Resep Tahu Cabe Garam

11:20:00 AM


resep tahu, resep tahu cabe garam, tahu cabai garam, resep tahu cabai garam, menggoreng tahu, tahu pong, tahu kediri, tahu crispy,
Tahu cabe garam | Image taken by Winda Carmelita
Lagi suka mencoba masak-masak sesuatu yang biasanya saya makan di restoran dan diduplikasi di rumah. Kadang suka kesal sendiri soalnya, ini makanan harganya mahal banget seporsinya kalau di restoran. Padahal bahan bakunya murah, seperti misalnya tahu cabe garam ini. Cuma tahu digoreng, dilumuri bumbu bawang putih sama cabe dan garam. Tapi kenapa harganya mahal sampai Rp. 15-20 ribuan.

Oh, iya yang mahal pajak sama branding restorannya :"(

Beberapa waktu yang lalu makan tahu cabe garam sambil meeting, kemudian kok laparnya jadi gak main-main. Pengen nambah nasi putih, tapi nggak dijual di cafenya. Ah, saya jadi kebayang-bayang makan tahu cabe garam sama nasi putih panas kebul-kebul. Sudah, kita masak aja sendiri di rumah!

resep tahu, resep tahu cabe garam, tahu cabai garam, resep tahu cabai garam, menggoreng tahu, tahu pong, tahu kediri, tahu crispy,
Image taken by Winda Carmelita

Bahan (seperti biasa, tanpa takaran ya):
Tahu putih
Bawang putih (sebagian untuk digoreng, sebagian untuk ditumis)
Bawang merah
Cabe rawit merah dan hijau
Cabe keriting
Daun bawang

Bahan lapisan tahu:
Tepung terigu
Bubuk bawang putih
Tepung tapioka

Bumbu lain:
Garam
Penyedap rasa

Cara membuat:
  1. Rebus tahu dalam air mendidih, beri 1 sendok garam. Angkat, tiriskan, potong dadu.
  2. Bumbu lapisan tahu: Campur tepung terigu dengan tepung tapioka. Perbandingannya 2:1. Untuk bumbunya, bubuk bawang putih, garam dan penyedap rasa.
  3. Pastikan tahu kering setelah direbus. Gulingkan ke dalam bumbu tepungnya sampai terbalur sempurna.
  4. Goreng tahu dalam wajan berisi minyak panas tapi apinya kecil saja biar nggak kebrangas. Jangan keburu-buru dibolak-balik, biarkan sampai tepungnya matang di satu sisi. Baru dibalik.
  5. Angkat saat tahu sudah berwarna kuning keemasan. Sisihkan.
  6. Bumbu cabe garam: Rajang bawang putih secukupnya, goreng dalam minyak panas. Gorengnya yang cepat ya, sambil terus diaduk-aduk supaya bawang putih nggak gosong dan jadi pahit.
  7. Dengan menggunakan minyak bekas menggoreng bawang putih tadi + sedikit mentega, tumis bawang putih mentah, bawang merah dan daun bawang. Tumis sampai aromanya keluar. 
  8. Saat bumbunya akan kering, masukkan tahu ke dalam wajan. Tambahkan bawang putih gorengnya. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur dengan tahu.
  9. Koreksi rasa. Angkat, sajikan.
Modal bikin ini cuma Rp. 10 ribu, bisa dapat 2 porsi seperti foto di atas. Dimakan berdua buat sarapan sama makan siang, plus nasi putih panas. Nambah dua kali dong :))


You Might Also Like

2 comment

  1. Ini fav aku klo makan di resto yang itu tuuhh. Karena pada dasarnya doyan yang gurih2. Ternyata gampang ya buatnya. Itu tahunya pake tahu putih apa mba? tahu cina kah?

    ReplyDelete
  2. simpel nan yummce ni ya mbaaa :)

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia