After Lunch Music: Sway and Swing Low

2:39:00 PM



Udah lama adanya aku nggak menulis soal lagu-lagu yang sering kudengarkan akhir-akhir ini. 2 tahunan lalu, masih lumayan sering menulis tentang soal musik-musik yang menyenangkan di tag After Lunch Music. Nah, mumpung ini ada libur beberapa hari, aku kembali lagi menulis tentang After Lunch Music.

Sway - Bic Runga


Beberapa waktu yang lalu, aku nonton (lagi) American Pie pertama di iflix. Dari semua OST film ini, tentu aku paling suka sama Sway-nya Bic Runga. Ini waktu lagi adegan ihik di akhir-akhir pokoknya. Terus, aku baru menyadari kalau: 1) Lagu ini muncul di tahun 1997, zaman-zaman Girls Power macam Natalie Imbruglia, Lisa Loeb, Alanis Morrisette gitu ya. Banyak banget zaman itu penyanyi solois perempuan yang lagunya bagus; 2) Film dan lagu ini lawas banget, saking lawasnya aku baru kelas 1 SD kala itu dan oh tentu saja, nggak boleh nonton filmnya, cuma dengar lagunya di radio aja hahahahak ...

Ada yang njamani lagu dan film ini dulu? Hmm, ini pertanyaan menjebak ya :))

Giorgio Tuma - Innocenza Cetra


Spotify brought me to his arms. Awalnya, kukira Giorgio Tuma ini semacam penyanyi-penyanyi folk galau pada umumnya. Tapi ternyata ketika sampai ke lagu Innocenza Cetra, aku jadi makin penasaran. Sungguh lagu ini adalah lagu yang paling nikmat dinikmati di cuaca yang mendung, sambil ngelamun di Teras Pembawa Kantuk. Entah kenapa, setiap mendengarkan Innocenza Cetra, di pikiranku adalah suatu scene film pendek dengan cinematography yang surem-surem, dingin, lampu temaram, seorang perempuan mengaduk kopi dengan seorang pria bertelanjang dada di sebelahnya, tertidur pulas.

Kemudian ada suara kencang dari balik tembok ... Ternyata token listrik abis ... YA GAK LAH! :))

Selain Innocenza Cetra, lagu Giorgio Tuma yang lain yang juga menggerus perasaan adalah Noel 1981. Dua lagu ini dari album "In The Morning We Meet" tahun 2011.

Senar Senja - Dialog Hujan


Walau bukan pemuja senja, pencinta hujan, peniup gelembung sabun, pencuci piring *halah*, aku suka dengan lagu Dialog Hujan dari Senar Senja. Kok ya Senar Senja ini nggak sepopuler band-band folk lain seperti Payung Teduh ya? Tapi kalau bandnya populer terus semua orang jadi suka, aku jadi nggak suka *halah (2). 

Lagu lain yang enak dikuping dari Senar Senja adalah Menua Berdua dan Untukmu Yang Baru Saja Diwisuda, dari album Bersenjagurau (2011).

The Milk Carton Kids - Snake Eyes


Awal berkenalan dengan anak-anak karton susu ini saat mendengarkan mereka meng-cover Wish You Were Here-nya Pink Floyd. Randomly, aku coba lagu lainnya. Eh ternyata yang kuputar adalah lagu Snake Eyes. Lagu yang benar-benar "Swing low~, swing low~" seperti liriknya. Kalau mendengarkan The Milk Carton Kids mungkin sekilas mirip dengan Kings of Convenience dengan sama-sama mengusung format duo folk. Tapi kalau aku lebih merasa The Milk Carton Kids ini lagu-lagunya lebih variatif. Kadang juga terdengar kayak Simon&Garfunkel tapi lebih modern. Ah, pokoknya enak!

Carole King - Say Goodbye Today


Rata-rata orang mengetahui Carole King dari lagunya "You've Got A Friend." Pendapat pribadi sih, kalau menurut saya, her BEST song is ... Say Goodbye Today. Secara random, beberapa tahun yang lalu saya menemukan lagu ini di Youtube, kemudian ketika ubek-ubek Soundcloud lagi, saya ingat teman saya, Rizal BR, pernah membuat cover lagu ini di akunnya. 

Lagu ini memberi little goosebumps di hati. Entah lompatan-lompatan nadanya yang bisa mengaduk-aduk perasaan. Di video di atas, King menyanyikan lagu ini hanya dengan grand piano dan benar-benar soulful. Kalau kata Mas Yoel, dia tiba-tiba ingat scene saat putus dengan mantannya :))

Sayangnya, lagu ini nggak sepopuler lagu Carole King yang lain.

Punya playlist nikmat pembawa kantuk dan penggerus perasaan lain? Have a good week, Guys! :D 

Image taken from glidemagazine.com

You Might Also Like

0 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia