Resep Cara Membuat Oseng Tempe Kecap

9:19:00 AM


Konon, menurut cerita Mama, waktu hamil saya Mama suka makan sambal goreng tempe sama nasi panas. Udah gitu aja terus sampai saya lahir. Mungkin itulah kenapa saya seperti ada keterikatan batin sama tempe dan segala turunannya, termasuk mendhol.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Sambal Bajak Pete

Lha memang tempe itu sudah enak, murah dan gampang diolah jadi berbagai makanan. Dipanasin beberapa kali pun nggak bakal hancur, malah semakin padat dan bumbunya bisa meresap ke celah-celahnya. Duh, enaknya, nulis gini aja langsung pengen masak tempe lagi hehehe ... Nah, kalau yang satu ini adalah andalan saya kalau pas pengen makan tempe yang nggak sekedar digoreng. Soalnya kalau tempe goreng 'kan cuma begitu aja ya, paling banter dimakan sama sambal penyet. Kalau dimasak jadi oseng seperti ini, bisa dibuat bekal juga. Hemat!

Bahan: (seperti biasa, nggak ada takaran pastinya ya, asal cemplung)
2 papan tempe
Bawang putih
Bawang merah (banyakin bawang merahnya)
Cabe rawit
Cabe keriting
Kecap manis
Gula
Garam
Lada bubuk

Cara membuat:

  1. Tempe dipotong dadu, goreng setengah matang, sisihkan.
  2. Cincang bawang merah dan bawang putih. Tumis dalam minyak yang agak banyak.
  3. Rajang cabe rawit dan cabe keriting. Kalau suka pedas, silakan ditambah cabe rawitnya yang banyak. Masukkan ke dalam tumisan bawang.
  4. Masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang. Aduk-aduk merata dengan bumbu.
  5. Tambahkan kecap manis sesuai selera.
  6. Terakhir, tambahkan gula, garam dan lada bubuk.
  7. Oseng sampai benar-benar matang. Angkat, sajikan.
Super gampang buat sarapan atau bekal ke kantor ini enak. Bahan-bahannya murah pula. Resep ini membuktikan bahwa enak itu nggak mesti makan daging :D

You Might Also Like

3 comment

  1. ongseng tempe buatan bibi yg ngasuh waktu aku kecil uenaak banget, aku pernah coba bikin bareng ibuku dan rasanya beda :( tumben baca postinganmu bikin aku nostalgia xD

    ReplyDelete
  2. Buatnya kayak simpel ya. Tapi ini nggak lagi jadi simpel jika aku yang masak (baca: nggak jago masak). Tapi mau banget pas ada diruma dan selow bikin oseng tempe..hehe

    ReplyDelete
  3. Makan oseng tempe kecap gini aja udah nikmat kok, apalagi pedes. Aku juga suka!
    Tapi aku pakai air dikit pas masak, ntar klo air sudah habis meresap baru kuangkat tempenya.

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia