Resep Sambal Bajak Pete

4:22:00 PM

sambal bajak pete


Nggak ada yang lebih tepat menggambarkan pete daripada ungkapan, "Dibenci tapi disayang". Macem Andika Kangen Band aja ya :)) Saya itu sejak kecil suka makan pete. Terutama kalau dicampur sama sambal bajak atau ditumis pakai tempe semangit. Yungalaaaah, langsung nggak tahu diri makannya hahaha..

Beberapa waktu yang lalu, I was craving for pete goreng. Pas lagi di supermarket, saya melongok deh itu ke section sayur-sayuran dan ... apaan, sewadah sterofoam kecil itu harganya Rp25 ribu. Itu cuma sedikit lho, paling 200 gram-an. Kesel ya, kalau harganya segitu mendingan Ibu beli daging aja lah! *sobbing



Baca Juga: Resep Tahu Cabe Garam

Nah, keinginan makan pete itu masih terpendam gara-gara sakit hati lihat harganya. Ndilalah kok ya pete itu di daerah saya nggak begitu banyak, jadinya melipir ke pasar pun palingan harganya nggak jauh. Eh, beberapa hari yang lalu, pas belanja di Bu Djumik, mlijo kebanggaan warga Malang dan sekitarnya, saya ditawarin pete cuma Rp10 ribu dapat 3 lonjor. Sikat! Langsung secara impulsif bikin sambal bajak pete supaya bisa 'disimpan' sampai beberapa hari.

Bahan: (seperti biasa, tanpa takaran ya)

Pete, kupas, bersihkan
Bawang merah (banyakin bawang merahnya)
Bawang putih
Cabe rawit
Cabe merah (kalau nggak begitu suka pedas, banyakin aja cabe merahnya)
Tomat
Terasi (Saya kalau masak sambal selalu pakai terasi, jadi gak tau kalau diskip rasanya gimana)
Gula
Garam

Cara Membuat:

  1. Pete dikupas, bersihkan dan potong jadi 2 per kepingnya. Kalau suka utuh juga boleh. Goreng sebentar dalam minyak panas. Sisihkan.
  2. Goreng dulu cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih dengan minyak agak banyak. Setelahnya, baru goreng tomat. Tujuannya supaya nguleknya lebih mudah dan bahan-bahannya 'kan sudah matang, jadi lebih enak.
  3. Ulek cabe-cabean dan bawang-bawangan beserta garam sampai halus. Kemudian setelah halus, babak kedua adalah mengulek tomatnya. 
  4. Goreng semua sambal ini ke dalam minyak panas. Nah, di sinilah terasinya baru masuk, supaya nggak berasa amis dan berasa rasa "terasi"nya.
  5. Tambahkan gula dan garamnya. Masukkan pete kesayangan kita semua. 
  6. Aduk-aduk sampai benar-benar matang, tandanya sambalnya berwarna agak gelap. Sembari koreksi rasa ya.
  7. Angkat, sajikan.
Kalau mau disimpan, banyakin kasih minyaknya karena minyak adalah pengawet alami. Sambal bajak pete ini bisa masuk kulkas kok, walau saya nggak pernah nyoba sampai berapa lama tahan di kulkas. Lha wong 2-3 hari aja udah abis kok, nggak perlu nunggu sebulan ahahahah

Sambal bajak pete ini paling enak dimakan sama tahu goreng panas. Kalau ngga ada tahu goreng, nasi putih, sambal bajak pete sama kerupuk kanji pun jadi. DUH! Nulis gini aja jadi laper! Kalau kamu paling suka pete yang dimasak jadi apa nih?

You Might Also Like

8 comment

  1. Ini parah sih godaan siang siangnya. Aku gadoyan pete aja ngiler ngiler nih huhuhu

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi link kami
    di https://goo.gl/Ecpx35

    ReplyDelete
  3. Makan ini, pakek nasi anget2 sm krupuk aja, rasanyaaaa, udh endeeessss, :)

    ReplyDelete
  4. kbetulan gak suka pete, jdi lihat aja

    ReplyDelete
  5. Mbak, setauku sambel pete itu nggak awet meskipun di kulkas.

    Gimana mau awet kalau semua pengen nyobain :))

    ReplyDelete
  6. sambal bajak memang enak , tp aku mah gak pakai pete sih secara gak doyan pete

    ReplyDelete
  7. Sambeel peteeeee...ini favorit bangeet nget ngetttt !

    ReplyDelete
  8. 3 lonjor 3 hari? Gue itu cuma sekali makan. :(((

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia