Saturday, April 22, 2017

Build Your Online Presence #1: Memperluas Reachability di Social Media

3 tahun yang lalu, secara impulsif saya tiba-tiba jadi rajin menulis di blog ini. Setelah melongok tabungan, saya memutuskan untuk membeli domain .com untuk blog saya. Yah, ada yang berkomentar, "Halah, sok amat sih, di .com-in segala. Situ artis?" Wah, padahal nggak segitunya sih, saya cuma pengen punya kenang-kenangan akan keberadaan saya di dunia maya. Itu saja.

Siang ini saya membaca data dari Newsroom Facebook yang menyebutkan, per Desember 2016 lalu jumlah pengguna Facebook ada 1,86 milyar users di seluruh dunia. Sementara pengguna Instagram ada 600 juta users per Januari 2017. Twitter, yang lebih dulu hadir daripada Instagram, harus berpuas di angka 318 juta users per kuartal ke-4 2016. Tapi, tetap, jumlah users yang sangat banyak, membuat kita berasa cuma debu di telinga Horton si Gajah ya?

Hears whooo? | Image taken from giphy.com

Jutaan users itu 'memaksa' kita untuk punya karakter supaya mudah ditemukan. Waduh, kok berat Wind? Nggak usah kejauhan mikirnya, karena sebetulnya kita bisa memperluas reachability di social media dengan 3 cara ini:



Pilih ID/Username yang mudah diingat dan dicari

Beruntunglah yang punya nama asli unik, atau paling tidak nggak ada yang kembar dengan nama kita. Ternyata nama saya pun masih belum ada yang menyamai, jadi tidak susah buat saya untuk 'memarkir' username 'Winda Carmelita' di berbagai platform social media yang saya miliki. Tapi, kalau namanya tipikal nama sejuta umat, misalnya nih teman saya 'Sekar Arum' atau 'Riski Amalia', ada berapa ribu orang di Indonesia bahkan di dunia ini yang punya paduan nama yang sama? Wah, itu PR banget untuk mencari nama yang unik, mudah diingat dan dicari. Untuk poin ini, kita bolehlah mencontek Awkarin atau Anya Geraldine -- yang mana nama aslinya ternyata adalah Nur Amalina Hayati .. Hayoloh!

Seragamkan ID/Username di semua platform

Pernah punya pengalaman sebagai mimin yang harus tag-tag-in banyak band dalam suatu acara, bikin saya sempat ngos-ngosan kalau harus mencari username band-band pengisi acara di Instagram. Di Instagram, user ID-nya beda dengan yang di Facebook dan Twitter. Bahkan, hanya untuk tanda atau karakter seperti spasi atau titik (kalau di Instagram) yang berbeda antar platform itu sometimes bikin geregetan lho. 

Itu baru saya sebagai mimin. Lha ya apa kabar buat promotor musik atau event organizer atau anak-anak agency yang pengen mencari tahu profil seseorang, dengan tujuan akhir berbisnis. Pusing duluan Kak. Makanya itu, penting buat menyeragamkan ID atau username di semua platform supaya mudah dicari.

Cantumkan kontak bisnis yang jelas

Mengundang seseorang ke rumah, tapi nggak ditunjukin rumahnya di mana. Hampir sama seperti itulah ibarat mereka yang menjual jasa dan karya di social media tanpa memberi keterangan ke mana bisa menghubungi secara detil. Beberapa waktu yang lalu saya sempat mencari beberapa influencer di Instagram. Kebanyakan sudah mencantumkan kontak bisnisnya, baik pakai fitur IG for Bussiness maupun ditulis di bio. Tapi, masih banyaaaaak banget yang belum melakukan ini. 

"Kan gampang, tinggal dikomen aja, 'Boleh minta e-mailnya? via DM" Untuk selebgram-selebgram, dengan banjir likes dan comment bisa sampai ribuan setiap post, sepertinya kecil kemungkinan mereka aware dengan pesan-pesan yang masuk. 

Jadi, cantumkan saja kontak bisnis yang jelas dan biarkan mereka yang ingin bekerja sama denganmu menemukan dan menghubungi dengan mudah.

Baca Juga: Let Your Tweet Speak Your Music

Tulisan ini saya sampaikan berdasarkan pengalaman saja. Punya tips yang lain? Boleh banget, sampaikan saja di kolom komentar di bawah, nanti akan saya tambahkan di postingan ini :)

Bersambung ke part selanjutnya.

Tulisan ini merupakan bagian dari penyampaian materi Winda Carmelita untuk Record Store Day 2017 - Malang, 22 April 2017.

Tulisan terkait yang menarik lainnya tentang pentingnya menulis press release yang baik untuk musisi dari Samack : Assemble The Press Kit, Turn That Shit Up!




8 comments:

  1. Mbak kalau beli nama domain.com caranya gimna yah? Butuh saran dong

    ReplyDelete
  2. twitterku doang yang belum diubah ID-nya ==; soalnya lebih ke akun ngoceh dan kalo dicampur jadi akun untuk support blog gimanaa gt /plak

    eh, follow2an di IG yuk~ @suikalova kalau berkenan :D

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
  3. Ku udah seragam, @idahceris, Wind. Uuunch...makasih sharingnya, ya. ;)

    ReplyDelete
  4. Thanks informasinya mbak, jadi tambah tahu ne sekitar media sosial.

    ReplyDelete
  5. iya bener banget ya mba, supaya enak dan gampang di follow, antar social media baiknya sih satu nama yang seragam.. thanks sharing tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  6. AH GAASIK AAAH MEGA KELEWAT AAAH :'( Mbak gak pengin mention Mega kalau ada event keren? Mega ini sering cupu gak tau informasi terbaru :'(

    ReplyDelete
  7. Sometimes aku suka ignorance masalah sosial media hahaha, kadang baru 'sadar' ketika ada yg nyenggol buat kerjasama. Tapi itu pun ngga terlalu memaksakan diri, karena I'am what you see on my sosmed and I don't want to being fake about it hahahaha jadi semua dibawa hepi aja :D

    ReplyDelete
  8. Bagus article ini.
    Aku suka

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)