Wishlist: Dari Gunung Bromo Hingga ke Indonesia Timur Untuk Memperkaya Jiwa

11:16:00 PM

bromo dari B29 travel.tribunnewscom.jpg
sumber foto :travel.tribunnews.com - Bromo dari B29
Salah satu buku tulisan penulis Indonesia yang saya sukai adalah buku "The Power In You", tulisan Ollie. Baca buku itu menyenangkan sekali buat saya, yang waktu itu baru lulus kuliah, karena saya merasa kayak didorong oleh Ollie supaya "Bermimpi itu boleh banget, mumpung gratis."
Tapi, semakin ke sini, saya merasa kalau mimpi-mimpi yang saya rancang bertahun lalu itu, kok kayaknya kalah sama realita dunia orang dewasa ya. Hehehe. Bukannya gimana sih, tapi mimpi yang dulunya cuma angan, perlahan saya putar-balikkan jadi "goal" yang harus dicapai. Ya gak?
Salah satu goal saya dalam jangka pendek ini adalah ... pengen liburan (lagi). Mungkin bagi sebagian orang, berlibur itu gampang banget macem nyetir pakai motor matic lah. Tinggal merem, cuss, langsung sampai. Tapi, buat saya, merencanakan liburan itu sama dengan membereskan pekerjaan-pekerjaan yang never-ending-tapi-patut-disyukuri, sebelum bisa santai-santai. Dan menurut saya, liburan bukan "obat". Ya, realistis sajalah, sepulang liburan toh masalah-masalah kita juga masih harus diselesaikan.
Saya pengen berlibur yang menambah suatu nilai dalam hidup saya. Entah itu dengan berlibur bareng teman-teman (lagi) sehingga saya bisa mengenal mereka, atau berlibur yang mana saya jadi tahu atau kenal masyarakatnya. Nah, tempat-tempat ini lho yang, aslik, pengen banget saya kunjungi buat memperkaya jiwa:
Gunung Bromo
Meskipun di Indonesia terdapat puluhan gunung, namun Bromo selalu berhasil memikat hati saya. Keistimewaan Gunung Bromo terletak pada lautan pasirnya yang terbentang luas, ada juga padang sabana dengan puluhan bukit hijau yang mengitarinya. Saya pernah hiking dari Jarak Ijo ke Ngadas, kemudian bobok-bobok di padang sabananya dan bahkan ... pernah kejebak aliran 'sungai' gara-gara hujan deras di padang pasirny. Ah, memang Gunung Bromo gak pernah bosan untuk dikunjungi kok!
Gunung Bromo terletak di Provinsi Jawa Timur dan berada dalam empat kabupaten, yakni Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.
Pulau Komodo
pulau komodo anekatempatwisatacom.jpg
sumber foto: anekatempatwisata.com
Saya itu terobsesi ingin sekali ke Indonesia bagian Timur karena sampai hari ini belum kelakon juga hahaha ... Gara-gara pernah megang akun social media suatu destinasi akomodasi di salah satu wilayah Indonesia Timur, dan seriusan, lihat foto-fotonya aja kayak langsung pengen pinjem karpetnya Aladin biar cepat sampai di sana. Terutama, Pulau Komodo.
Sesuai namanya, tempat wisata populer yang satu ini adalah habitat alami hewan Komodo. Berada di Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo menawarkan keindahan alam berupa padang sabana luas yang ditumbuhi pohon lontar dan yang pasti hewan Komodo yang hanya ada di Indonesia. Pulau ini juga termasuk dalam warisan dunia UNESCO.
Pulau Lombok
Jadi, saya punya teman kantor yang berasal dari Pulau Lombok. Setiap ngobrolin soal tujuan wisata di Lombok, dia sering bilang, "Mbak, kamu harus coba ke Lombok, menginap di rumah-rumah penduduk dan pergi ke pantai. Bakar ikan langsung di pinggir pantai." Diberi bayangan seperti itu, lhayo Winda Carmelita sudah pasti tergiur. 'Kan enak ya, di pinggir pantai, bakar ikan atau seafood, minum bir dingin sambil memutar lagu-lagunya The Beach Boys :')
Kalau ke Pulau Lombok, tempat wisata yang populer adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Tiga lokasi yang menurut cerita banyak orang, pasir putih dan air lautnya yang sangat jernih. Kalau kata teman saya, menuju ke ketiga gili tersebut nggak ada kendaraan bermotor, melainkan naik cidomo, kendaraan yang mirip delman. Makanya udara di sana bersih banget.
Pulau Bali
bali thejakartapostcom.jpg
sumber foto: thejakartapost.com
Lha, emang kemarin masih kurang ke Balinya? Kuraaang~ Karena Bali itu sangat luas dijelajahi. Dari daerah pegunungan, desa adat, air terjun sampai pantai, memang Bali itu punya daya magis yang nggak terungkapkan. Pergi ke Bali memang selalu membekas di hati sih, makanya nggak jarang wisatawan luar negeri lebih mengenal Pulau Bali daripada Indonesia.
Salah satu yang jadi keinginan saya jikalau waktu dan tempat mengijinkan *halah, emang mau pidato, Wind?* saya tertarik sekali belajar budaya masyarakat setempat, terutama di daerah Ubud. Pengen belajar masak menu-menu tradisional khas Bali, belajar basket weaving, belajar tarian khas Bali dan juga merasakan ikut dalam prosesi upacara keagamaan masyarakat Bali. Sounds interesting ;)
Raja Ampat
Selain yang saya singgung di atas soal Pulau Komodo, salah satu tujuan wisata di Indonesia TImur yang pengen saya datangi adalah Raja Ampat. "Surganya bawah laut", gitu kata orang-orang. Bukan tanpa alasan memang, tempat wisata populer yang satu ini merupakan rumah dari hampir 75 persen spesies terumbu karang di seluruh dunia. Eh, konon Raja Ampat memiliki sekitar 600 barisan pulau dan hanya 35 yang dijadikan pemukiman oleh penduduk setempat.
Tapi kalau ke Raja Ampat nggak bisa berenang, rugi juga ya. Apa aku harus lanjut les renang lagi? :"))
Puncak Jaya
puncak jayawijaya lensajelajahcom.jpg
sumber foto: lensajelajah.com 
Saya kadang ngenes. Papa saya, om-om saya bahkan 3 sahabat saya, semuanya sudah pernah muncak. Lha saya, harus puas dengan hiking-hiking kecil. Padahal, pengennya nyicipin Puncak Jaya. Nah, satu lagi tujuan di Indonesia Timur yang menyenangkan buat dikunjungi. Puncak yang berlokasi di Provinsi Papua ini memiliki ketinggian sekitar 4.884 di atas permukaan laut.
Heran nggak sih, Puncak Jaya ini di Indonesia, tapi ada salju abadinya. Unik ya! Kalau ingin ke puncak tertinggi di Indonesia ini, wisatawan harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang menunjang.


Itu dia beberapa tempat-tempat yang ingin saya kunjungi. Yah, beberapa di antaranya sudah pernah, bahkan sering. Tapi selain karena kepopulerannya, saya yakin setiap tempat yang kita kunjungi akan memberikan kekayaan batin untuk kita.
Lebih bijak mengenali keindahan negara sendiri sebelum berkunjung ke luar negeri ya 'kan? Eh, kalau mau mendapatkan informasi lebih lanjut tentang tempat wisata paling terkenal di Indonesia, bisa intip deh di Traveloka.
Kalau kamu sendiri, dari ke-enam tempat wisata populer yang saya sebutkan, mana yang ingin kamu kunjungi (lagi)?

You Might Also Like

2 comment

  1. Mimpi sayaaaa Mbak, bisa mampir ke temmpat-tempat indah itu, moga bisa jadi nyata yaaa :)

    ReplyDelete
  2. Pinginnya sih ke labuan bajo dan pulau komodo. Mupeeeeng banget sama alam disana

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia