Resep Mangut Ikan

10:28:00 AM




Sejak beberapa hari yang lalu, saya kebayang-bayang terus sama yang namanya masakan mangut. Cuma gara-gara ngeliat foto-foto resep masakan mangut ikan lele. Saya memang mudah tergoda kalau liat foto (-nya Johny Depp) hahahah .. Liat emoji donat aja, langsung pengen makan donat. SUSAH BANGET YA BUK HIDUPNYA :"))



Nah, karena saya masaknya bisa total kalau hari Minggu, maka diputuskanlah buat masak mangut ikan di hari Minggu ini. Eh, kebetulan kemarin ada orang yang bawa ikan-ikan-an lewat di depan rumah. Sama Mama langsung disikat deh itu 1 kilogram, lha wong harganya juga murah. Gak sampai Rp20 ribu. Jadi begini cara memasaknya:

Bahan: (seperti biasa tanpa takaran ya)

Ikan patin, cuci bersih lalu goreng seperti goreng ikan biasanya (bisa ikan-ikan yang lain, seperti ikan lele, ikan pe asap, atau ayam juga boleh)
Santan kelapa
Laos
Daun salam
Minyak, buat menumis

Bumbu halus:
Bawang merah (banyakin bawang merahnya aja)
Bawang putih
Cabe rawit
Cabe keriting
Cabe merah besar
Ketumbar
Garam
Gula

Cara Membuat:

  1. Haluskan semua bumbu halusnya. Kalau saya lebih suka bumbunya masih "groboh" ketimbang yang halus-lus-lus kayak blenderan gitu. Rasanya lebih kerasa aja kalau bumbunya groboh.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, sampai aromanya wangi. Ini tumisan bumbu halusnya harus matang bener ya.
  3. Masukkan laos dan daun salam setelah tumisan bumbu halus wangi.
  4. Tuang santan ke dalam wajan, tunggu sampai agak mendidih. Aduk-aduk.
  5. Tambahkan gula dan garam ke dalamnya. Saya sukanya mangut yang kuahnya asin, karena nanti bakal menyerap ke ikannya dan kalau dimakan sama nasi jadi lebih terasa.
  6. Terakhir, masukkan ikan patin (dan ikan apapun) yang sudah digoreng sebelumnya.
  7. Koreksi rasa, tunggu sampai mendidih. 
  8. Angkat, siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Makan ini, nasinya pengen nambah semejikjer terus rasanya. Apalagi sama tambahan kerupuk. Duh, makin-makin deh!

Baca Juga: Resep Ayam Jamur Sederhana

You Might Also Like

4 comment

  1. Wuah ini enaaak, aku juga suka. Mangut ikannya pedes, tambah nasi anget dan kerupuk, bisa tambah 2 piring deh :)

    ReplyDelete
  2. Aku seumur hidup blm pernah nyobain mangut apapun.. padahal kayaknya ini makanan endeus bangett... selam 39thn hidup apalah artinya tanpa nyoba mangut huuhhu #lebay XD

    ReplyDelete
  3. aah mau cobaa ahh..

    makasi mba sharingnya..

    ReplyDelete
  4. Lap iler! aku jadi pengen masak hahahaa

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia