Resep Cara Membuat Kwetiau Goreng

9:05:00 PM


resep kwetiau, cara membuat kwetiau, resep kwetiau goreng,  kwetiau goreng, kwetiau adalah, kwetiau in english, kwetiau in chinese, kwetiau mentah, kwetiau recipe, kwetiau kuah, kwetiau kering, resep kwetiaw, kwetiaw goreng,


Salah satu comfort food saya adalah Chinese food. Terutama, kwetiau. Dari sekian banyak jenis masakan Chinese di Indonesia, yang paling favorit buat saya adalah kwetiau goreng. Setiap makan kwetiau goreng, saya selalu inget sama Mama karena ini masakan kesukaannya.

To be honest, saya nggak pernah masak kwetiau sama sekali sebelumnya. Kalau ke supermarket, cuma pegang-pegang aja itu kwetiau basah sambil mikir, ini masaknya susah nggak ya? Takutnya 'kan bakal mblothong. Akhirnya beberapa waktu yang lalu, saya coba masak kwetiau goreng di rumah.

Bahan: (seperti biasa, tanpa takaran)

Kwetiau basah (biasanya dijual di supermarket di rak-rak sayur/buah segar di chiller)
Sawi daging, cuci bersih, potong dan pisahkan gagang dengan daunnya
Udang segar, kupas
Dada ayam, potong dadu
Kekian atau bakso goreng, potong-potong
Kecambah
Telur
Kaldu ayam

Bumbu:

Bawang putih
Bawang merah
Cabe rawit (kalau suka ada tingling sensationnya)
Lada
Minyak ikan
Minyak wijen
Kecap asin
Kecap manis
Gula
Garam

Cara Membuat:

  1. Demi menjaga stabilitas bakteri di perut, alangkah baiknya kwetiau basah disiram sejenak sama air panas, kemudian ditiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah, lalu cabe rawit.
  3. Masukkan telur, bikin orak-arik telur. Kemudian masukkan udang. Ketika udang setengah matang, masukkan potongan dada ayam. 
  4. Masukkan gagang sawi terlebih dahulu. Siramkan kaldu ayam dan biarkan mendidih kurang lebih 3 menit dengan api kecil, tutup wajan. 
  5. Setelah gagang sawi masuk, giliran daun sawi dan kecambah. Lalu kwetiauw. 
  6. Tambahkan garam, saus tiram, minyak ikan, kecap asin, kecap manis, lada, gula. Aduk-aduk deh sampai nyampur rata. 
  7. Selagi masih ada kuah kaldunya, masukkan bakso gorengnya supaya nanti pas matang sudah empuk (gantinya kekian sih ini maksudnya, maklum kere hore ~)
  8. Tunggu sampai kuahnya mengering dan cek keseimbangan rasanya.
  9. Voila~ kwetiau goreng siap disajikan panas-panas.
Sebenarnya saya kurang sreg sama kwetiau basah yang dijual di supermarket sih. Karena saya kalau bahan makanan basah gini suka khawatir sama expirednya. Ya walau ada tulisan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsanya, cuma insecure aja sama penyimpanannya. Lebih suka kalau mie-mie-an gini beli yang kering dan dimasak sesaat sebelum dimasak. Cuma, nyari kwetiau kering gitu kok nggak nemu di supermarket dekat rumah. Ya sudah tak apa ~

By the way, seperti yang dibahas di atas, kwetiau ini nyatanya memang agak mblothong. Sepertinya waktu proses simmering di poin ke-4, saya kelamaan. Habisnya ditinggal melipir korah-korah (cuci piring) sih, bhahahaha ... Walaupun begitu, se-mblothong mblothong-nya kwetiau tetap nikmat disantap kok. Kalau kamu, sukanya kwetiau yang gimana? Yang masih kenyal, mblothong apa yang tinggal tunjuk langsung jadi gak perlu repot-repot masak? :p



You Might Also Like

0 comment

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia