahanya. Aduh so happy ya Pak :) Pake diajak kenalan trus pas aku pulang bapaknya dadah-dadah :"))))

bubur ayam, bubur ayam pak sobari, bubur ayam di malang, kuliner kaki lima malang, kuliner malang, rekomendasi sarapan di malang, rekomendasi kuliner malang, kuliner legendaris malang, bubur prodia, laboratorium prodia, resep bubur ayam, bubur kacang ijo


Eh dari tadi ngobrol belum bahas soal harganya ya? Semangkok bubur ayam atau bubur kacang ijo, semuanya dibandrol dengan harga cuma Rp. 8 ribu aja. Super murah dengan rasa yang sangat enak. Puas lah!

Saking puasnya, saya sampai gunggungan bawa pulang 2 porsi bubur lagi :") KAPAN KURUS WIND? KAPAN KAPAN AJA YAAAA

Bubur Ayam Pak Sobari a.k.a Bubur Prodia
Buka setiap hari kecuali hari Jumat
Jam 09.00 - habis (biasanya jam 11.00-an sudah habis)
Mangkal di: Jalan Ungaran, sebrang ex. Laboratorium Prodia
Harga: Rp. 8 ribu-an

You Might Also Like

12 comment

  1. Win, habis baca post an ini rasanya besok aku langsung mau ke tempat mangkal nya pak Sobari!

    (( MANGKAL ))


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Wahhh mbaaa.. Kalo pulang di dadah-dadah itu rasanya gemes2 seneng gmn gt ya mba.. Hehehe

    ReplyDelete
  3. wah mba tinggal di malang ya? sama dong aku juga stay di malang *terus* haha. salam kenal ya :)
    kayanya perlu dicoba nih. murah banget lagi! daripada bubur abah odil ihhh mahal terus biasa aja sih menurutku *curhat* haha.

    ReplyDelete
  4. murah ya harganya, kalau saya bakal pesan dua porsi tuh hahaha

    ReplyDelete
  5. murah harganya mbak .... dan porsinya juga banyak

    ReplyDelete
  6. wah, saya tak doyan bubur ayam berkuah, tapi enggak tau ya klo makan bubur pak sobari??

    ReplyDelete
  7. Lho serius kamu baru tau hahaha aku wes taunan langganan pak sobari ben moleh mesti tuku.. Lha dalah..
    Dan ternyata pak sobari tetap ya.. Pamer bukunya hahaha..

    ReplyDelete
  8. Keliatan dari tekstur buburnya pasti enaaak neh aduhh jadi pengen makan bubur nih hihihi

    ReplyDelete
  9. ya ampuuuun Windaaa...aku kangeeen buryam abang-abang kayak beginiii

    ReplyDelete
  10. wah .. dalam 2 jam buburnya sdh habis ..

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia