Sunday, April 16, 2017

Resep Cah Kangkung Saus Tiram

Ola! Kembali lagi dengan postingan soal resep, semoga gak bosan ya. Akhir-akhir ini memang lagi suka-sukanya masak karena ternyata kok memasak bagiku justru jadi kind of therapy. Kalau hari libur dan gak ngapa-ngapain, pasti terpikirnya masak. Udah jarang pegang gitar pula (gak tahu ini kudu sedih apa seneng hahahahaha)

resep cah kangkung, cah kangkung saus tiram, tumis kangkung, saus tiram, tiram goreng, resep sop, resep tumisan, resep cah,
Resep Cah Kangkung Saus Tiram | Image taken by Winda Carmelita
Ketika menulis judul di atas, saya sempat sedetik mikir sih, benernya tumis sama cah apa sih bedanya? Kayaknya nih ya, kalau tumis 'kan nggak pakai kuah walau asat. Jadi mungkin lebih ke olahan sayur yang berminyak dan berbumbu. Sementara kalau cah itu sayur yang berkuah dan berbumbu. Lha 'kan kayak sop dong? Ah, entahlah, coba bantu jelaskan ke saya ya perbedaan di atas. Kita lanjut ke resep sederhana khas masakan rumahan ini yuk:

resep cah kangkung, cah kangkung saus tiram, tumis kangkung, saus tiram, tiram goreng, resep sop, resep tumisan, resep cah,


Bahan: (seperti biasa, gak pakai takaran ya dikira-kira saja)

Kangkung segar
Udang
Bawang bombay
Bawang merah
Bawang putih
Cabai merah besar
Cabai rawit
Saus tiram
Kecap asin
Gula
Garam

Cara Memasak:

  1. Cuci bersih udang, pisahkan kepala dan ekornya. Rebus kepala dan ekornya menjadi kaldu. Sisihkan
  2. Cuci kangkung di bawah air mengalir. Potong bagian batangnya dan pisahkan dengan daunnya. 
  3. Potong-potong bawang bombay memanjang.
  4. Rajang bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit.
  5. Panaskan minyak dengan api sedang, tumis bawang merah kemudian bawang putih. 
  6. Setelah aromanya harum, masukkan bawang bombay, udang dan kedua cabai.
  7. Masukkan batang kangkung terlebih dahulu dan siram dengan kaldu udang. 
  8. Setelah batang agak lunak, masukkan daun kangkung. Tambahkan saus tiram, kecap asin, gula dan garam.
  9. Aduk-aduk rata dan koreksi rasanya. Jangan terlalu overcooked ya untuk kangkungnya. 
  10. Angkat, sajikan.
Cah kangkung saus tiram ini enak kalau kuahnya asin dan nggak terlalu berasa 'air'nya. Makan pakai nasi panas kebul-kebul dan ikan goreng. Juara!

11 comments:

  1. Tanpa lauk ikan/ayam aku aja demen sama kangkung 😃 rada oot nih, aku suka cara windi moto~~

    Suika-lovers.com

    ReplyDelete
  2. Iya kangkung dan sesayuran lainnya ini memang juara kok mbak, bikin pencernaan lancar! Hahaha.. Wah makasih yaaa complimentnya :*

    ReplyDelete
  3. Aaah winda pinter masak jugaaa! Aku juga suka masak kalau lagi pusing hehe.. looks yum!

    ReplyDelete
  4. You know what, kangkung adalah salah satu sayur kegemaran saya.

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget kankung mba. Jadi pengen mencoba yang ini :)

    ReplyDelete
  6. ele ele ini mah kesukaan aku. sedao emang rasanya

    ReplyDelete
  7. ini cah kangkung nya bisa diantar ke rumah gak ?? ... wkwkkw

    ReplyDelete
  8. setuju banget kalo masak termasuk kind of therapy..

    :D :D

    ReplyDelete
  9. Waah, pas banget ini, aku sekeluarga suka kangkung, ada resep baru begini, dicoba ah.

    ReplyDelete
  10. Sy paling doyan cah kangkung mbak, kadang digadoin aja ga pake nasi :D

    ReplyDelete
  11. Kalo makan seafood, anak-anak biasanya minta juga cah kangkung, cah sayur lain mereka nggak suka :D

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)