Senjata Tempur di Dapur Buat Si Anak Kemarin Sore

7:17:00 AM

resep masakan ayam
Sebagian dari hasil kerusuhan di dapur
Sebagai anak dari Mama yang pinter masak, tapi kitanya gak bisa masak itu rasanya kayak kesal sendiri. Saya sih merasanya gitu. Semua orang yang kenal sama Mama, terus pernah makan di rumah, pasti bilang masakan Mama itu enak. Memang enak sih, buktinya saya mengembang sampai segini hahahah ...

Karena masakan Mama yang enak itu, kalau saya nggak bisa masak kok rasanya ya njomplang sama kemampuan emak sendiri. Padahal dari kecil saya ya biasa di dapur, ngulek bumbu pepes di layah (cobek) gede atau numbuk kacang buat bikin bumbu pecel. Tapi masakan saya (dulu) amburadul banget rasanya. Pengen banting cobek rasanya, soalnya gak sebanding repot dan ribetnya di dapur sama rasanya yang ... bikin pengen tobat cepet-cepet.

"Ma, kok masakanku gak enak ya?"
"Aaah, yo nggak kok."
"Winda gak bisa masak :("
"Bukan gak bisa, belum terbiasa. Nanti 'kan ya bisa. Kalo gak bisa-bisa yowis makan di luar ae toh.."

Hmm, kalau makan di luar terus, ya terasa pengeluarannya. Maksudnya gini, kadang buat makan dua orang totalnya Rp. 50 ribu-an buat 1-2 jenis makanan. Padahal kalau masak sendiri, bisa untuk masak 2-3 jenis masakan dan lebih dari 2 porsi atau 2 kali makan.

Diilhami ilmu hitung-hitungan pelit dan karena saya sadar jarang banget di rumah kalau hari kerja, maka saya memutuskan belajar masak di hari Minggu. Maksudnya sih pengen masakin Mama menu-menu yang biasanya kita makan di resto, biar lebih hemat dan lebih higienis. Jadilah, sejak tahun lalu, setiap weekend saya sempatkan masak. Soalnya kalau hari biasa, saya belum bisa bagi waktu sama kerjaan (jam 4-5 pagi sudah duduk manis di depan laptop).

bumbu dapur
Image taken from pixabay.com
Nah, karena doyan masak tiap weekend itu, saya jadi belajar sendiri soal bumbu-bumbuan yang harus distok supaya memudahkan kalau mau masak buat anak kemarin sore macam saya ini. Bumbu-bumbuan simpel ini bikin rasa masakan jadi lebih enak, lebih keluar citarasanya.

MINYAK WIJEN

Saya paling suka bikin Chinese food soalnya gampang banget tinggal cemplang-cemplung. Nah, dengan minyak wijen, rasa masakan itu jadi beda lho. Walaupun pakainya cuma 1/2 sendok teh, pasti terasa bedanya. Nasi goreng sama kecap aja kalau ditambahin minyak wijen rasanya jadi wow! Jadi sebotol minyak wijen pasti saya stok di dapur.

Baca Juga: Resep Mie Ayam Jamur

KECAP IKAN

Hampir sama dengan minyak wijen, kecap ikan ini juga wajib ada di dapur saya. Kecap ikan ini rasanya asin dan kerasa aroma ikannya. Biasanya saya cipratkan sedikit di nasi goreng, bakmi atau kalau bikin tumisan.

SAUS TIRAM

Saus tiram ini juaranya mengubah rasa masakan jadi lebih kuat dan gurih soalnya terbuat dari tiram yang difermentasikan. Kalau sudah pakai saus tiram, biasanya saya kurangin pemakaian garam dan kecap asinnya. Soalnya sudah asin banget sih.

Baca Juga: Resep Cah Kangkung Saus Tiram

KECAP ASIN dan KECAP MANIS

Kalau ini sudah gak ditanya lagi ya, dynamic duo yang harus ada di dapur karena serbaguna banget. Btw soal kecap asin, saya itu masih suka banget gadoin kecap asin gitu aja. Random, sungguh random.

BUBUK BAWANG PUTIH

Saya suka nyetok bawang putih sejak tahu bawang putih memudahkan hidup saya kala mau bikin bumbu tepung ayam goreng. Saya 'kan kalau bikin ayam goreng tepung yang dicampurin ke bumbu saus-sausan, lebih senang bikin bumbu tepungnya sendiri. Nah, bubuk bawang putih ini salah satu bahannya. Selain buat bumbu tepung ayam goreng, saya pernah coba rebus brokoli dan taburin sama bubuk bawang putih. Enak! Atau pas buat salad, campurin aja sedikit ke mayonesnya.

THYME & OREGANO

Dua bumbu ala masakan Italia ini juga rutin saya beli. Thyme itu buat bumbu marinasi kalau mau bikin dada ayam atau daging babi yang dipanggang. Sementara oregano buat nambahin rasa kalau beli saus spagheti kemasan. Eh, kalau teman saya biasanya campurin oregano ke mie goreng itu enak. Saya pernah coba dan memang enak sih, asal jangan kebanyakan ntar rasanya malah terlalu nendang.

BAWANG BOMBAY

Ini bumbu-bumbuan 'kan ya? *meyakinkan diri sendiri. Pokoknya wajib ada bawang bombay di rumah karena bawang bombay bisa dipakai masak-masakan Chinese maupun ala-ala Western. Kebetulan saya juga suka makanin bombay mentah buat salad *mangap *aroma bawang menyeruak ke seluruh ruangan.

Selain bumbu-bumbuan, alat masaknya juga harus mumpuni. Karena saya tinggal sama Mama, jadi soal alat masak bukan masalah lagi. Buat yang baru belajar masak, setidaknya alat masak ini wajib ada di dapurmu:

PISAU + TALENAN

Ya iyalah kalau nggak ada pisau, hidup kita suram, Nak. Paling gak harus punya dua pisau, satu yang buat buah, satunya buat daging. Gakpapa juga sih kalau punya satu, tapi jaga-jaga aja kalau ada ketlisutnya. Soalnya belajar dari pengalaman, pisau itu benda yang sering suka nyelip dan kebuang tanpa disadari.

Punya pisau, wajib punya talenan. Semua pasti sudah tahu fungsinya 'kan? Iya benaaaarrr, buat alas laptop :)) 


knife set
Image taken from groupon.com
Ngomongin pisau, saya jadi pengen beli pisau yang warna-warni kayak di atas ini lho. Yang dari gagang sampai mata pisaunya, warnanya mencolok kayak hijau, biru muda, pink fuschia. Kalau ngelihat ada yang jual knife set warna-warni gitu, duh langsung pengen beli. Terus sadar, saya tak se-Martha Stewart itu punya knife set warna-warni unyu :))

PANCI

Saudara-saudara, panci itu jangan cuma punya satu buat ngerebus air bikin kopi. Percayalah, kita harus punya panci paling nggak dua lah ya. Supaya proses memasak jadi lebih cepat. Misalnya panci A buat merebus pasta, panci B buat bikin sausnya. Kalau dipakainya gantian, kelar masaknya baru subuh keburu Godzilla di perut ngamuk.

Ngamuknya kayak gini kalo laper | Image taken from giphy.com

Beda cerita nih ya, saya pernah tuh ke Wisata Kampung Panci di Pandaan. Gila, sekampung isinya panci semua dan di sana dijual aneka panci stainless steel yang unyu-unyu desain motifnya. Mana harganya murah! Rasanya semua jadi terasa begitu penting untuk dibeli deh. Mau beli 10 juga rasanya kurang *nangis kekep dompet. Padahal cuma perkara panci lho, panci :))

PENGGORENGAN

Berdasarkan pengalaman, penggorengan yang wajib dipunyai itu ada dua macam. Yang model flat teflon, ini untuk goreng-goreng telur, bikin roti bakar, bikin pizza teflon atau menghangatkan makanan non kuah. Yang kedua, yang model wok alias wajan yang cekung. Buat masak yang berkuah atau menggoreng yang butuh minyak banyak, kita pasti butuh penggorengan yang seperti ini.

SODET dan SEROK

Yang ini semuanya juga sudah tahu hahaha .. Eh tapi sodetnya sebaiknya punya 2 macam ya, yang kayu dan stainless steel. Sodet kayu ini fungsinya sama dengan yang stainless steel, tapi bakal lebih menjaga lapisan teflon supaya nggak tergores pas kita lagi oseng-oseng di atasnya. Maklum, kalau oseng-oseng suka pakai emosi kayak Godzilla di atas.

COBEK

Semua orang tahu fungsinya cobek bukan? Iyaaaa, buat ngelempar maling :))

Karena tahu saya lagi suka eksperimen di dapur, teman-teman kantor saya sekarang kasih kado ulangtahunya alat-alat masak dong :"))) *terharu 

Nah kalau di dapur saya, alat-alat masak dan bumbu-bumbuan ini wajib ada. Selain bumbu pokok seperti lada, garam, gula, minyak, bawang merah, bawang putih, cabe dan tepung-tepungan. Kalau di dapurmu gimana? Ada yang sama nggak dengan daftar saya? :D

You Might Also Like

10 comment

  1. Yang pasti ada di dapur bawang putih, kecap asin, kecap manis, garam, gula dan saos tomat.
    Btw aku penasaran dengan wisata Kampung panci di Pandaan itu. Kalo harganya murmer, bisa kalap borong panci kali ya hihihi.

    ReplyDelete
  2. Pasti ada lada,duo bawang, ketumbar bubuk, kecap manis, saos tiram, garam, gula, cabe, pala, bombay, dan aneka bumbu pepek kl mama bilang

    ReplyDelete
  3. Iiiih kok kamu bumbu2nya lebih lengkap dari akuuh hahahahha.. saluuut, aku mah kadang pake bumbu seadanya aja :D untungnya yg dimasakin tetep pada makan hahahha

    ReplyDelete
  4. Cobek bisa dignati blender hahaha, tapi yo malas ngumbahinya juga kalo cuma ngulek sitik :D

    ReplyDelete
  5. alat perlengkapan saya minim sekali krn aku gak suka masak, yg penting masak sehari2 bisalah

    ReplyDelete
  6. Bagiku,bumbu tumis itu duo bawang,cabe rawit,gula garam dan saus tiram. Itu udah sedap banget,bikin hidup emak yg punya anak 19 bulan ini lebih praktis hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ini bahan-bahan bikin nasi goreng! :))

      Delete
  7. yang pasti ada di dapur mirip kayak yg mba Lianny tulis xD aku ngakak liat Godzillanya, kayak makanan sisa dihabisin orang rumah ==;

    ReplyDelete
  8. kakak aku bingung baca yang atas-atas. ada banyak banget ya dan cuma kecap manis sama saus tiram yang selalu stand by di dapur aku :((

    ReplyDelete
  9. kl aku mesti ada extra virgin oil buat masak pasta :)))) aku tertarik sama minyak wijen dan THYME & OREGANO.... ditambahin di mie goreng jadi enak ya... hmmmm

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia