Resep Setup Makaroni Khas Solo

8:30:00 AM

resep setup makaroni, makaroni, mesin giling, daging giling, resep MPASI, solo, masakan khas solo, resep khas solo, kuliner solo,

Kalau ditanya menu comfort food yang saya suka makannya dan suka bikinnya, bolehlah saya menghamba pada yang namanya setup makaroni. Setup makaroni adalah masakan 'ribet' pertama yang saya pelajari (selain masak air, telur ceplok, mie instan dan nasi goreng bumbu instan tentunya).

Setup makaroni ini kelihatannya kayak makanan dari Barat ya? Padahal sebetulnya makanan ini adalah makanan khas Solo lho. Katanya sih, setup makaroni ini menu favorit para bangsawan Solo *benerin konde dulu*. Nggak heran sih, lha memang uenak nemen notok njedog kok.

Setup makaroni ini cara masaknya gampang dan pasti enak. Apalagi buat makanan kalau pas lagi nggak enak badan. Karena rasanya yang creamy terus hangat berkat merica dan palanya. Langsung cuss ke resepnya ya:

Bahan (seperti biasa tanpa takaran):

Makaroni, rebus dulu dan beri sedikit minyak dan garam.
Daging ayam (ada yang suka dipotong dadu. Kalau saya suka yang giling. Bisa digiling pakai mesin penggiling, bisa langsung beli yang berbentuk gilingan di supermarket)
Susu sapi cair tawar
Kaldu ayam
Bawang bombay
Telur ayam
Mentega buat menumis
Pala dan merica bubuk
Keju cheddar parut
Garam dan gula

Cara membuat:

  1. Panaskan mentega, tumis bawang bombay sampai harum
  2. Masukkan daging ayam. Tambahkan garam, merica bubuk dan pala.
  3. Tuang kaldu ayam dan susu sapi, aduk-aduk. Bumbunya harus terasa ya, karena nanti kalau makaroninya masuk, cenderung menyerap bumbu.
  4. Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam panci, aduk-aduk sampai mengental.
  5. Terakhir, masukkan makaroni.
  6. Taburi keju parut.
resep setup makaroni, makaroni, mesin giling, daging giling, resep MPASI, solo, masakan khas solo, resep khas solo, kuliner solo,
Image taken by Winda Carmelita
Selesai deh! Ini enak banget dan makannya nggak cukup satu mangkok. Kalau punya sosis sapi juga bisa dijadikan isiannya. Selamat mencoba :D

You Might Also Like

6 comment

  1. Ini enak banget Mbak! Dl ngicipin di viens. Ah makasih resepnya, jadi pengen nyoba bikin sendiri

    ReplyDelete
  2. kebiasaan masak yg instan
    tapi bisa dicoba
    siapa tau dapet bangsawan solo *uoposeh

    ReplyDelete
  3. mauuuu bikin baru tau ini dari Solo apalagi selera bangsawan *ikutan benerin konde 😂

    ReplyDelete
  4. Wuih bumbunya gak ribet ya mbak. Makasih sharing resepnya, kapan2 tak nyoba bikin ah

    ReplyDelete
  5. Kayaknya mudah nih bikinnya, yummy pulaak hhhmmmm bikin mupeng :)

    ReplyDelete
  6. kayanyaa enaak yaa..dan ga usah ribet2 masuk oven :D

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia