Resep Cara Membuat Ayam Rica-Rica, Pedasnya Juara Bikin Ketagihan Nambah Nasi

10:19:00 AM


Pasangan nasi panas kebul-kebul ternikmat adalah masakan yang bumbunya kental, berempah dan berminyak. Dibandingkan sama makanan berkuah, saya lebih suka tipikal makanan berbumbu agak kering begini. Rendang, sambal goreng kentang ati, rica-rica ... you name it!

Nah, kemarin malam sebelum tidur saya baca-baca apps Cookpad. Sebutlah saya pemuja Cookpad karena berkat apps ini semua problem dapur jadi terasa lebih mudah dan mematahkan anggapan, "Duh, Wind, ojok nyekel gitar ae. Belajar masak sana sama Mamamu ..." :P (Faktanya adalah ... sekarang saya jarang pegang gitar, lebih sering pegang sutil).

Baca Juga: Resep Asian Spicy Chicken

Kembali lagi ke kisah semalam, jadi mau tidur itu saya ngobrol sama Mama sambil baca-baca Cookpad. Mendaratlah pada resep ayam rica-rica. Duh, fotonya itu, walau buram tapi terlihat bikin ngiler banget soalnya bumbu rica-ricanya mlekoh. Akhirnya saya bertekad, "Besok pagi bikin rica-rica!"

So, here this is it, ayam rica-rica pedas yang pedasnya juara ..

Bahan:
Dada ayam (boleh pakai ayam bagian apa saja, kalau saya lebih suka bagian dada)
Daun jeruk, potek-potek supaya minyak alaminya keluar
Daun salam, potek-potek supaya minyak alaminya keluar
Serai
Daun kemangi

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah besar
Cabe rawit (saya pakai 25 cabe rawit)
Kunyit
Jahe
Lengkuas
Garam
Gula
Lada

Cara membuat:

  1. Semua bumbu halus diulek atau diblender. Saya anaknya ulekan banget, jadi lebih suka diulek agak kasar. Ada yang suka halus banget. Sesuai selera lah ya.
  2. Dada ayam direbus sekitar 15 menit, jangan sampai terlalu keras ya, karena nanti bakal dimasak lagi dengan bumbu. Kaldunya jangan dibuang.
  3. Tumis semua bumbu halus dengan minyak sampai aromanya wangi. 
  4. Masukkan ayam. Aduk hingga tercampur dengan bumbu.
  5. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai.
  6. Tambahkan sedikit air kaldu ayam tadi.
  7. Masukkan kemangi, aduk-aduk sampai rata dan minyak ayamnya keluar dan tanak. 
  8. Biarkan sampai mendidih dan matang. Matikan kompor.
  9. Siap disajikan

Ini adalah tipikal makanan yang bikin ketagihan nambah nasi. Bumbunya aja udah enak, pedas pula. Enak banget dimakan dengan kerupuk aci. Rasanya nggak rela kalau di piring masih ada sisa-sisa minyak. Bawaan pengen bersihin aja, pake nasi putih panas (lagi). Gitu terus nggak berhenti makan :P

Selamat mencoba! 



You Might Also Like

3 comment

  1. Sial.

    Baca ginian jadi pengen nge eksekusi besok, Wind!


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Wuah enaaak, apalagi pedes. Masakan kayak gini nih yg bikin galau, pengin masak tapi anak2 nggak bisa makan pedes, ntar aku sendiri dong yg ngabisin *tambah melar badannya :D

    ReplyDelete
  3. hai anak ulekan, dapet salam dari anak blender! (kenapa blender? karena kalo ngulek keringetan nanti lepekkkkk disini panas banget bok)

    btw aku kirimin tulisan ini ke mamaku lho. minta dimasakin kalo besok aku pulang. kenapa ngga masak sendiri? karena aku mau nyiapin tenaga buat makannya huahahaha

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia