Monday, May 1, 2017

Resep Bala-Bala Tahu dengan Sambal Kecap Bawang

Meskipun banyak yang bilang, makan gorengan itu gak baik, tapi ... gak bisa dipungkiri melawan godaan gorengan itu susah banget. Lebih susah daripada disuruh berhenti ngeliatin koleksi lipen terbaru :')

resep bala-bala, resep gorengan, bala-bala tahu, resep weci, weci goreng, sambal bawang, sambal kecap, sambal bawang kecap, sambal kecap bawang,
Bala-bala tahu sambal kecap | Image taken by Winda Carmelita
Salah satu gorengan yang mana gak bakal cukup cuma makan satu buah adalah bala-bala tahu ini. Di Malang sih yang jualan bala-bala gak sebanyak yang jualan weci goreng. Yang bentuknya kayak begini, cuma ada di rumah saya. Percayalah, ini enak banget dimakan di segala suasana, mau panas atau udah dingin, semuanya tetap enak dan berpotensi besar ngabisin nasi di mejikjer :)) Ini resepnya:

resep bala-bala, resep gorengan, bala-bala tahu, resep weci, weci goreng, sambal bawang, sambal kecap, sambal bawang kecap, sambal kecap bawang,
Image taken by Winda Carmelita
Bahan bala-bala: (seperti biasa, gak pakai takaran ya, dikira-kira aja)

Tahu putih, pilih yang teksturnya padat
Kecambah 
Tepung terigu
Telur
Bawang putih (boleh pakai bubuk, boleh bawang putih mentah dihaluskan)
Daun bawang
Udang 
Bumbu penyedap

Bahan sambal kecap:

Kecap manis
Bawang merah
Bawang putih
Cabai merah besar
Cabai rawit
Jeruk nipis

Cara Membuat:

  1. Potong-potong tahu putih, goreng setengah matang. Sisihkan.
  2. Masukkan tepung terigu, telur, bawang putih, bumbu penyedap, telur, udang yang sudah dihaluskan. Tambahkan air, aduk-aduk sampai kental. Pokoknya adonan terigu ini harus kental banget karena kalau cair bakal gagal, jadinya rempeyek dong :))
  3. Setelah tahu mendingin, masukkan ke dalam adonan tepung.
  4. Dengan menggunakan centong besi, bulatkan dan goreng di dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Angkat.
  5. Sambal kecap: Rajang kasar bawang merah, bawang putih, cabai merah besar dan cabai rawit. Campurkan ke dalam kecap manis. Kucuri dengan jeruk nipis. Aduk rata.
  6. Sajikan bala-bala tahu beserta sambal kecap bawangnya.
Gimana, udah habis berapa piring? :))


3 comments:

  1. Yang dikasih sambal semua enaak /ga deng, cheesecake nggak lol

    ReplyDelete
  2. kalau makan gorengan, aku lebih suka pakai saus sambal :D

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)